Local Area Connection atau LAN adalah pusat aktivitas sebuah komputer, hampir sebagian besar kegiatan dari sebuah komputer adalah interaksi dan komunikasi dengan komputer-komputer yang tergabung dalam sebuah LAN. Bicara tentang Local Area Network sebenarnya apa yang menjadi ciri khas dan karakter dari sebuah LAN.
LAN tidak sekedar kumpulan komputer yang saling terhubung dan berbagi informasi satu sama lain tapi LAN merupakan cikal bakal dari seluruh jaringan komputer yang ada di bumi.

Memahami LAN dengan semua ciri dan karakter LAH adalah langkah awal untuk menguasai network yang jauh lebih besar.

1.    Cakupan Geografis LAN
Secara geografis LAN merupakan koneksi komputer yang letaknya saling berdekatan, misalnya dalam sebuah ruangan kantor, dalam rumah, dalam sebuah gedung dan sebagainya. Intinya jika ditinjau dari sisi geografis jarak koneksi antar komputer sangatlah dekat.

2.    Jumlah komputer.
Jumlah komputer yang terhubung pada LAN ideal lebih kurang sekitar 30 komputer. Jumlah komputer semakin banyak komputer pada sebuah LAN menyebabkan broadcast domain yang semakin padat. Broadcast pada jaringan yang pada mengakibatkan broadcast storm yang menyebabkan koneksi komputer pada sebuah LAN menjadi lambat.

3.    Mac address dan LAN
Mac address adalah alamat hardware yang tertanam secara permanen pada NIC. Pada LAN alamat yang dipakai dalam berkomunikasi adalah menggunakan MAC address bukan IP address.

4.    Host dan node
Pada LAN kita mengenal istilah host dan node,
a.    Node adalah sebuah bagian dari sebuah network yang melakukan transmit dan receive sinyal data.
b.    Host adalah semua perangkat jaringan, termasuk workstation atau komputer klien dan server, juga semua perangkat jaringan yang memiliki IP address. Tidak semua perangkat jaringan memiliki atau bisa dipasang IP address, contoh hub, hub hanyalah sebagai penyambung, penerus dan penguat sinyal data berupa sinyal-sinyal elektrik.

5.    Perangkat Jaringan
Perangkat jaringan atau network device yang terdapat pada LAN adalah Hub dan Switch. Hub dan switch lebih banyak berfungsi dan berperan dalam komunikasi data antara komputer-komputer atau host yang ada pada jaringan LAN.

Wifi access point merupakan perangkat jaringan yang fungsi dan perannya sama seperti hub dan switch, sama-sama sebagai penghubung host-host dalam jaringan LAN menggunakan media tanpa kabel atau wireless.

Untuk koneksi host-host pada LAN dengan host di luar LAN atau sambungan keluar, perangkat yang digunakan dan berperan untuk keperluan itu adalah router. Router berfungsi menghubungkan sebuah LAN dengan LAN yang lain. Koneksi yang dilakukan oleh router bukan hanya koneksi secara fisik melalui sambungan media penghubung tapi koneksi yang dilakukan oleh router adalah koneksi secara logis dengan menggunakan alamat logika yang kita kenal sebagai IP address. 

6.    Satu segment IP address
Pada semua host dalam sebuah jaringan LAN yang sama memiliki IPaddress yang berada pada segment yang sama juga. Yang dimaksud dengan satu segment IP address adalah semua perangkat pada jaringan LAN bisa berkomunikasi tanpa harus menggunakan sebuah router.
Syarat untuk sebuah host bisa berkomunikasi dengan host lain adalah memiliki network atau subnetwork yang sama atau jika berbeda maka harus melalui perantaraan sebuah router agar bisa saling berkomunikasi.

Membahas tentang network ID dan host ID memang agak panjang silahkan cek di posting saya yang lain pada link ini.

Ciri khas dari sebuah LAN adalah secara geografis LAN menghubungkan host-host yang ada pada sebuah daerah yang kecil sebatas rumah, ruangan kantor atau jumlah komputer yang kurang lebih sebanyak 30 komputer. Pada LAN semua host berada pada segment IP address yang sama meskipun komunikasi data antar host menggunakan mac address. IP address hanya dipakai untuk komunikasi keluar dari LAN atau antar host yang berada pada LAN yang lain.

Sumber gambar: mayhem via photopin