Menulis Daftar Tugas dan Mencapai Target, Cara Bijak Mengisi Waktu Luang Di akhir MingguSelama ini, hampir setiap tiba hari Jumat rasanya tidak ada yang lebih indah selain memikirkan asiknya liburan, santai  di rumah sambil berleha-leha, nonton TV sepuasnya sampai pagi, tidur sepuas-puasnya, bermain bersama anak-anak, semuanya penuh suka cita, tidak terencana, akhirnya tanpa terasa liburan akhir pekan berlalu begitu saja, setiap datang masa liburan dilewatkan dengan rutinitas yang sama, tidak ada bedanya dengan rutinitas kerja kantoran senin sampai jumat.

Hari ini hari Jumat,waktunya untuk bergembira menyambut dua hari libur besok,  sabtu dan minggu. Dua hari yang tidak ada rencana kerjanya, semua kegiatan di dua hari itu dibiarkan bebas berjalan tanpa ada rencana pasti seperti hari-hari biasa, mau ngapain bebas bebas saja.
Kalau dipikir-pikir dua hari adalah waktu yang panjang, membandingkan saat menghabiskan dua hari kerja sepertinya hari kerja begitu panjang waktunya, sangat lama, padahal sama-sama dua hari, 2 x 24 jam. Nah…. jika tidak dimanfaatkan liburan akan berlalu tanpa manfaat.

Hari libur seperti ajang balas dendam atas waktu yang terpakai  atau tersita di saat hari kerja. Tidak mau waktu liburan terbuang percuma, maka lebih baik coba diisi dengan beberapa kegiatan, tidak semua kita mau berterus terang bahwa liburan lebih bermafaat jika dipakai untuk melakukan pekerjaan atau tugas rumah yang tidak sempat kita lakukan pada hari-hari biasa.

Rasanya ada yang salah dengan pola pikir semacam itu, banyak pekerjaan di rumah yang bisa kita lakukan untuk membuat badan kita jadi fit kembali, karena dengan mengerjakan tugas-tugas rumah maka kita jadi banyak bergerak setelah berhari-hari  sebelumnya waktu kita lebih banyak dihabiskan dengan duduk-duduk saja.

Seperti baru tersadar, maka mulai sekarang, setiap hari Jumat,  saya coba membuat daftar  apa saja yang bisa dikerjakan di rumah setiap hari libur, pekerjaan yang tentunya banyak guna dan manfaatnya.

1.    Membersihkan lantai kamar mandi menggunakan cairan pembersih ubin.
Hmmm, berarti saya harus menyiapkan cairan pembersihnya dahulu. Hahahah harus dibeli atau di rumah masih ada persediaan. Tidak tahu, karena selama ini memang tidak pernah memikirkan hal-hal seperti itu.

2.    Antar jemput si kakak ke sekolah

3.    Beribadah ke gereja
Ini adalah kegiatan wajib di hari sabtu atau minggu tapi kadang-kadang sering terlewatkan karena bangun tidur kesiangan atau juga karena tidur siang kelamaan.

4.    Mengganti lampu yang rusak
Saatnya mengganti dengan lampu LED yang super awet dan hemat energi

5.    Mengecek dan mengganti termal pasta VGA komputer yang sering hang kalau dipakai buat main game berat

6.    Membuat ebook Rhenald Kasali

7.    Mencoba kembali membuat manisan mangga

8.    Memindahkan foto-foto di HP ke PC
Pengalaman ketika HP hilang semua foto-foto yang tidak sempat dipindahkan ikut hilang juga. Mencegah kejadian serupa maka sebaiknya segera pindahkan atau backup foto-foto ke komputer.

9.    Menjemur kasur dan bantal
Biar kuman-kuman dan debu hilang dari kasur, hidup jadi lebih sehat.

Demikian daftar yang mesti dikerjakan saat hari libur, mudah-mudahan dengan menulis daftar tersebut apa yang sudah direncanakan bisa diwujudkan semuanya, hari libur jadi lebih menyehatkan dan bermanfaat.