Selama ini mungkin kita tidak begitu memperhatikan jenis antenna yang terpasang pada perangkat Wifi yang kita pakai atau yang mau kita beli. Peran antenna pada perangkat wifi merupakan hal yang sangat penting, tanpa antenna wifi kita tidak dapat memancarkan sinyal.

Ada dua jenis antenna WiFi yang saat ini paling banyak beredar di pasaran yaitu antenna omni directional dan antenna patch, selain itu ada antenna jenis grid.

Dalam posting ini saya akan membahas tentang apa saja yang wajib diketahui tentang peran antenna WiFi terhadap sebuah jaringan WLAN.

1. Perbedaan dasar antenna Wifi

Ada beberapa hal dasar yang membedakan antenna jenis Omni Directional, Patch Directional dan antenna Grid.

a. Bentuk antenna

Untuk membedakan antenna wifi adalah dengan melihat pada tampilan fisik antenna tersebut.
– Bentuk antenna Omni directional biasanya berbentuk silinder atau tabung panjang.
– Bentuk antenna Patch adalah berbentuk kotak atau bidang datar persegi.
– Bentuk antenna Grid adalah berbentuk jari-jari dengan sebuah tongkat di bagian tengahnya.
jenis-antenna-omni
b. Satuan penguatan

Daya atau kekuatan antenna dalam menguatkan dan memancarkan sinyal ditentukan oleh satuan dBi, di mana semakin tinggi nilai atau angka dBi-nya maka semakin besar tingkat penguatan antenna tersebut.

Besar kecilnya penguatan antenna merupakan bawaan dari antenna atau dengan kata lain sudah dari pabriknya nilai besar kecilnya penguatan sebuah antenna.

2. Cek spesifikasi perangkat

Untuk mengetahui dengan pasti type dan kekuatan antenna yang terpasang pada wifi maka harus dilihat data teknis perangkat tersebut.

Pada data teknis spesifikasi perangkat biasanya tertera jenis antenna yang digunakan, apakah Omni Directional atau patch directional.

3. Karakter utama antenna : pola penyebaran sinyal

Antenna omni directional penyebaran sinyalnya atau Beamwidth atau sudut penyebarannya adalah 360 derajat atau ke segala arah.

Sedangkan antenna patch dan grid pola penyebaran sinyalnya adalah mengarah ke area tertentu dengan sudut Beamwidth atau sudut penyebaran adalah sekitar 10 derajat sampai 90 derajat. antenna-patch

4. Antenna indoor vs antenna out door

Antenna Wifi indoor biasanya menggunakan antenna jenis Omni sedangkan antenna outdoor banyak juga yang menggunakan antenna Omni khusus Outdoor dan juga antenna patch.

Pada perangkat wifi out door lebih banyak terdapat atau menggunakan antenna bawaan jenis Patch directional.
Antenna Grid merupakan antenna external dan lebih banyak dipakai untuk koneksi wifi dengan Topologi Point To Point.antenna-grid

5. Kelemahan dan kelebihan

Kelebihan antenna Omni adalah penyebarannya sinyalnya ke segala arah, tapi kelebihan ini bisa menjadi kelemahan karena gampang terkena interferensi sinyal wifi lain.

Antenna Omni daya jangkaunya tidak bergitu jauh dibanding patch dan grid.
Kelebihan antenna Patch adalah pancaran sinyalnya lebih terarah ke area tertentu dan tidak mudah terkena interferensi. Kelemahan antenna patch adalah pancaran sinyal wifi jadi terbatas tidak bisa menjangkau ke segala arah.

Antenna Grid itu sudut pancaran sinyalnya sangat kecil, kurang lebih 10 derajat, sangat cocok untuk koneksi point to point, tidak mudah terkena interferensi, tapi sulit untuk melakukan pointing atau mengarahkan ke posisi lawan yang mau dikoneksikan.

6. Tips memilih antenna yang tepat

Pemakaian antenna mesti diperhatikan kebutuhannya:

– Jika kita membuat sebuah hot spot maka antenna yang tepat untuk digunakan adalah antenna Omni.

– Antenna patch bagus untuk koneksi point to point dalam jarak yang dekat.

– Antenna patch juga bisa dipakai untuk point to multipoint dengan koneksi Access point untuk menghindari interferensi.

– Antenna Grid cocok untuk koneksi point to point dengan jarak yang sangat jauh.

– Jika ingin mengganti antenna dari perangkat wifi maka kita mesti pastikan sebelum membeli perangkat tersebut apakah antenna pada perangkat wifi itu bisa diganti atau tidak.

– Selain itu juga mesti dicek apakah tersedia port atau konektor pada perangkat wifi yang berfungsi untuk menyambungkan wifi dengan antenna external.

Semoga berguna