Posting ini adalah untuk menjawab pertanyaan salah seorang pengunjung blog ini tentang koneksi wifi yang bermasalah pada lemahnya penerimaan sinyal pada sisi wifi klien.
Berikut ini gambaran tentang persoalan yang dihadapi oleh sang penanya ( bung Aloysius pada posting Hal-Hal Penting Tentang Wi-fi Router atau Wireless Router ):
RT/RW di lingkungan beliau menawarkan langganan hotspot.

Bung Aloysius memakai usb wireless adapter yang tersambung ke PC, namun  sinyalnya sangat lemah, hanya dapat sinyal 2 bar atau kurang lebih 30% kapasitas optimal. Kalau dipakai untuk browsing cukup lambat.

Oleh pihak RT/RW, disarankan untuk membeli perangkat Wifi access point atau AP. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan terkait pembelian dan Pemakaian Access Point tersebut:

1. Untuk pertimbangan harga dan manfaat berdasarkan situasi tersebut, mana yang sebaiknya dipilih antara wireless router yang difungsikan sebagai access point atau cukup access point saja?

2. Apakah perangkat tersebut nanti terpasang di atap/ teras rumah saya atau di pertengahan jarak antara provider hotspot dengan rumah saya? Bagaimana dengan sumber catu dayanya?

3. Bagaimana perangkat tersebut terhubung dengan router pihak provider? Apakah wireless atau perlukah  saya membeli kabel UTP tambahan? Atau apakah saya perlu membeli antena tambahan?

4. Mohon rekomendasi merek dan tipe perangkat yang harganya terjangkau untuk keperluan akses hotspot tersebut.

Saya setuju kurang setuju dengan saran tersebut,  kemungkinan sinyalnya lemah lebih disebabkan karena posisinya yang kurang pas. Kalau bung Aloysius punya kabel extender untuk USB sepanjang
5 meter maka wifi client tersebut bisa diletakkan diposisi tertentu sambil diamati seberapa besar perbedaan nya dengan kondisi tanpa kabel extender.

Tapi jika sudah begitu penasaran dengan Wifi Access point maka  baiklah saya akan coba membahas pertanyaan tersebut satu persatu.

A.    Untuk pertanyaan 1, pemilihan access point dan access point router jika dilihat dari sisi harga sebaiknya dipilih yang jenis Access Point Router karena harganya tidak terlalu berbeda jauh.  Dari sisi manfaat, AP biasa hanya berfungsi sebagai AP namun AP router bisa difungsikan sebagai router dan modem dialer yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan cadangan jika nanti link RT/RW terputus. 

Adalah penting untuk menyediakan koneksi cadangan sebagai persiapan jika terjadi gangguan pada koneksi utama. . Saya yakin saat ini semua pengguna internet melalui PC atau laptop memiliki modem 3G USB. Modem ini harusnya tetap ada dan  bisa dipakai untuk kebutuhan mendadak atau untuk kegiatan mobile saat bepergian.

Banyangkan jika terjadi koneksi intermiten yang tidak stabil dan berlangsung cukup lama maka anda harus membeli kembali sebuah AP router agar koneksi internet bisa dibagi-bagi ke perangkat lainnya seperti laptop dan smartphone anda dan anggota keluarga lainnya. AP biasa tidak memiliki fitur seperti AP router yaitu routing dan juga modem dialer.

B.    Posisi penempatan perangkat AP harus dilihat pada posisi mana perangkat tersebut mendapat sinyal yang paling maksimal. Penempatan Access point adalah di rumah bung Aloysius. Salah satu cara menentukan lokasi tangkapan sinyal wifi dari RT/RW adalah dengan menggunakan smartphone. Aktifkan fitur wifi-nya cek penerimaan sinyal wifi RT/RW dengan melihat SSID atau nama yang tertera pada tangkapan sinyal wifi di HP.
Bandingkan beberapa lokasi di luar dan di dalam rumah mana yang lebih bagus.

Saya sarankan untuk menaruhnya di dalam rumah atau di luar rumah tapi yang terlindung dari air hujan karena AP router dengan harga murah biasanya untuk kebutuhan indoor, untuk outdoor harganya mahal dan tidak ekonomis jika mesti dipakai untuk kebutuhan rumahan.

Untuk power listrik harus disiapkan stop kontak atau colokan listrik di dekat AP router tersebut karena sumber listrik yang dipakai oleh AP adalah sumber DC 12 V dengan panjang kabel adaptor hanya berjarak 1,5 meter saja. Jadi sebaiknya siapkan stop kontak tambahan untuk AP.

Sebagai gambaran bahwa Access point router kita akan berfungsi sebagai wifi klien bagi Access Point RT/RW Net dan Access point bagi wifi klien perangkat-perangkat yang ada di rumah.  Dalam hal ini Access Point kita berfungsi sebagai penguat sinyal bagi AP wifi RT/RW Net.

C.    Pertanyaan nomor 3 bisa bisa dijelaskan bahwa koneksi ke provider internet adalah urusan dari pihak penyedia hot sport RT/RW, tugas kita adalah cukup menyediakan koneksi ke hotspot tersebut dari host spot ke koneksi internet adalah urusannya para pengelola hotspot RT/RW dengan Internet provider.

D.    Untuk perangkat yang bagus bisa dipilih merk TP Link TL-MR3220 atau Tp link 3G wireless N Router TL MR3420, dua perangkat ini cukup bagus. Artinya power sinyal wifi nya cukup kuat, memiliki fitur WDS bridging atau Wireless Distribution System yang cocok dengan kebutuhan sebagai penguat sinyal atau wifi extender namun dengan koneksi kabel ke komputer kita.

Jika ingin ingin menggunakan koneksi secara wifi maka harus menggunakan perangkat AP point yang memiliki fitur sebagai wifi range extender. Wifi Range extender bisa bertindak sebagai wifi Access point dan wifi client secara bersamaan dan dalam satu hardware yang sama.

Semoga berguna. Jika masih ada yang kurang jangan segan-segan untuk bertanya.