Beberapa waktu yang lalu, salah seorang pengunjung blok ini bertanya tentang apa saja yang dibutuhkan jika ia ingin menghubungkan server system control yang bertugas mengatur system pada kolam renang, masalah kelistrikan di rumah dan system pengaturan otomatis lain ke dalam jaringan data komputer.

Jaringan data komputer yang dimaksud ternyata bukan hanya terbatas pada jaringan lokal LAN tetapi juga bagaimana agar server tersebut bisa diakses melalui internet. Artinya ketika ia tidak sedang berada di rumah maka adminstator server itu bisa mengontrol system control otomatis tersebut dari luar atau dari lokasi yang jauh melalui jaringan public – internet.

Inti dari permintaan atau pertanyaan salah satu pengunjung blog ini adalah bagaimana caranya agar server system control tersebut bisa diakses melalui jaringan wifi dan juga dari internet.
Baiklah saya akan coba membahas hal ini sejelas dan selengkap mungkin.

A.   Tentang wifi dan internet

Koneksi wifi dan konek ke internet merupakan dua hal yang berbeda. Wifi adalah media yang dipakai untuk menghubungkan antar komputer dengan menggunakan gelombang elektromaknet atau tanpa menggunakan kabel. Jadi wifi itu hanyalah salah satu jenis media penghubung.

Internet adalah susunan struktur atau topologi dari jaringan komputer di mana pada jaringan internet melibatkan banyak sekali komputer dengan jumlah yang sangat besar dan berada di lokasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia, pada jaringan internet semua komputer saling terhubung dan berbagi informasi satu sama lain.

Jadi internet dan wifi merupakan 2 hal yang berbeda secara kategori, internet lebih merupakan koneksi antara komputer secara global sedangkan wifi adalah media penghubung.

B.   Bagaimana Meng-online-kan sebuah komputer ke Internet

Syarat utama agar sebuah komputer atau workstation ataupun server terkoneksi ke internet adalah:

1.    Tersambung ke Jaringan Internet.
Tersambung ke internet tidak hanya sekedar atau secara fisik saja tapi juga tersambung secara logika menggunakan IP address.

2.    IP Publik
IP address yang memungkinkan sebuah perangkat bisa dikenali di internet adalah IP address jenis IP Public. Apa itu IP public? IP Public merupakan IP address yang dipakai dan diperbolehkan oleh badan internasional yang mengurusi tentang koneksi internet. IP Publik merupakan IP address selain IP private dan IP multicast. 

3.    Cara mendapatkan koneksi
Caranya agar kita bisa mendapatkan IP public adalah dengan memintanya kepada penyedia jasa internet atau ISP langganan kita. IP public biasa nya ada harganya, meski ada beberapa ISP yang memberikan secara gratis tapi dengan bisa sewa koneksi yang agak mahal. Semua urusan yang terkait dengan koneksi ke public internet silahkan berurusan dengan ISP, bukan dengan admin network lokal anda.

C.   Jenis-jenis server apa saja yang bisa terkoneksi ke jaringan komputer

Semua komputer yang operating sistemnya support atau mendukung yang namanya network operating system maka jenis komputer tersebut bisa terhubung ke jaringan data komputer.
Semua komputer, mulai dari smartphone sama enterprise server dan perangkat jaringan lainnya, bisa terkoneksi ke network asalkan OS yang dipakainya mendukung untuk melakukan kegiatan networking.

D.   Kesimpulan

Setelah server bisa terkoneksi ke Internet dengan menggunakan koneksi ke ISP dan ISP memberikan pengalamatan secara logis dengan IP address maka selanjutnya adalah melakukan pengaturan agar supaya server tersebut bisa diakses oleh siapa pun dan berada di manapun asalkan terkoneksi ke internet.
Setelah server bisa diakses dari manapun dan oleh perangkat apapun (asalkan men-support network data) maka segala sesuatu yang terkait dengan server bisa dikontrol.

Sumber gambar: Norisanto.com