Ketika banyak waktu luang anda terbuang percuma maka anda tidak perlu menyesali, yang perlu anda lakuka adalah membuat sebuah daftar kegiatan berisi kegiatan-kegiatan yang anda sukai dan sering terlupakan.

Membuat daftar tugas atau kegiatan yang mesti dikerjakan dapat menghindarkan kita dari rasa stress dan tekanan karena banyaknya pekerjaan atau kegiatan yang mesti kita lakukan.membuat-daftar-kegiatan-sederhana-tapi-sangat-bermafaat

Kita juga sering merasa frustrasi karena tidak tahu apa lagi yang mesti dikerjakan saat memiliki waktu luang yang banyak, kita lebih sering menonton tv, mendengar musik atau menonton film sampai lupa waktu.

Ketika tersadar kita hanya bisa menyesal telah membuang waktu kita, dan ketika kita mendapatkan banyak waktu luang kita kembali lagi kepada kebiasaan lama kita.

Agar kita tidak mengulangi hal yang sama terjadi kembali maka saran saya adalah sebaiknya kita membuat sebuah daftar kegiatan yang mau kita kerjakan jika waktu memungkinkan untuk itu.

Berikut adalah daftar ide kegiatan yang mungkin dapat anda buat dan kemudian dikerjakan sehingga sekiranya dapat berguna:

1. Daftar resep masakan yang ingin anda masak

Buatlah daftar resep masakan yang kira-kira bisa anda masak dan ketika anda bingung dengan menu makanan yang itu-itu saja maka anda bisa melihat kembali daftar resep masakan yang sudah anda buat dan coba untuk mempraktekkannya.

2. Daftar film yang ingin anda tonton

Biasanya saat sedang tidak banyak kegitan kita bingung untuk mau melakukan apa, ketika orang lain mengingatkan kita tentang sebuah film kita lalu tersadar tersadar dan ingin menonton juga.

Anda tidak perlu diingatkan oleh orang lain karena dengan daftar film yang anda buat maka akan membantu anda untuk memilih film-film yang lebih baik dan menarik untuk bisa anda tonton.

3. Daftar buku yang mau anda baca

Ketika berada di kantor, saya selalu teringat akan beberapa buku yang tersimpan di laci meja di rumah yang sangat ingin saya baca, tetapi ketika sesampai di rumah saya jadi lupa untuk membacanya.

Dengan melihat catatan daftar kegiatan yang saya buat maka saya teringat kembali untuk membaca buku tersebut.

4. Daftar acara TV favorit yang ingin anda tonton

Terakhir saya hampir melewatkan acara wawancara Presiden Jokowi di TV tentang masa pemerintahannya selama 2 tahun, jika tidak memasukkan ke dalam daftar kegiatan saya.

Beberapa hari sebelum penayangan acara tersebut ada pemberitahuan di stasiun TV itu tetang kapan jam siaran acara itu. Saya lalu membuat sebuah catatan dan kemudian memasukkannya ke dalam daftar kegiatan saya, hal ini sangat membantu saya untuk mengingat sehingga tidak melewatkan acara tv tersebut.

5. Daftar tempat makan yang ingin anda kunjungi

Karena tidak punya rencana sering membuat kita terpaksa makan di tempat yang sama terus menerus, cobalah membuat daftar tempat makan yang menurut anda ingin anda kunjungi.

Ketika anda bingung ke kemana untuk makan malam maka anda bisa lihat daftar tempat makan dapat anda coba untuk ke sana.

6. Daftar tempat wisata yang mau anda kunjungi

Kita selalu berhasrat untuk menghabiskan waktu liburan ke sebuah tempat tapi ketika tiba masa liburan kita tidak tahu harus berlibur ke mana.

Dengan membuat daftar tempat-tempat yang paling ingin anda kunjungi maka tidak perlu lagi anda kehilangan ide ketika hari libur tiba.

