Mengapa banyak orang susah mencapai sukses? Karena menjalankan kebiasan-kebiasan untuk sukses itu susahnya minta ampun, tidak nyaman. Selain harus bisa,  kita juga dituntut untuk konsisten hari demi hari tanpa pernah dikasih tahu kapan waktunya sukses itu tiba.

Memang sukses itu serba tidak pasti kapan tiba waktunya dan serba relative, tidak sama atau berbeda-beda untuk tiap-tiap orang.

Namun dengan menjalankan kebiasaan-kebiasaan yang tidak menyenangkan berikut ini maka setidaknya hidup kita akan lebih dari sebelumnya.

       1.       Mempertanyakan segala hal

Anak saya biasa bertanya segala yang terasa baru baginya, konon katanya kebiasaan itu adalah ciri-ciri anak yang pintar.

Tapi saya tidak peduli, karena cukup merepotkan menjawab pertanyaan sederhana anak-anak tapi tetap saja saya jawab semampu saya.

Mendengar pertanyaan yang disampaikan orang saja sudah terasa membosankan apalagi kita sendiri menanyakan dan mencari jawaban atas pertanyaan kita.

Tidak heran kalau mau berubah jadi lebih baik itu begitu sulit.

        2.       Jujur selalu

Jujur itu sulit, apalagi jika harus berkata jujur tentang kebenaran bahwa orang dekat kita terlibat hal yang melanggar hukum.

Namun jika ingin hidup jadi lebih baik maka sebaiknya mulai sekarang teruslah untuk jujur.

       3.       Meditasi

Meditasi itu sulit, saya sendiri kapok untuk meditasi karena tidak pernah bisa menemukan dan merasakan seperti apa nikmatnya meditasi,  mungkin kurang sabar, buang-buang waktu.

        4.       Bangun pagi lebih sebelum jam 5

Hahaha, orang sukses katanya bangun paginya selalu sebelum matahari terbit, setiap hari selalu konsisiten.

        5.       Membuat atau melakukan hal-hal kreatif

Hal-hal kreatif yang kita kerjakan saat ini mungkin sekarang tidak terasa manfaatnya tapi jika dilakukan terus-terusan maka suatu ketika akan memberikan manfaat yang besar.

         6.       Kontrol pengeluaran keuangan

Kunci sukses seorang pengusaha adalah mempu mengatur dan menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.

        7.        Menjadi sukarelawan

Menjadi sukarelawan untuk kegiatan sosial akan mendekatkan kita dengan orang yang kurang beruntung hidupnya.

Dengan cara ini kita tersadar bahwa apa yang kita alami ternyata lebih baik dari orang lain sehingga kita selalu mensyukuri apa yang kita terima.

Kenapa orang tidak mau menjadi sukarelawan karena tidak ada bayarannya…. hahaha

          8.       Kontrol pola makan

Mengatur pola maka adalah pekerjaan yang sulit, kita dituntut untuk mengecek dan mengetahui berapa kandungan kalori, gula dan sebagainya selama seharian.

Tentunya, dengan mengetahui apa yang kita makan dan minum maka kita bisa mengevaluasi apa yang tidak boleh dan apa yang mesti dikurangi.

          9.       Makanlah makanan yang sehat

Makanan sehat itu berbeda dengan makanan yang enak dan lezat, menahan keinginan untuk makan makanan yang enak tapi tidak sehat adalah sesuatu yang sangat sulit.

        10.     Mengobrol dengan orang yang baru dikenal

Berapa banyak orang yang bisa kita jadikan teman baru dalam satu hari, dalam satu minggu dalam satu bulan? Sangat sedikitkan. Berkenalan saja sulit apalagi mengajak ngobrol.

          11.   Jangan terlalu sering mengecek hape anda

Ketergantungan kita kepada hape membuat kita selalu menghabiskan waktu kita hanya untuk sekedar mengecek, tanpa melihat penting atau tidak apa yang kita lakukan itu.

Seringnya mengecek hape adalah salah satu kebiasaan yang ditinggalkan jika ingin hidup kita lebih baik.

          12.   Pilihlah satu hal untuk anda kuasai

Memiliki keahlian akan sesuatu hal adalah anugrah tapi untuk mencapainya maka anda mesti belajar, bersabar. Proses untuk menjadi ahli adalah proses yang sering tidak mau dijalani sebagian besar orang.

Ini yang membuat orang selalu gagal memperbaiki kehidupan mereka.

         13.   Mencapai target yang sulit dicapai

Jika berhasil mencapai target yang sulit rasanya diraih maka semangat dan mental pemenang akan terus menyertai kita dan akan mendarah daging, dengan begitu maka target-target berikut nya pasti dapat dicapai.

Namun jika kita selalu menghindari target yang sulit maka apapun target yang kita buat pasti tidak akan pernah tercapai karena mental kita tidak pernah dibentuk menjadi pencapai target tapi penghindar target, pecundang.