Network atau jaringan komputer bisa dikategorikan berdasarkan tiga hal, jarak, hubungan fungsional, topologi jaringan dan fungsi yang sifatnya khusus. Tiga komponen utama dalam sebuah jaringan komputer yang sangat terkait erat adalah klien, workstation dan server. Masing-masing dari ketiga komponen ini memiliki peran dan fungsi masing-masing namun gabungan dari ketiganya akan membentuk satu kesatuan pada sebuah jaringan komputer.

Sebelum mempelajari jenis-jenis networking komputer maka ada baiknya memahami tiga komponen utama dalam dunia networking.
Klien
Dalam networking, klien merupakan sebuah program atau komputer yang melakukan permintaan kepada komputer lain atau program yang berjalan pada komputer lain untuk mendapatkan informasi tertentu yang dibutuhkan oleh klien tersebut. Awalnya istilah klien ditujukan kepada terminal komputer yang tidak bisa menjalankan program tapi bisa melakukan komunikasi dengan komputer lain melalui jariangan yang ada.
Workstation
Komputer workstartion merupakan komputer yang dipakai untuk mengekseskusi sebuah aplikasi dan sambil tetap terkonksi dengan server untuk kebutuhan file sharing dan sebagainnya. Komputer jenis PC atau yang sifatnya pribadi bisa dikategorikan sebagai workstation.
Server
Server adalah program atau komputer yang menyediakan informasi atau file-file penting lainnya kepada klien-klien yang terhubung dengan server melalui network. Server didukung oleh program atau  software dalam menjalankan tugasnya, seperti file sharing, tempat untuk media penyimpanan yang mengijinkan klien untuk mengakses dan menggunakan informasi tersebut. Server juga menyediakan layanan tertentu seperti domain system bagi klien-klien dan workstation pada jaringan sehingga akses ke server menjadi lebih mudah.

Berdasarkan hubungan fungsional jenis jaringan terbagi atas peer-to-peer, client-server dan Mainframe. (klik untuk membaca uraian singkatnya )

Berdasarkan kategori jarak, jenis jaringan terbagi menjadi tiga bagian, Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) dan Metropolitan Area Network (MAN). (klik untuk membaca uraian singkatnya )