Jika anda ingin memanfaatkan spare part peralatan elektronik anda yang rusak atau tidak terpakai maka ide ini, membuat mesin pengamplas besi atau kayu dengan menggunakan motor atau mesin penggerak bekas yang terpasang pada mesin cuci dapat diterapkan atau dipakai.

Ide ini cukup brilian karena ternyata peralatan-peralatan yang tidak terpakai, seperti motor mesin cuci lama dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai bagian daru peralatan lain yang berbeda fungsi namun dapat berkerja dengan sangat baik.

Ide ini dimulai dengan memanfaatkan motor mesin cuci sebagai penggerak utama untuk memutar roda belt dari amplas pada mesin pengamplas.

Kalau dari video tutorial yang sangat bagus ini, mungkin ini video tutorial terbaik yang pernah saya tonton, bahwa bahan yang diperlukan tidak terlalu mahal, mungkin motor mesin cuci saja yang paling mahal sisanya cuma multipleks dan beberapa potong kayu, rasanya tidak terlalu butuh banyak biaya untuk membuatnya, tapi butuh ketelitian dan kesabaran untuk mengerjakannya.

Video tutorial ini sangat luar biasa, menyajikan proses pembuatan dari awal, tanpa ada musik latar yang sangat mengganggu, video menyajikan proses pembuatan dengan urutan yang terstruktur dan disajikan dengan sangat teliti, tidak terburu-buru, membuat penonton merasakan begitu mudahnya membuat atau mempraktekan video tutorial ini.

Video ini terdiri atas dua bagian karena pembuatnya sangat mengutamakan kualitas tutorial agar mudah dipahami dan dimengerti oleh penontonnya.

Silahkan cek videonya berikut ini:

Mulailah dengan bagian pertama;

Dan dilanjutkan dengan yang kedua;

Selamat mencoba..