Wifi 5 GHz memiliki bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan wifi 2.4 GHz, selain bandwidth wifi 5 GHz juga tidak mudah terkena interferensi.Mau Pakai WiFi 5 GHz  Apa Saja yang Mesti Dipersiapkan

Untuk pengguna jaringan wifi yang sering bermasalah dengan Freq 2.4 GHz maka pilih Freq 5 GHz adalah pilihan yang tepat dan sudah saatnya untuk beralih. Namun sebelum merealisasikannya maka harus terlebih dahulu mempersiapkan segala keperluan, mulai dari pemilihan produk sampai upgrade klien.

1.    Pilih Wifi Access Point router yang support freq 5 GHz

Access point router atau AP router 5GHz yang tersedia dipasaran biasanya menawarkan dual band Frequency 2.4 GHz dan 5 GHz dalam satu perangkat. Pada spesifikasi perangkat tertera standar IEEE 802.11 b/g/n/a/ac, jika tertera standar seperti ini maka berarti perangkat WiFi itu sudah support Freguency 2.4 dan 5 GHz.

Sebaiknya memilih AP router yang beroperasi dengan dua freq karena masih banyak perangkat wifi klien yang belum support Freq 5GHz.

2.    Brand vs Harga

Beberapa brand terkenal menawarkan Wifi dual freq dengan harga yang cukup mahal, rata-rata di atas 2 jutaan, meski begitu sebaiknya tidak perlu ragu untuk dibeli karena kombinasi dari Wifi dual band menghasilkan kelebihan yang cukup menguntungkan yang tidak bisa kita dapatkan jika hanya menggunakan satu freq saja.

Jika Wifi AP router dual freq dioperasikan dengan freq 2.4 Ghz maka akan memberikan keuntungan berupa daya jangkauan yang jauh, dan jika kita membutuhkan koneksi dengan bandwidth yang besar maka kita bisa berpindah ke frequency 5GHz.

3.    Cek Wifi klien

Sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli maka cek dulu dan pastikan wifi klien yang dipakai sudah support freq 5 GHz atau belum.

Cara mengeceknya adalah klik link ini.
Kalau wifi klien tidak support maka siapkan dana untuk membeli wifi klien yang sudah support dual freg atau support 5 GHz saja.

4.    Kenali karakter Freq 5GHz

Wifi 5 GHz karakter utamanya adalah bandwidth yang bisa dicapai sangat besar dan tahan terhadap interferensi, akan tetapi jangkauannya tidak sejauh wifi 2.4 GHz.

Semoga berguna.