Belajar sejarah itu paling enak dan mengasyikan adalah dengan melihat foto-foto masa lalu. Seiring dengan masa keterbukaan melalui internet, maka negeri sekelas Rusia pun sudah mulai membuka diri terhadap dunia luar.

Salah satu bukti keterbukaan mereka adalah dengan tersedianya sebuah website yang menyajikan galeri foto masa lalu negri itu dari tahun 1860 sampai 1999. Tidak tanggung-tanggung kurang lebih 70 ribu foto dari tahun ke tahun dalam rentang 1860 sampai 1999 dapat dilihat secara digital online.

Mengenal Masa Masa Lalu  Negri Rusia secara onlineBerbagai foto mulai dari dari pasfoto sampai kehidupan sehari-hari masyarakatnya tersaji di russiainphoto.ru. Bagi penggemar negri Rusia tampilan keseluruhan foto seolah membawa kita kembali ke masa lalu Rusia yang penuh misteri, tertutup dan menakutkan.

Sayang memang website tersebut tidak menyediakan Bahasa Inggris, atau mungkin sudah tersedia namun saya saja yang kesulitan untuk mencapai tombol switch pengganti Bahasa.

Namun sebagai penggemar masa lalu, semua foto di russiainphoto.ru seperti menjadi pelepas dahaga yang sangat menyegarkan meskipun sama sekali tidak bisa mengartikan tulisan keterangan dari foto-foto yang ada. Butuh niat lebih untuk men-copy paste tulisan Bahasa Rusia ke Google translate untuk mendapatkan sedikit pencerahan dari foto yang ditampilkan.

Bagi anda yang sama tertariknya dengan foto-foto masa lalu seperti saya, terutama foto tentang masa lalu Rusia ( Uni Soviet ) maka segera saja anda berkunjung ke russiainphoto.ru dan anda akan dibawa terbang jauh ke masa lalu negeri yang dulu dikenal dengan sebutan tirai besi.

Bagi saya sampai saat ini, website terbaik untuk mencari foto-foto masa lalu Rusia adalah russiainphoto.ru, kelebihannya adalah jumlah foto yang banyak dan lengkap, kelemahannya adalah soal panduan dan keterangan Bahasa tidak tersedia dalam Bahasa Inggris.

Semoga berguna