Ada beberapa jenis koneksi yang dipakai untuk menghubungkan pengguna smartphone dan tablet phone atau pun tablet PC agar dapat terhubung ke sesama perangkat mobile tersebut dan juga ke internet. Beberapa  koneksi tersebut adalah Bluetooth, wifi, jaringan seluler mobile data ( GSM, 3G).

Masalahnya adalah pilihan koneksi mana yang tepat dan efisien penggunaannya bagi perangkat dan si pemakainya.

Berikut adalah tips bagaimana memilih koneksi jaringan yang tepat.

1.    Gunakan Bluetooth untuk koneksi antar perangkat pada jarak dekat.
Menggunakan Bluetooth adalah pilihan yang baik hal ini karena kecepatan transfer data dari Bluetooth tidak lambat, cukup cepat. Generasi terbaru Bluetooth berkecepatan 24Mbps tapi jangkauannya cuma 9 meter. Koneksi Bluetooth bersifat private alias personal area network, jadinya lebih aman.
Pemakaian wifi untuk jarak dekat tidak begitu efisien, terutama dari sisi pengaturan dan konfigurasi.

2.    Gunakan koneksi wifi jika terdapat banyak perangkat yang ingin terkoneksi secara bersama-sama.
Dengan menggunakan access point sebagai pembagi koneksi maka banyak perangkat smarthphone dapat terkoneksi dan berbagi data secara bersama-sama.  Koneksi dengan wifi memiliki jangkauan yang cukup jauh kurang lebih maksimumnya sekitar 100 meter, tapi dengan kecepatan transfer yang paling kecil.

3.    Gunakan Koneksi Wifi pada hotspot internet untuk menghemat Kuota.
Jika ingin menghemat pemakaian atau kuota internet langganan anda maka sebaiknya menggunakan koneksi wifi. Jadikan salah satu dari perangkat smartphone sebagai wifi access point dan koneksikan ke internet melalui jaringan seluler atau mobile data. Perangkat smartphone dan tablet lainnya berperan sebagai wireless client dan tanpa settingan lainnya perangkat lain bisa terkoneksi internet.

Cara lain untuk menghemat kuota internet dengan koneksi wifi adalah ketika berada disebuah tempat yang tersedia jaringan hotspot internet gunakan koneksi wifi untuk menghemat kuota internet anda.
Koneksi wifi memiliki stablitas dan kecepatan yang tinggi namun jangkauannya terbatas. 

4.     Koneksi Seluler
Jaringan seluler selain dipakai untuk suara atau voice bisa juga dilewatkan data. Koneksi jaringan mobile data adalah koneksi ke internet, tidak bisa dipakai untuk kebutuhan tukar menukar data antar perangkat secara langsung. Jadi koneksi dengan mobile data melalui jaringan GSM dan WCDMA hanya dipakai untuk terhubung ke internet.

Koneksi dengan jaringan seluler cukup bisa diandalkan terutama jaringan 3G (WCDMA), kecepatannya cukup tinggi, mencapai 3.6 Mbps ( ril bandwidth ) tetapi stabilitasnya tidak begitu bagus, tergantung pada cakupan sinyal yang disediakan oleh operator jaringan seluler tersebut.
Koneksi sinyal yang tidak stabil menyebabkan pemakaian battery perangkat mobile tersebut menjadi sangat boros.

Kehandalan koneksi jaringan data pada perangkat smartphone dan tablet sangat tergantung pada pilihan dari si pemakainnya, pilihan koneksi yang akan digunakan bergantung pada kebutuhan, pilihan yang tepat memberikan hasil yang memuaskan, pilihan yang keliru pastilah mengecewakan.