Jaringan wireless dan kabel memiliki perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari istila, topologi sampai perangkat yang digunakan.

Perangkat-perangkat yang membentuk sebuah jaringan computer secara umum mengacu pada perangkat yang terdapat pada jaringan kabel.

Berikut adalah penjelasan terkait perangkat jaringan wireless dan kabel:

1.    Perangkat yang paling banyak dipakai dalam jaringan kabel adalah Switch dan Hub. Switch dan hub adalah perangkat yang berfungsi sebagai pusat koneksi bagi semua komputer atau host yang tergabung dalam sebuah jaringan komputer.

2.    Beda Switch dan hub bisa dicek di Link ini.

3.    Router adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer yang tergabung dalam sebuah LAN dengan komputer-komputer lain yang tergabung pada LAN yang berbeda. 

4.    Perbedaan antara Router dan Switch bisa dicek di link ini.

5.    NIC, Network Interface Card adalah perangkat yang antar muka atau interface antara komputer dengan jaringan komputer. Tanpa NIC Komputer tidak akan bisa tersambung ke jaringan.

Bagaimana dengan perangkat yang dipakai dalam membangun sebuah jaringan wireless WiFi?

A.    Fungsi Hub dan Switch digantikan oleh fungsi Access Point. Fungsi Access Point pada jaringan WiFi sama seperti fungsi Switch dan Hub pada jaringan kabel.

B.    Jika menggunakan Access Point maka topologi atau struktur jaringan sama seperti jika menggunakan hub pada jaringan kabel. 

C.    NIC untuk koneksi  ke jaringan wifi berbeda dengan NIC untuk konek ke jaringan kabel, pada jaringan WiFi dibutuhkan sebuah wifi adapter agar sebuah computer atau host dapat terkoneksi secara wireless ke jaringan. 

D.    Fungsi Router sama untuk jaringan kabel maupun jaringan wifi, tidak ada yang beda antara router pada jaringan wifi dan jaringan kabel.  Fungsi router hanya dipakai jika host-host yang tergabung pada sebuah jaringan ingin terkoneksi dengan komputer yang berada pada jaringan yang lain.  

E.    Wifi Router.  Pada jaringan wifi, perangkat WiFi access point ditambahkan beberapa fitur atau fungsi yang biasanya dijalankan atau diperankan oleh sebuah router . Fungsi-fungsi tersebut adalah fungsi Routing, DHCP server dan fungsi Network Address Translation, perangkat AccessPoint yang ditambahkan dengan fitur atau fungsi router dikenal sebagai Wifi Router atau Wifi Access Point Router.

Jadi, perangkat-perangkat yang dipakai untuk membangun sebuah jaringan kabel adalah hub, switch, NIC sedangkan untuk membangun jaringan wifi diperlukan perangkat Access Point yang fungsinya sama seperti fungsi Switch atau hub dan Wifi NIC yang berfungsi sama seperti NIC card.

Jika ada bingung dengan artikel ini maka saya sarankan agar anda membaca posting-posting terdahulu saya terkait dengan konsep-konsep dan pengertian dasar tentang Computer Networking.

1). Apa Arti Sesungguhnya Jaringan Komputer
2 ) Networking, Teori dan Praktek
3) Penjelasan Tentang Koneksi Wifi Bagi Para Pemula