Rangkaian bunga hidup yang sudah dipotong dan dirangkai akan selalu terlihat indah selama masih tetap segar, namun seiring waktu berlalu kesegaran rangkaian bunga itu akan hilang digilas hukum alam.

Meskipun tidak ada yang mampu mencegah seikat bunga menjadi layu namun banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat potongan kembang-kembang bunga itu menjadi tetap segar lebih lama lagi. Menjaga Rangkaian Bunga Segar Agar Tidak Cepat Layu

Meskipun kembang bunga yang kita petik sudah pasti akan layu dan dibuang tapi cara-cara berikut ini bisa kita lakukan agar bunga segar yang kita petik atau kita beli dapat bertahan kesegarannya lebih lama dari biasanya.

      1.       Pastikan vas bunga untuk menaruh potongan daun dan kembang bersih

Gunakan sabun atau zat pembersih lainnya untuk memastikan vas bunga bebas dari jamur dan bakteri yang dapat mempercepat proses layunya kembang yang ada di vas.

       2.       Suhu air yang pas dalam vas bunga adalah sekitar 40 sampai 45 derajat celcius

Sesaat setelah air dimasukan ke vas bunga jangan langsung memasukan poton bunga ke dalam vas, tunggulah sekitar beberapa menit agar gelembung-gelembung udara yang ada dalam air hilang, setelah itu barulah masukkan potongan kembang ke dalamnya.

      3.       Beri makan bunga

Maksud memberi makan bukan seperti memberi pupuk tapi lebih memasukan zat-zat yang mendukung agar bunga dapat segar lebih lama dengan menghilngkan microba yang dapat mempercepat proses pembusukan.

Gunakan bahan pemutih, dengan memasukan ke dalam air di vas maka bisa mencegah perkembangan mikroba.

Masukkan juga asam nitrat untuk mempercepat proses penyerapan air dan juga zat gula agar bunga tampak segar.  

      4.       Potong batang rangkaian bunga dengan cara yang tepat

Cara memotong batang bunga adalah dengan menempatkan rangkaian bunga di bawah air yang mengalir dan potong batang dengan kemiringan 45 derajat.

       5.       Jauhkan rangkaian bunga dari buah-buahan

Buah menghasilkan sat etilena yang membuat tanaman menjadi cepat matang, jika buah dan bunga digabung maka bunga pun akan cepat menjadi matang dan layu.

      6.       Simpanlah bunga di tempat yang dingin

Agar bunga tetap segar cara lainnya adalah dengan menyimpannya di tempat yang dingin, lemari es adalah tempat yang tepat tapi jauhkan dari buah-buahan.

Dengan menaruh di lemari es yang dingin maka udara dingin akan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengurangi proses metabolisme bunga sehingga membuat bunga tetap segar.