Pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang koneksi wifi adalah sebagai berikut:

Pertama, bagaimana membagi koneksi internet pakai wifi dari Wifi Id agar bisa dipakai oleh beberapa klien seperti laptop dan handphone?

Kedua, bagaimana caranya meningkatkan daya jangkau dari sinyal wifi?

Ketiga, Bagaimana caranya agar koneksi wifi dari IndiHome atau koneksi internet kabel yang ada di rumah tetangga bisa dibagikan dan dipakai di rumah kita.

Secara prinsip dasar, membagi koneksi wifi bisa dilakukan dengan menggunakan wifi Access point.

Cek di link ini bagaimana membangun jaringan wifi dengan menggunakan Wifi Access Point. http://www.norisanto.com/jaringan-wireless/mempersiapkan-perangkat-perangkat-untuk-buat-jaringan-wifi/

http://www.norisanto.com/jaringan-wireless/perbedaan-instalasi-jaringan-kabel-dan-wireless/

http://www.norisanto.com/jaringan-wireless/fungsi-dan-peran-wifi-ap-router-dalam-jaringan-wifi/

Setelah mengetahui prinsip dasar cara membagi koneksi wifi maka selanjutnya yang mesti kita pikirkan adalah bagaimana membagi-bagi lagi satu koneksi wifi tersebut menjadi beberapa koneksi wifi.

Maksudnya seperti ini, tetangga kita punya koneksi internet dengan menggunakan provider Indihome. Tetangga kita di beri atau dipasangi wifi Access point oleh IndiHome sehingga mereka bisa terkoneksi ke internet dengan koneksi wifi.

Nah, tetangga kita lagi berbaik hati dengan mengijinkan kita untuk terkoneksi ke internet Indihome tersebut melalui wifi, namun karena sinyal wifi yang paling bagus yang bisa ditangkap dari rumah kita adalah di depan pintu masuk saja sedangkan di bagian dalam koneksinya sangat jelek. Sehingga jika ingin berinternet maka kita harus ke depan rumah dekat dengan pintu.

Untuk mengatasi masalah itu, maka kita harus menggunakan perangkat wifi yang fungsinya untuk menangkap sinyal dari wifi indihome tetangga kemudian sinyal tersebut dikuatkan dan dipancarkan kembali ke dalam rumah kita sehingga perangkat komputer dan gadget kita bisa terkoneksi ke wifi Indihome tetangga dengan sinyal yang bagus.

Perangkat yang kita butuhkan adalah Wifi extender, wifi extender adalah perangkat wifi yang berfungsi untuk menangkap sinyal dari Wifi Access Point kemudian dikuatkan dan dipancarkan kembali ke sekitarnya.

Seperti ini topologi atau susunan jaringan wifi yang menggunakan wifi extender:

topologi susunan koneksi dengan menggunakan wifi extender

Wifi extender berfungsi untuk meningkatkan daya jangkau sinyal wifi, contoh kasus pada sinyal Wifi ID yang lemah.

Saya sering ditanya orang bagaimana caranya agar sinyal wifi Id yang tidak terlalu bagus sinyal dapat maksimal. Caranya adalah dengan menggunakan wifi extender.

Pertama yang dilakukan adalah cari posisi sinyal wifi ID yang paling bagus yang diterima di lokasi rumah kita.

Kedua adalah tempatkan wifi extender pada posisi di mana tangkapan sinyal wifi id paling bagus. Setelah itu kita tinggal terkoneksi ke wifi id melalui Wifi extender dengan sinyal yang sudah dikuatkan.

Pastikan sebelum membeli perangkat wifi anda memahami benar fungsi perangkat wifi tersebut agar tidak salah beli, cek di link ini untuk mengetahui fungsi dan jenis-jenis perangkat wifi.

Cara Membedakan Jenis-Jenis Perangkat WiFi

Semoga berguna.

Sumber gambar: www.tendacn.com