Fitur Mimo, Multi In Multi Out, pada teknologi WiFi biasanya ditandai dengan terdapatnya lebih dari satu antenna pada sebuah perangkat WiFi AP router atau WiFi AP. Setiap Wifi AP atau AP router yang termasuk dalam standar IEEE 802.11 n pasti memiliki fitur MiMo.

Fungsi Mimo adalah untuk membuat WiFi AP atau AP router dapat menangkap dan mengirimkan sinyal kepada para klien-nya melalui lebih dari satu antenna, sehingga proses transfer data kepada klien lebih cepat karena tidak terfokus pada satu pintu saja.Meningkatkan Kecepatan Transfer Jaringan WiFi Mega Mimo WiFi

Konsep MiMo saat ini sudah diimplementasikan ke semua WiFi AP dan AP router yang berstandar IEEE 802.11n, akan tetapi dalam perkembangan terkini disebutkan bahwa beberapa peneliti, Dina Katabi dan rekan-rekannya dariĀ  MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory sedang membuat sebuah percobaan untuk mengembangkan konsep MiMo agar dapat membuat proses transfer data menjadi lebih cepat dan lebih jauh jangkauannya, mereka menamakan konsep MIMO yang baru tersebut dengan MegaMIMO 2.0.

Dina Katabi dan rekan-rekannya mengklaim bahwa dengan MegaMIMO 2.0 maka kemampuan transfer data via jaringan WiFi menjadi 3 kali lebih cepat dan dua kali lebih jauh jangkauannya.

Menurut salah satu peneliti itu, Ezzeldin Hamed, bahwa saat ini untuk meningkatkan kecepatan dan daya jangkau jaringan WiFi, tidak bisa lagi hanya dengan menaikan kapasitas daya pancar sinyal dan jumlah pemancar AP router atau Access Point, hal tersebut hanya akan membuat terjadinya interferensi antara satu perangkat AP router dengan perangkat AP route lainnya.

Interferensi akan saling melemahkan sinyal yang dipancarkan oleh perangkat-perangkat wifi, dan akibatnya adalah kecepatan transfer dan daya jangkauanya menjadi berkurang.

Sebagai solusi atas masalah ini adalah dengan membuat semacam metode agar setiap perangkat Access point atau AP router yang berdekatan atau yang saling beroperasi pada frequency yang sama, bisa saling berkondinasi atau melakukan sinkronisasi agar tidak saling mengiterferensi satu sama lain.

Inilah konsep yang coba dikembangkan oleh para peneliti MIT tersebut dengan MegaMIMO 2.0-nya, intinya adalah membuat semacam teknik agar setiap AP router tidak saling mengganggu AP router lainnya ketika melakukan proses transfer data. Proses-nya adalah dengan mengatur fase transmisi pada masing-masing perangkat AP yang ada.

Misalnya ada 4 perangkat AP route A,B,C,D ke empat perangkat tersebut diatur fase atau waktu-nya agar keempat perangkat tersebut memancarkan sinyal atau mentransfer data tidak persis bersamaan meskipun menggunakan spectrum frequency yang sama, mungkin selisih seperseribu detik atau lebih, kira-kira seperti itu konsepnya.

Mega MIMO 2.0 memang masih dalam pengembangan tapi sepertinya ada harapan untuk meningkatkan performa jaringan WiFi menjadi lebih baik lagi.

Cek sperti apa proses percobaannya pada video di atas. Pada video iniĀ  yang dimaksud dengan spectrum adalah frequency dari gelombang electromagnet.

Sumber: Techcrunch.com