Setelah menerbitkan bagian pertama panduan lengkap membangun jaringan wireless ( klik di sini untuk cek bagian pertama ) maka pada posting kali ini saya akan melanjutkan tentang bagaimana membangun sebuah jaringan Wireless LAN dengan teknologi WiFi.

Langkah selanjutnya atau langkah kedua adalah sebagai berikut:

2.    Mendata dan membuat rancangan disain jaringan

Setelah mengetahui apa saja jenis tolopogi jaringan WLAN yang dapat diterapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendataan perangkat apa saja yang ada dalam rumah atau kantor kita yang mau dikoneksikan secara Wifi.

  • Mendata perangkat wifi klien yang ada

Caranya adalah buatlah sebuah tabel seperti berikut ini misalnya:

Jenis perangkat Wifi Klien Posisi Letak /  Mobilitas Jumlah Materi Penghalang ke Access Point
Laptop Ruang tengah, kamar tidur / Tetap dan kadang-kadang berpindah2 2 Terhalang dinding tembok dan tidak terhalang
Dekstop PC Ruang belajar/ tetap 1 Dinding Tembok
Hape/ tablet Selalu bergerak berpindah tempat 4 Relatif, bisa terhalang bisa tidak
Printer Ruang belajar / Tetap 1 Tidak terhalang

Kita bisa menganggap bahwa untuk pemakaian di sebuah rumah,  jarak terjauh adalah kurang lebih 30 meter, namun yang menjadi konsen kita adalah penghalang antara Wifi klien dan Wifi Access Point.

Setelah data-data kita dapatkan maka kita fokuskan terlebih dahulu untuk mendesain seperti apa model jaringan WLAN yang akan dibuat di internal rumah atau kantor kita.

  • Mendesign model jaringan WLAN

Karena banyak Wifi yang klien yang ingin terhubung secara bersamaan maka topologi yang kita pilih adalah topologi Point to Multi Point.

Perangkat biru di bagian tengah merupkan perangkat Access Point yang bertugas sebagai penghubung bagi Wifi klien agar bisa saling berkomunikasi

Alasan Topologi point to multi point yang dipilih adalah karena jumlah perangkat komputer yang ingin terhubung secara atau menggunakan Wifi lebih dari 2.

  • Menentukan perangkat wifi yang dibutuhkan untuk mendukung topologi Point to Multi point.

Dalam jaringan Wireless LAN jenis point to multi point, terdapat sebuah perangkat wifi yang fungsinya sebagai pusat koneksi di mana perangkat tersebut berfungsi sebagai penghubung bagi perangkat lain yang akan terkoneksi. Perangkat tersebut dinamakan sebagai Access Point.

Perangkat Wifi Access Point adalah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung bagi perangkat wifi klien yang berjumlah lebih dari satu agar bisa saling terkoneksi.

  • Penjelesan singkat terkait Access Point.

Seperti pada jaringan kabel, setiap perangkat wifi klien hanya dapat terkoneksi secara langsung dengan satu perangkat lainnya. Nah… agar sebuah perangkat wifi klien dapat terkoneksi dengan beberapa perangkat lain secara bersamaan maka dibutuhkan sebuah terminal penghubung secara juga.

Pada jaringan kabel, terminal penyambung secara wifi itu adalah hub atau switch sedangkan pada jaringan wireless LAN terminal tersebut adalah Access Point.

  • Memastikan perangakat apa saja yang mesti disiapkan dalam membangun jaringan WLAN

Jumlah klien sudah kita pastikan, begitupun juga dengan topologi jaringan yang mau kita pakai. Karena jumlah klien lebih dari satu maka kita menggunakan topologi Point to multi point.

Oleh sebab itu perangkat tambahan yang mesti disiapkan adalah Wifi Access Point.

Jadi total perangkat yang kita butuhkan dalam membangun sebuah jaringan WLAN adalah:

a. Wifi Access Point

b. Wifi klien, biasanya wifi klien sudah terintegrasi dalam perangkat komputer.

  • Tambahan koneksi lain

Jika ada kebutuhan lain untuk membagi koneksi internet atau untuk memperluas jaringan, misalnya dengan rumah tetangga atau rumah saudara yang letaknya berjauhan maka anda mesti menyiapkan satu koneksi ke rumah tersebut.

Akan tetapi sebelum itu langkah awal yang  anda mesti lakukan adalah  membuat survey terhadap kondisi antara rumah kita dan rumah atau lokasi yang mau dituju, survei yang dilakukan meliputi:

  • Jarak antara kedua lokasi
  • Kondisi Line of Sight atau ada tidaknya halangan antara kedua lokasi tersebut.

Tahap pendataan dan disain model susunan jaringan sudah selesai…

Proses atau tahapan berikutnya akan saya bahas pada posting berikutnya…

Terima kasih atas kesabaran anda untuk menunggu