Memilih 3G Wireless Router Yang Cocok dan Pas dengan Kebutuhan. Supaya koneksi internet via modem 3G bisa dinikmati oleh lebih dari satu pengguna dengan perangkat komputer yang berbeda, maka yang dibutuhkan adalah sebuah perangkat.

3G Wireless Router adalah perangkat yang bisa terkoneksi dengan internet melalui modem USB 3G atau CDMA (EVDO) dan kemudian membagikan dengan menyebarkannya melalui koneksi wireless maupun via kabel kepada para klien pengguna internet.

3G Wireless Router saat ini hadir dengan berbagai macam pilihan dari berbagai merk. Pilihan brand yang beragam dengan harga beda tipis satu sama lainnya, tentu sangat membingungkan dan menjengkelkan.

Bagaimana menjadi juri handal untuk menentukaan pemenang kontes the best 3G Wireless Router device? 
Well, baik.
 Pertama.
Pemakaiannya untuk di mana, rumah atau kantor. Di rumah, lalu lintas komunikasi data biasanya sebatas browsing dan sesekali transfer file via WLAN. Meski ada juga yang menggunakannya untuk game network namun tetap saja lalu lintasnya tidak sepadat dan sesibuk jaringan di kantor.

Untuk Pemakaian dikantor sebaiknya dipakai perangkat lebih dari satu dengan kemampuan roaming yang bagus. Secara spek bisa ditentukan mana perangkat yang cocok untuk kantor dan mana yang tidak.

Tiga parameter penting yang tertera pada list atau daftar spesifikasi yang mesti diperhatikan adalah frekuensi, data rate dan output power. 

Penjelasannya sederhana, semakin tinggi data rate semakin bagus 3G Wireless-N Router mengatasi lalu lintas data yang super sibuk. Data rate bukanlah kecepatan akses internet tetapi data rate adalah kecepatan komunikasi data antara 3G Wireless-N Router dengan wireless klien seperti laptop dan komunikasi antara klien via 3G Wireless-N Router.

Dalam praktek nilai ril ( nilai sebenarnya) dari data rate tidak pernah sama seperti yang tertera di daftar spesifikasi dan khabar buruknya adalah data rate rilnya pasti lebih rendah dari yang tertera di spek. Hal ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor jarak ( semakin jauh jarak semakin kecil data rate ) dan kemampuan dari perangkat wireless milik klien.

Wireless klien dengan spek b/g/a tidak pernah lebih dari 54 Mbps dalam prakteknya. Output power sebuah wireless sangat terkait dengan jangkauan signal radio frekuensi alias RF antara 3G Wireless-N Router dengan klien bukan output power yang ditambahkan kepada modem USB untuk berkomunikasi dengan ISP.

Satu lagi yang paling penting adalah frekuensi. Frekuensi di sini adalah frekuensi dari signal RF yang dipancarkan dari 3G Wireless-N Router kepada klien yang di sekitarnya dan sebaliknya. Ingat, bukan frekuensi yang dipakai oleh moden USB untuk berkomunikasi dengan ISP. Pastikan frekuensi pada perangkat klien seperti laptop, gadget dan smartphon, sudah sama dengan frekuensi 3G Wireless-N Router. Paling banyak dipakai frekuensi 2,4 GHz.

Sangat fatal jika perangkat 3G Wireless-N Router berbeda frekuensi dengan wireless klien. Jika sampai terjadi, segeralah menukar atau siap-siap lah untuk rugi karena tidak ada satu software pun yang bisa mengakali masalah ini. Ini berhubugan dengan yang namanya hardware dan juga terkait dengan hal-hal analog.

Kalau pun ada pilihan frekuensi lain ( seperti 5 GHz ) sebaiknya pilihan anda ke 2,4 GHz. Mengapa? semakin rendah frekuensi semakin jauh jangkauannya ( Faktor jarak dan output power juga menentukan daya jangkau) dan lebih kecil kehilangan dayanya ketika melewati halangan yang terbuat dari bahan material seperti tembok beton dan kayu dibandingkan dengan frekuensi yang lebih tinggi.

Perhatikan dan pertimbangkan dua hal berikut: 
1. Di rumah pengguna teknologi wireless sedikit dibandingkan dengan di kantor yang penggunanya sangat banyak .
2. Di kantor, aplikasi yang dipakai beragam, di rumah tidak banyak jenis aplikasi yang dipakai.

Kedua. 
Fungsi tambahan dan harga.Selain tinggkat mobilitas yang tinggi via koneksi wireless, 3G Wireless-N Router juga menawarkan pilihan untuk mode backup. Perhatikan spesifikasi fisik dari perangkat. Ada merk yang menawarkan perangkat mereka dengan hanya 1 port Ethernet untuk koneksi kabel. Ada yang menawarkan 4 port yang berfungsi sebagai switch ( bukan hub ).

Jika koneksi wireless mengalami masalah maka tidak perlu khawatir, backup kabel bisa membuat anda kembali tersenyum. Pilihlah 3G Wireless-N Router dengan port Ethernet yang banyak kemudian bandingkan harganya dengan yang hanya 1 port. Jika selisihnya tipis, pilih yang jumlah portnya lebih banyak.

 OK, semoga merk, brand, harga, daftar spek alias spesifikasi yang bombastis tidak membuat anda terlena dan galau dalam menentukan 3G Wireless-N Router mana yang cocok untuk anda.