7. Daftar tempat-tempat di sekitar kita yang ingin dikunjungi

Rasanya semua tempat di sekitar kita sudah kita datangi, ah itu kan cuma perasaan saja. Coba kita buat daftarnya pasti ada banyak tempat menarik yang walaupun sudah sering kita datangi tetap saja menarik untuk kita kunjungi lagi.

8. Daftar password

Terus terang password yang saya miliki sangat banyak, saya sering salah memasukan password karena banyaknya.
Bayangkan saja saya punya 6 alamat email dengan 6 password yang berbeda, 2 password hosting yang berbeda, 2 password kantor yang mesti diingat, satu password sepesial urusan lingkungan, saya sering lupa.

Saya membuat sebuah daftar yang hanya berisikan password tanpa menyertakan di mana password itu di pakai.
Dengan adanya daftar ini saya jarang mereset password, reset password adalah hal paling menjengkelkan apalagi ketika sedang terburu-buru dan system mengalamai gangguan.

9. Daftar kegiatan harian yang menyenangkan

Kegiatan harian yang rutinitas memang membosankan namun kita bisa menyelipkan kegiatan lain yang berbeda dalam rutinitas kita.

Buatlah daftar dan jalankan rencana anda, pastilah hari anda tidak monoton lagi.

10. Daftar pekerjaan yang sudah anda selesaikan

Ini menarik, kita sering lupa membuat daftar apa saja pekerjaan yang sudah kita selesaikan sehingga kita lupa sudah melakukannya.

Contohnya kita sudah membayar tagihan kartu kredit, membayar uang sekolah anak, sudah membayar listrik, sudah bayar utang di warung.
Membuat daftar perkerjaan yang sudah dilakakan akan menghindari kita dari rasa kesal, gelisah dan ragu-ragu.

11. Daftar target yang ingin dicapai dalam waktu dekat

Kita bisa membuat daftar apa saja yang ingin kita capai dalam waktu yang singkat, misalnya dalam waktu satu bulan ini kita mau mencapai target apa.

12. Daftar target jangka panjang

Coba lah buat daftar target untuk 10tahun ke depan, anda pasti akan mulai untuk mengira-ngira apa strateginya untuk mencapai target tersebut

13. Daftar kriteria perkerjaan yang bakal anda mau cari

Mungkin dengan membuat daftar pekerjaan yang mau kita cari maka kita dapat memotivasi dan menyemangati diri untuk mencapainya.

14. Daftar projek DIY

Projek DIY adalah pekerjaan yang bisa anda kerjakan sendiri tanpa harus mengeluarkan biasa besar dengan membayar orang lain untuk mengerjakannya.
Projek DIY merupakan proyek iseng yang sebenarnya dapat membantu kita menghemat uang.

15. Daftar barang-barang grosiran yang mau dibeli

Membeli barang grosiran itu lebih hemat, tapi kalau sampai tidak ada catatan mengenai barang apa yang mau dibeli maka itu akan membuat anda salah beli dan boros jadinya.

Buatlah daftar barang yang mau dibeli dan konsisten dengan keputusan anda.

16. Daftar kata-kata dan nasehat bijak kesukaan anda

Nasehat bijak itu tidak selalu diperlukan tapi bisa menjadi penghibur dan penyemangat kita di waktu sulit.

17. Daftar hal-hal yang membuat anda gembira

Kalau pikiran kita senang maka hatipun gembira, kadang-kadang kita tidak sadar banyak hal yang dapat membuat kita gembira, meskipun hanya hal yang sepele.

Buatlah daftar apa saja yang bisa membuat anda senang atau bahagia, sering-seringlah mengecek daftar catatan itu, siapa tahu anda lupa dengan kesedihan anda.

18. Daftar orang-orang dan hal-hal yang mau anda doakan

Sebagai orang yang beragama kita sering bingung mau mendoakan siapa dan apa permohonan yang hendak kita sampaikan.

Buatkan daftar orang-orang, permintaan, ujud doa yang mau kita sampaikan, mudah-mudah kita lebih fokus berdoa dan doa kita terkabulkan.

Sekian daftar yang saya buat, jika anda mau menambahkan silahkan tulislah dikolom komentar.