Pernahkah kamu mengalami kehabisan pulsa di saat mendesak? Ya, situasi seperti ini bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Akibatnya, kamu tidak bisa melakukan panggilan telepon dan mengirimkan pesan singkat.

Kehabisan saldo di saat mendesak bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Akibatnya, kamu tentu tidak bisa melakukan panggilan telepon atau mengirimkan pesan. Jika ini sudah terjadi, biasanya apa yang kamu lakukan?

Pada dasarnya, kamu bisa melakukan dua hal untuk mengatasi masalahmu tersebut. Cara pertama adalah dengan meminta pulsa dari pengguna nomor operator serupa, atau membelinya di layanan online seperti yang disajikan oleh Traveloka.

Kamu bisa melakukan cara pertama dengan sangat mudah, jika kamu adalah seorang pengguna nomor beroperator IM3. Pasalnya, operator ini memberikan layanan yang memungkinkan kamu mendapatkan saldo dari sesama pengguna lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan sebelum melakukan hal tersebut. Kamu harus menemukan seseorang yang menjadi pengguna IM3 atau Indosat lainnya (Mentari, Matrix). Orang tersebut harus rela mengirimkan sejumlah dana pulsa untuk bisa kamu gunakan secepatnya.

Nantinya, kamu bisa membayarkan biaya yang dikeluarkannya dengan uang tunai atau transfer rekening. Sehingga kamu tidak perlu merasakan kesulitan untuk berkomunikasi.

Cara minta pulsa untuk IM3 bisa dilakukan dengan teknik-teknik tertentu. Selain itu ada juga beberapa syarat yang harus dipenuhi si pemberi, sebelum bisa mengirimkan saldo ke nomor operator IM3 lainnya.

Apa saja hal tersebut? Simak ulasan berikut ini:

Cara Transfer

Setelah kamu mendapatkan seseorang yang bisa diminta pertolongan untuk melakukan transfer, maka proses transaksi bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Cara yang bisa dilakukan adalah :

Mengirim pesan ke 151

151 adalah kode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan proses transfer. Minta teman kamu untuk mengirimkan pesan ke nomor 151 dengan format: TP (spasi) nomor tujuan (spasi) nominal.

Misalnya, jika kamu membutuhkan nominal sebesar Rp10.000 darinya dan dikirim ke nomor 085790188***, maka minta dia untuk menuliskan TP 085790188*** 10000.

Dalam waktu yang sangat cepat, teman kamu akan mendapatkan notifikasi pengiriman. Dia hanya perlu mengetik “YA” untuk membalas pesan tersebut sebagai bentuk persetujuan. Dengan begitu, saldo baru akan segera masuk ke dalam ponselmu.

Dalam waktu yang sangat cepat, teman kamu akan mendapatkan notifikasi pengiriman. Dia hanya perlu mengetik “YA” untuk membalas pesan tersebut sebagai bentuk persetujuan. Dengan begitu, saldo baru akan segera masuk ke dalam ponselmu.

Sumber gambar: 4.bp.blogspot.com

Syarat Transfer

Sebelum kamu meminta bantuan seorang teman untuk melakukan transfer, maka kamu perlu mengetahui syarat-syarat yang berlaku untuk proses transfer tersebut, antara lain:

      a.  Sisa saldo
Pastikan teman tersebut memiliki saldo minimal Rp5.600, karena mereka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp600 untuk proses transfer. Nominal saldo akan berkurang sesuai dengan yang diinginkan ditambah dengan biaya administrasi.

     b.  Nilai transaksi
Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar minimal Rp5.000 hingga Rp100.000 lewat proses ini. Bahkan kamu dan temanmu bisa melakukan proses ini berulang kali. Namun, batas maksimal yang bisa dikirim saat proses ini adalah Rp200.000

     c.  Masa aktif saldo penerima
Saat ingin melakukan proses transfer, kamu harus memastikan bahwa kartu dan masa aktif saldo berada dalam masa aktif. Hal ini berlaku bagi penerima transfer, yaitu kamu. Jika kartu dan saldo terakhir yang kamu gunakan berada dalam masa tenggang atau tidak aktif, maka proses transfer akan gagal secara otomatis.

Layanan Pulsa Darurat

Selain mengandalkan transfer, kamu juga bisa menggunakan layanan ini untuk bisa tetap melakukan komunikasi. Syarat yang diperlukan adalah kamu telah tercatat sebagai pelanggan, lebih dari enam bulan. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan layanan ini dalam keadaan mendesak

Tanpa ada syarat khusus, kamu bisa mendapatkan nominal secara gratis dari operator. Hanya dengan menekan nomor *505# dari ponsel, maka kamu akan mendapatkan notifikasi perihal permohonan tersebut.

Kamu bisa mendapatkan nominal sebesar Rp2.000 dari operator yang berlaku selama 24 jam. Jika kamu tidak menggunakannya selama jangka waktu tersebut, maka nominal tersebut akan hangus dengan sendirinya.

Kamu tidak akan terkena potongan apapun saat menggunakan layanan ini. Namun, jika di waktu selanjutnya kamu melakukan pengisian ulang, maka pihak operator akan secara otomatis memotong saldo yang terdapat di ponselmu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah nominal saldo di ponselmu saat keadaan mendesak. Jadi, cara manakah yang akan kamu pilih?