BOLT mengeluarkan modem terbarunya,Bolt Helios. Banyak perubahan yang kita temui pada modem bolt Helios dibanding modem-modem bolt lainnya.

Berdasarkan spesifikasi yang tertera pada modem bolt dapat kita lihat apa saja kelebihan modem Bolt yang satu ini dibanding yang lain.

  1. Support jaringan 5G LTE

Jaringan 4G saja belum banyak tersebar apalagi jaringan 5G, menurut saya kita jangan terlalu gampang terpengaruh dengan spesifikasi seperti ini, karena tidak semua yang ditawarkan dapat berguna.

Apa gunanya perangkat tersebut kalau tidak ada jaringannya. Yang patut dicek terlebih dahulu adalah apakah jenis jaringan yang tersedia di tempat yang biasa kita kunjungi.

  1. Dapat melayani 32 klien

Biasanya modem mifi bolt hanya mampu melayani 8 klien, Bolt Helios bisa melayani sampai 32 klien secara bersamaan. Ini adalah fitur bagus dari Bolt.

  1. Antenna penerima yang kuat serta bisa ditambahkan antenna eksternal untuk daerah yang sinyalnya kurang bagus

Antenna bawaan bolt Helios memiliki daya 3.25 dBi dan bisa dipasang antenna eksternal berdaya 7 dBi. Antenna eksternal tidak termasuk dalam pembelian paket modem, harus menambah 150 ribu. Antenna eksternal ini untuk meningkatkan daya tangkap sinyal jaringan Bolt dan bukan untuk meningkatkan daya jangkau jaringan wifi-nya.

  1. Mampu melayani dua jenis jaringan yang berbeda sekaligus

Jaringan wifi yang dimaksud adalah yang beroperasi menggunakan frequency 2.4 GHz dan 5 GHz secara bersamaan.

Ini sebuah terobosan mengingat jaringan 2.4 GHz sudah cukup padat dan bandwidth nya terbatas maka kehadiran wifi freq 5Ghz adalah sulusi yang bagus untuk memenuhi kebutuhan akan bandwidth yang besar.

Karena percuma jika jaringan Boltnya sudah 5G tapi koneksi mifi masih menggunakan freq 2.4 GHz, ada efek bottle neck yang mencekik bandwidth sehingga koneksi internet pada klien menjadi lambat.

Dengan adanya freq 5 GHz pada koneksi antara modem Mifi bolt dengan klien maka akan membuat bandwidth yang tersedia sampai ke sisi klien tetap besar dan tidak ada efek bottle Neck lagi.

  1. Jangkauan Wifi mencapai 250 meter?

Ini menjadi tanda tanya karena tidak disebutkan berapa power keluaran dari Mifi untuk sinyal Wifinya. Jangkauan 250 meter dengan power keluaran sebuah modem wifi rasanya tidak masuk diakal terutama untuk Freq 5GHz.

Jangkauan 250 meter mungkin untuk koneksi 2.4 GHz saja dan tentu dengan bandwidth atau kecepatan yang paling rendah.

Semoga berguna.