Biasanya ada beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstal saat pertama kali pengguna ponsel dan tablet android menjalankan gadget mereka, namun tidak semua aplikasi yang terpasang tersebut cocok dan sesuai dengan yang dibutuhkan,  kita sebagai pengguna harus memilih dan menginstal aplikasi tambahan apa yang paling kita butuhkan.

Tanpa aplikasi atau program yang benar-benar dibutuhkan dan terinstal pada ponsel atau tablet android kita maka penggunaan dan kinerja perangkat mobile tersebut akan menjadi kurang maksimal.

Pemilihan dan penentuan aplikasi mana yang cocok bagi pengguna perangkat mobile android sangatlah bervariasi, namun ada beberapa kategori aplikasi android yang bisa dianggap sebagai aplikasi utama yang harus terpasang pada ponsel dan tablet android.

1.    Aplikasi Office
Aplikasi office merupakan aplikasi yang diperlukan untuk mengolah semua file yang berhubungan dengan  dokumen kantor seperti file excel, file dokumen word dan file PDF.

Aplikasi tersebut antara lain:
a.    OfficeSuite Pro
b.    Adobe Reader
c.    Google Sheets
d.    Microsoft Office Mobile
e.    Free Office Reader
f.    Smart Office 2
g.    One Drive

2.    Aplikasi Browser
Aplikasi browser adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna ponsel dan tablet android untuk mengakses informasi dari website-website yang ada di Internet.

Secara default atau secara otomatis  memang pada perangkat android sudah terpasang sebuah browser bawaan. Tanpa browser kita tidak bisa melihat informasi yang ditampilkan oleh situs atau web site yang ada di internet.

Kita pun masih bisa menginstal browser favorit yang biasa kita pakai pada pada komputer desktop atau laptop pada perangkat mobile kita namun dengan versi mobile yang tampilannya pun pasti berbeda.

Berikut beberapa brower yang paling banyak digunakan pada perangkat mobile Android:
a.    UC Browser
b.    Firefox Browser For Android
c.    Opera Mini
d.    Opera Browser For Android
e.    Chrome Browser for Android
f.    Baidu Browser 
g.    Maxthon Web Browser  dan masih banyak lagi

3.    Aplikasi Pengaturan Sistem
Aplikasi ini berguna untuk memantau dan mengatur sistem dari ponsel dan tablet android kita agar berjalan secara optimal. 

Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain:
a.    ES Task Manager
b.    Smart Task Manager

4.    Aplikasi untuk file Explorer
Aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam kategori file explorer berguna untuk memberikan informasi kepada pengguna android phone dan tablet tentang:
a.    Apa saja file-file yang tersimpan di ponsel atau tablet android
b.    Di mana letak file tersebut tersimpan
c.    Berapa besar ukuran file tersebut
d.    Berapa besar kapasitas media penyimpanan yang masih tersedia.

Aplikasi –aplikasi tersebut antara lain: ES File explorer dan Memory map serta aplikasi lainnya.

5.    Aplikasi Messenger
Aplikasi Messenger pada dasarnya  merupakan aplikasi yang menggabungkan beberapa fitur seperti bertukar pesan teks, berkirim rekaman suara, gambar dan video ke dalam sebuah aplikasi.

Aplikasi yang masuk dalam kategori Messenger sangat favorit dan dipakai oleh semua semua pengguna perangkat mobile.

Aplikasi tersebut antara lain:
a.    WhatsAps
b.    BBM
c.    Line
d.    Yahoo Messenger
e.    HangOut

6.    Aplikasi social Media Media Online
Aplikasi social media merupakan aplikasi khusus yang dibuat oleh pemilik website social media bagi para pengguna perangkat mobile android.

Aplikasi social media seperti Facebook dan Twitter dibuat agar lebih mudah digunakan dan dipakai oleh pemiliki perangkat mobile. Versi mobile dari Facebook dan Twitter biasanya sudah terpasang di ponsel dan tablet android, jika belum maka segeralah untuk menginstal dua aplikasi tersebut. 

Beberapa media surat kabar dan berita online biasanya menyediakan aplikasi khusus untuk menampilkan program berita mereka melalui perangkat mobile, misalnya kompas.com, intisari online dan lainnya.

7.    Aplikasi Anti Virus
Sama halnya seperti pada komputer PC, perangkat mobile Android pun harus dilengkapi dengan aplikasi anti virus dan anti malware yang berguna untuk mencegah sistem operasi android dari gangguan dan serangan virus. Ada macam-macam aplikasi pengaman virus.
a.    Anti virus security dari  AVG Mobile
b.    Mac Afee Mobile Security
c.    Kapersky
d.    Norton  Mobile

8.    Aplikasi pendukung Office
Aplikasi pendukung untuk mempermudah proses pengolahan dan manajemen dokumen contohnya
a.    Aplikasi Email
b.    Aplikasi pembaca file RAR dan ZIP, contohnya: RAR for Android
c.    Aplikasi  untuk mendownload
d.    Aplikasi download manager

9.    Aplikasi Pemutar Musik dan Video
Music dan Video bukan hanya sekedar hiburan tapi kini keduanya sudah menjadi media informasi dan pembelajaran. Dengan memasang aplikasi pemutar music dan video yang cocok untuk anda maka anda pun bisa memafaatkannya untuk berbagai hal tidak saja untuk sekedar hiburan.

Meski secara performa aplikasi pemutar music dan video biasanya terpisah namun ada banyak juga pembuat aplikasi yang menggabungkan pemutar music dan video dalam sebuah aplikasi tunggal.
a.    Music Player for android
b.    Poweramp Musik Player
c.    Video player for android
d.    VCL for Android
e.    MX Player
f.    Video Player

10.    Aplikasi permainan
Aplikasi permainan pada perangkat android sudah tersedia begitu banyak macam dan jenis. Saat ini kita pun sudah bisa memasang aplikasi permainan yang biasanya dijumpai di komputer PC pada perangkat Android kita. Aplikasi game yang mau dipasang pun tinggal ditentukan kategori apa yang mau diinstal dan tergantung pada ketersedian atau kemampuan spesifikasi dari perangkat android kita.

Aplikasi permainan memang tidak begitu penting atau sifatnya hanya tambahan namun sebagai hiburan di waktu senggang tidak ada salahnya anda menginstal pada ponsel android anda. Untuk aplikasi game ada baiknya untuk tidak menghabiskan sumber daya ( seperti kapasitas memory ) perangkat android anda untuk aplikasi permainan atau game.

Sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/127980981@N03/15685922106/