Oleh yayasan Lupus Foundation of America (LFA), penyakit Lupus didefinisikan sebagai penyakit yang sifatnya kronis, lupus merupakan penyakit autoimun yang dapat merusak seluruh bagian tubuh (kulit, sendi, dan atau organ dalam tubuh lainnya).omega3-dapat-membantu-mencegah-penyakit-lupus

Gambaran umum penyakit Lupus itu seperti berikut:

Dalam tubuh manusia terdapat system autoimmune yang bertugas melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri dan benda asing lainnya yang dianggap berbahaya.

Pada penderita lupus yang terjadi adalah sebaliknya, lupus memicu sistem autoimun pada tubuh kita untuk menyerang jaringan tubuh yang sehat.

Menurut para ahli, lupus itu polanya sama, namun penyebab terjadinya Lupus sangat bervariasi dan merupakan kombinasi dari faktor eksternal dan internal, misalnya karena faktor genetika dan juga karena pertemuan secara acak antara virus-virus saat kita berada di sebuah tempat terbuka.

Berbahayakah Lupus itu?

Lupus menyerang sistem kekebalan tubuh kita dan menghancurkan sel-sel yang sehat, jaringan dan organ lainnya. Target yang paling umum adalah kulit, otak, ginjal, paru-paru, organ dan jaringan lainnya.

Khabar gembira

Para ilmuwan di Michigan State University (MSU) baru-baru ini melaporkan berita menggembirakan bagi para penderita Lupus.

Hasil laporan MSU dalam jurnal PLoS One, menunjukkan bahwa asam docosahexaenoic, atau DHA, yang merupakan salah satu jenis asam lemak omega-3, diketahui dapat mencegah kontaminasi mineral beracun yang berpotensi menyebabkan penyakit Lupus.

Dibuktikan dengan melakukan percobaan

Percobaan tersebut dilakukan dengan menggunakan tikus yang mengalami luka pada paru-paru akibat terkena kontaminasi zat crystalline silica yang beracun dan dapat menyebabkan penyakit Lupus.

Hasil percobaan tersebut diketahui bahwa DHA omega 3 dapat menghentikan efek racun dari crystalline silica yang dapat memicu Lupus.

Apa itu Zat crystalline silica?

Zat crystalline silica  adalah zat dari lingkungan luar tubuh yang berbahaya dan dapat menyebabkan Lupus.

Menghirup atau terpapar zat crystalline silica merupakan faktor dari lingkungan sekitar yang dapat menyebabkan seseorang dapat terkena penyakit Lupus.

Zat crystalline silica terkandung dalam bahan material bagungan seperti batu bata dan semen atau beton.

Partikel-pertikel halus dari bahan bangunan yang terbang dan tertiup angin lalu masuk ke dalam paru-paru dapat menyebabkan luka pada paru-paru dan memicu penyakit Lupus dan juga kanker paru-paru.

Bagaimana DHA dapat Mencegah Lupus

Percobaan yang dilakukan oleh para peneliti dari Michigan State University adalah sebagai berikut:

1. Dibuatlah beberapa kelompok tikus-tikus betina yang cenderung untuk terkena penyakit lupus, masing-masing kelompok diberi salah satu dari empat jenis program diet dengan persentasi kadar DHA yang berbeda: 0,4 persen, 1,2 persen, 2,4 persen.

2. Setelah dua minggu, ke empat kelompok tikus tersebut diberi atau dipapari dengan 1miligram Zat crystalline silica setiap minggu selama empat minggu.

3. Hasilnya adalah tikus-tikus yang diberi DHA paling rendah tidak menunjukan perubahan pada luka yang terdapat pada paru-paru mereka akibat terkena racun dari Zat crystalline silica, tetapi pada tikus-tikus yang diberikan Omega

3 DHA di atas kadar paling rendah menunjukan terjadi penyembuhan sekitar 96 atas luka yang ada pada paru-paru tikus-tikus tersebut.

James Pestka, salah satu peneliti mengatakan bahwa studi yang dilakukan tersebut membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi lemak omega 3 DHA dapat mencegah penyakit Lupus yang disebabkan oleh faktor yang berasal dari lingkungan sekitar yaitu akibat polusi bahan bangunan yang mengandung sat crystalline silica.

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi Lemak Omega3 yang banyak.

Baca juga penjelasan lengkap tentang Omega3 di link ini.

Sumber: mercola.com