Ada dua produk WiFi Access Point buatan TP link yang patut kita teliti dan cek apakah benar satu dari produk-produk tersebut memang yang kita butuhkan dan mana produk yang tidak kita butuhkan.Membandingkan Kelebihan dan Kekurangan WiFi Access Point Outdoor TP Link TL-WA7210N dan TL-WA7510N

Kedua produk tersebut adalah TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7510N dan TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N, nama atau kode produk keduanya hanya dibedakan oleh angka dua dan angka lima.

Mungkin terlihat sama tapi yang pasti keduanya memiliki perbedaan yang sangat fundamental, secara lengkap berikut review dan perbandingan antara TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7510N dan TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N

  1. Fungsi utama sebagai Access Point

Kedua produk di atas merupakan Access Point dengan disain casing untuk di outdoor, walaupun bisa dipakai di dalam ruangan namun produk ini lebih tepat jika dipakai di luar ruangan.

Jika ingin dipakai dalam ruangan maka kita bisa membeli produk Wifi Access Point yang khusus untuk di dalam ruangan dengan harga yang lebih murah.

  1. Frequency yang dipakai, 2.4 GHz atau 5 GHz

Nah ini yang paling penting, ini yang saya maksud dengan perbedaan yang paling fundamental antara dua produk TP-Link ini. TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7510N menggunakan frequency 5GHz, sedangkan TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N menggunakan frequency 2.4 GHz.

Perangkat Wifi Frequency 5 GHz hanya bisa berkomunikasi dengan perangkat Wifi yang frequencynya 5 GHz juga, jika pada spek tidak dinyatakan bahwa produk tersebut memiliki dual frequency bandht maka produk itu hanya akan terkoneksi dengan wifi klien atau perangkat wifi lain yang memiliki frequency 5 GHz.

Masalahnya di mana, saya yakin bahwa masih banyak perangkat komputer kita mulai dari laptop, wifi adapter sampai smartphone tablet yang masih beroperasi di frequency 2.4 GHz, jadi jika kita menggunakan TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7510N maka pastikan bahwa sebagian besar klien-nya sudah juga beroperasi pada Frequency yang sama, 5GHz.

Untuk saat ini lebih baik menggunakan produk WiFi Access Point yang menggunakan frequency 2.4 GHz karena rata-rata Wifi klien sebagian besar sudah masih menggunakan freq 2.4 GHz. Untuk itu pilihan harusnya memilih TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N.

Anda tidak yakin bahwa rata-rata semua perangkat wifi klien masih menggunakan frequency 2.4GHz, begini kita ambil contoh salah satu produk smartphone yang harganya di bawah 5 jutaan, lihat pada spesifikasi nirkabel atau wireless, cek apakah yang tertera di situ adalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2X2 MIMO) atau Wi-Fi 802.11 b/g/n.

Kalau yang tertera adalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac ( yang penting ada a atau ac ) maka perangkat tersebut beroperasi dengan mengguanakan dual frequency, 5GHz dan 2.4 GHz.

Tapi jika yang tertera di spesifikasi nirkabel atau wireless adalah seperti ini, Wi-Fi 802.11 b/g/n, maka perangkat tersebut hanya support 1 sinyal wifi dengan frequency 2.4 Ghz.

Buat saya frequency operasi yang dimiliki oleh wifi AP sangatlah penting, spesifikasi lain bisa diabaikan dahulu sebab tidak ada manfaatnya fitur-fitur canggih lainnya kalau kliennya tidak bisa menerima sinyal dari AP. Silahkan dipertimbangkan.

Hati-hati dalam memilih produk jangan terlalu berpatokan pada testimoni pembeli yang ada di toko online. Dari testimoni yang ada tentang TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N, terlihat lebih banyak membahas tentang jangkauan sinyal yang jauh. Tidak ada yang membuat testimoni kalau produk ini cocok untuk hot spot atau tidak.

  1. Kelebihan TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N di banding TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7510N dilihat dari sisi Frequency operasional yang digunakan.

a.  TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N yang menggunakan 2.4 GHz memiliki kelebihan daya jangkauan sinyal yang jauh, jika dibandingkan dengan produk sejenis yang mengguanakan power antenna yang sama, tetap saja jangkauan sinyal produk 2.4 GHz pasti lebih jauh.

Namun kelemahananya adalah rentan dan gampang terkena interferensi karena banyak populasi sinyal 2.4 GHz yang digunakan.

b.  TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7510N dengan freq 5GHZ memiliki kelebihan tidak rentan terhadap interferensi karena masih jarang digunakan.

  1. Untuk data rates, kedua produk TP-Link ini sama-sama menggunakan 150 Mbps.

Tapi menurut saya, kalau dalam jarak ideal Wifi AP TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7510N rasanya lebih unggul dibanding TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N karena mengguanakan frequency 5 GHz yang masih sepi interferensi.

  1. Membandingkan Transmit Power dan Power Antenna dari dua WIFI itu

TL-WA7510N memiliki Transmit Power power 27dBm dengan kapasitas antenna 15 dBi, bandingkan dengan TL-WA7210N yang memiliki Transmit Power power 27dBm dengan kapasitas antenna 12 dBi.

Sebenarnya  secara power kedua Wifi ini sama saja, TL-WA7510N memang terlihat memiliki power yang besar tapi ingat frequency tinggi 5GHz dibanding TL-WA7210N yang memiliki frequency 2.4GHz, penjelasannya adalah semakin besar frequency sebuah gelombang maka semakin rendah panjang gelombang nya.

Panjang gelombang yang rendah berakibat pada jangkauannya yang rendah apalagi dengan power yang tidak terlalu jauh berbeda. Untuk point nomor 5 ini saya rasa TL-WA7210N lebih unggul dari TL-WA7510N.

6. Tambahan antenna eksternal

Kedua perangkat ini sama-sama bisa ditambahkan antenna eksternal untuk menguatkan pancaran sinyalnya.

Kesimpulan

Menurut pengamatan saya terhadap kedua Wifi AP ini maka pilihan yang terbaik adalah TL-WA7210N, hal ini lebih karena penggunaan frequency 2.4GH dan juga harganya yang lebih murah.