Salah satu kemampuan yang cukup diandalkan oleh perangkat Smartphone dan tablet adalah kemampuan untuk koneksi  ke jaringan komputer layaknya sebuah komputer pribadi atau PC.
Tanpa koneksi ke jaringan data atau data connection maka perangkat smartphone tersebut bukanlah perangkat smart tetapi hanya sebagai sebuah handphone klasik yang cuma bisa telpon dan sms.

Adalah sebuah kewajiban bagi seorang pemakai smartphone untuk tahu apa saja jenis koneksi jaringan yang tersedia pada smartphone, kelebihan dan kekurangannya, sehingga bisa dipakai secara tepat dan memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam memaksimalkan kerja dari smartphone tersebut.

Ada beberapa jenis koneksi jaringan data pada perangkat smartphone, dan sebagian besar koneksi tersebut lebih banyak menggunakan media tanpa kabel.
Secara umum berdasarkan jenis media penghantar, koneksi data terbagi atas 2 yaitu:

1.    Media Kabel
Koneksi kable data dengan media kabel, sering dipakai tapi dengan fungsi pemakaian yang sangat terbatas yaitu dari komputer ke perangkat smartphone saja.

2.    Media tanpa Kabel
Media tanpa kabel atau wireless adalah media koneksi yang paling disukai oleh para pemilik smartphone. Alasan utamanya adalah karena kepraktisannya yang tinggi sehingga penggunanya tidak susah dalam melakukan koneksi dengan perangkat lainnya.                                      
Kelebihan media tanpa kabel memungkinkan sebuah perangkat smathphone bisa terkoneksi dengan perangkat smartphone dengan brand atau merk apa saja.

Koneksi data melalui jaringan tanpa kabel terbagi atas:
a.    Bluetooth
Bluetooth adalah komunikasi data tanpa kabel yang menggunakan gelombang electromagnet yang beroperasi pada frekuensi 2.45 GHz dan secara internasional diakui melalui standrisasi IEEE 802.15.1. Bluetooth memungkinkan pengguna perangkat seperti handphone, printer, mouse, keyboard dan perangkat lainnya bisa terkoneksi tanpa kabel. Koneksi atau jaringan yang terhubung melalui Bluetooth dikenal sebagai wireless personal area network (WPAN).

Untuk data rate  Bluetooth  adalah 3 Mbps, tapi saat ini generasi terbaru Bluetooth, Version 3.0 + HS, kecepatan transfernya, memilki data rate sebesar 24 Mbps. Tapi sayang jarakanya sangat terbatas hanya sekitar 9 meter.

b.    2G atau GSM
Jaringan GSM atau generasi kedua (2G) Telecom terdiri atas:
1)    EDGE  atau Enhanced Data rates for GSM Evolution
2)    GPRS atau  General Packet Radio System

Koneksi dengan jaringan 2G atau GSM memiliki kemampuan transfer data maksimal adalah 171.2 kbps untuk GPRS dan 473.6 kbps untuk EDGE.

Dengan kemampuan transfer maksimal seperti ini maka sangat tidak direkomendasikan untuk kebutuhan koneksi data yang besar dan cepat. Namun kelebihannya adalah pemakaian tenaga atau energy battery dari perangkat smartphone lebih hemat.

c.     3G
Jaringan komunikasi generasi ketiga yang beroperasi pada rentang frekuensi antara 900 sampai 2200MHz ini terdiri atas HSDPA atau High Speed Downlink Packet Access ( untuk download ) dan High Speed Uplink Packet Access atau HSUPA ( untuk upload ) serta  WCDMA Wideband Code Division Multiple Access atau dikenal juga sebagai UMTS (Universal Mobile Telecommunications System).
Secara teori HSDPA memiliki kemampuan download sebesar 42.2 Mbps dan HSUPA ( upload) sebesar 11.5Mbps. 

WCDMA  menggunaka frequency  range 2110–2200 MHz  untuk downlink dan 1885–2025 MHz untuk uplink.
Kecepatan WCDMA secara ril bandwidth, berkisar mulai dari 128kbps untuk pengguna yang sangat mobile,  sampai 2 Mbps untuk pengguna yang berada dalam sebuah gedung.      

Dengan kemampuan transfer maksimal seperti ini maka sangat   direkomendasikan untuk kebutuhan koneksi data yang besar dan cepat. Namun kekurangannya adalah pemakaian tenaga atau energy battery dari perangkat smartphone sangat boros alias cepat habis.

d.    4G
4 G adalah generasi terbaru dari mobile communication, di beberapa Negara maju teknologi ini sudah diimplementasikan dan khabarnya di Indonesia akan segera diterapkan.  Dengan 4G maka kecepatan data diperkirakan bisa mencapai 100 Mbps.
Tapi kemungkinan besar banyak perangkat smartphone  yang ada saat ini tidak tidak mendukung untuk koneksi 4G.

Bersiap-siaplah bagi para pemilik smartphone untuk meng-upgrade hp anda jika ingin merasakan kecepatan koneksi jaringan 4G. 

e.    Wireless fidelity atau Wifi
Koneksi data dengan jaringan tanpa kabel menggunakan teknologi wifi merupakan jenis koneksi banyak digemari. Alasan utamanya adalah karena bandwidth nya yang besar dan hemat energy battery.
Kapasitas bandwidth maksimum sangat tergantung dari jarak dan data rate dari perangkat access point. Faktor penyebab kuat lemah sinyal.

Kekurangannya adalah jangkauannya yang tidak jauh, maksimum 100 meter tapi dengan bandwidth yang minimum ( data rate 1Mbps ). 

Demikian, jenis-jenis koneksi data yang ada pada perangkat smartphone. Pastikan sebelum membeli sebuah perangkat handphonesmartphone atau tablet, apa saja jenis koneksi data yang disupport oleh perangkat tersebut.
Terutama pada perangkat tablet tidak semua perangkat tablet memiliki koneksi ke jaringan seluler, jadi telitilah sebelum membeli.