Akhir-akhir ini saya mulai tertarik dan serius untuk menjadi wirausaha dan sebagai langkah awal saya coba untuk membuat daftar tentang apa saja pekerjaan atau bisnis sampingan yang mungkin dapat dilakukan saat sedang berada di kantor.

Siapa tahu dengan usaha sampingan itu kita bisa lebih cepat untuk pensiun sebagai karyawan dan beralih menjadi seorang pengusaha.

Berdasarkan pengalaman saya beberapa waktu yang lalu yang sudah saya lakukan dan prospek peluang usaha berdasarkan pengamatan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1.       Menjual makanan ringan dengan menitipkan di ruang pantry atau ruang makan atau dapur kantor

Beberapa waktu yang lalu saya teringat akan teman lama yang sudah lama berpisah, dulu ia adalah teman satu project.

Setelah project berakhir ia memutuskan untuk meneruskan usaha keluarganya membuat kerupuk amplang ikan tenggiri.

Untuk itu ia harus pulang kampung ke Cilacap dan meneruskan usaha dengan mewarisi pabrik rumahan pembuatan kerupuk.   

Setelah berhasil mendapatkan nomor kontaknya, saya menghubungi dia dan menanyakan kerupuk hasil usahanya, saya kemudian memesan sebanyak seratus buah dengan mendapatkan harga spesial.

Dari modal awal satu bungkus kerupuk seharga Rp. 2800, saya lalu menjualnya  seharga Rp. 5000 di ruang pantry kantor.

Dalam waktu 2 mingguan 50 bungkus sudah terjual habis.

Kenapa di ruang pantry? Di ruang tersebut ternyata sudah berjejer banyak jajanan yang dibuat dan dijual oleh para OB kantor, dan saya lihat tidak ada yang jualan kerupuk amplang ikan tenggiri khas Cilacap.

Ini dia peluang usaha, saya cuma menaruhnya di sana, meninggalkannya di situ bersama tempat untuk menaruh uang jika ada yang mau beli. Sore hari sebelum pulang, mampir dulu ke sana dan cek berapa yang sudah laku.

Hahaha, ternyata lumayan juga… Saya lalu bertanya ke OB kantor yang punya usaha seperti saya, dia mengatakan kalau saya mau saya bisa menaruh di ruang pantry lantai lain di gedung tersebut.

Hmmm kalau taruh  di sepuluh lantai maka, 10 x 50 x 5000 = 2500000 atau 2,5 juta, wow dalam hati saya, wah ternyata para office boy atau OB itu punya penghasilan lumayan juga dari usaha sampingan mereka.

Selama ini saya atau mungkin anda, merasa bahwa mereka para OB tidak terlalu beruntung dengan penghasilan mereka tapi ternyata pikiran saya keliru, mereka lebih beruntung dari pegawai kantoran yang mereka layani.

2.       Menjual sayuran organik hasil kebun hidroponik rumahan

Seorang teman di Surabaya bertanya apakah saya suka dengan hidroponik, saya bilang, ya suka sih cuma tidak tahu harus mulai dari mana untuk berkebun hidroponik.

Ia bercerita bahwa ia pun saat ini sedang membudidaya sayuran secara hidroponik. Pemasarannya adalah ke kantornya sendiri dan menurut dia cukup laku.

3.       Menulis Blog di waktu senggang saat di kantor

Saya pikir tidak ada salahnya memanfaatkan waktu luang di kantor dengan hal-hal positif seperti menulis blog.

Masih jelas dalam ingatan saya ketika bos saya mengatakan bahwa ia lebih senang melihat karyawan memanfaatkan waktu luang dengan tidak tidur saat jam kerja.

Dalam pikiran bos, apa saja boleh dilakukan asalkan tidak tidur saat jam kerja.

Nah, daripada nonton film atau dengarin musik, lebih baik browsing dan mulai nge-blog.

Sudah tidak perlu panjang lebar penjelasan lagi, sudah jadi rahasia umum bahwa sebuah blog yang konsisten dan bermanfaat bagi pembaca akan mendatangkan tambahan pendapatan bagi pemiliknya.

4.       Menjadi freelance

Selama bisa dikerjakan tanpa harus mengganggu tugas kantor harusnya tidak jadi soal.

Beberapa waktu lalu seorang rekan kerja menawarkan sebuah pekerjaan untuk membuat program database berbasis web untuk kebutuhan presentasi.

Tanpa pikir panjang saya bilang bisa, padahal saya tidak punya dasar pemrogram database sama sekali, saya lalu menghubungi rekan lainnya dan ia menyatakan bisa membuatnya.

Kita cuma diberi waktu sekitar 3 hari untuk menyelesaikannya. Kami pun  mengerjakan program tersebut di sela-sela waktu kerja dan juga di hari sabtu dan minggu.

Pada hari ketiga kami selesaikan project tersebut dan diterima oleh user.

Sebuah project kecil dan sederhana, dengan bayaran yang lumayan untuk tiga hari kerja.

Masih ada banyak sebenarnya peluang usaha sampingan yang dapat kita lakukan saat berada di kantor, saat masih berstatus karyawan kantoran, tinggal keinginan dan kejelian kita menangkap dan menjalankan peluang yang diberikan.