Saat akan membeli sebuah peralatan atau perangkat Wireless access point, wireless router dan Network Card wireless,  biasanya kita akan disajikan sebuah menu spesifikasi yang berisi kemampuan dan kelebihan dari perangkat tersebut.

Tidak semua yang tertera dalam daftar menu bakal terpakai oleh kita. Untuk itu pastikan anda memahami poin-poin yang tertera dalam spesifikasi tersebut sesuai dengan yang benar-benar dibutuhkan.

Berikut adalah hal-hal penting yang tertera dalam daftar spesifikasi dari sebuah perangkat wireless yang mesti dipahami dengan baik.

1.    Cek dan pastikan jenis Judul dari menu spesifikasi.
Pada nama produk dari perangkat tertera type dan jenis wireless tersebut;

a.    Access Point; Access point fungsinya sama seperti hub atau switch pada jaringan kabel. 
b.    Wireless Router; Wireless router berarti perangkat wireless tersebut memilki fitur-fitur sebuah router.
c.    WiFi Range Extender; Perangkat wireless ini fungsi utamanya adalah sebagai penguat sinyal.  
d.    Network Card Wireless; Perangkat wireless ini dipakai atau diperutukan bagi komputer yang tidak memiliki wireless adapter atau koneksi tanpa kabel. Komputer yang hanya memliki LAN adapater atau koneksi ke jaringan dengan kabel, butuh network card wireless agar bisa terkoneksi dengan wifi.

2.    Protocol IEEE 802.11
Protocol IEEE 802.11 adalah aturan Internasional yang mengatur tentang standarisasi dari wireless fidelity.
a.    802.11b; menyatakan bahwa wifi bekerja pada frekuensi 2.4 GHz, data ratenya maksimum 11 Mbps.
b.    802.11g; menyatakan bahwa wifi bekerja pada frekuensi 2.4 GHz, data ratenya maksimum 54 Mbps.
c.    802.11n; menyatakan bahwa wifi bekerja pada frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz, data ratenya maksimum 300 Mbps.
d.    802.11a; menyatakan bahwa wifi bekerja pada frekuensi 5 GHz, data ratenya maksimum 54 Mbps.
e.    802.11ac; menyatakan bahwa wifi bekerja pada frekuensi 5 GHz, data ratenya maksimum 1300 Mbps.

Penjelasan lengkap terkait protocol IEEE 802.11 klik di sini.

3.    Antenna

Kekuatan antenna menentukan jangkauan sinyal dari perangkat wireless, semakin besar power atau antenna gain (ditulis dalam satuan  dB) atau semakin tinggi nilai dB maka semakin jauh jangkauan sinyal wifi tersebut.

Penjelasan lengkap tentang antenna wi-fi klik di sini.

4.     Encryption
Encrytion adalah sistem pengaman pada jaringan wireless, biasanya tertera : 64/128 bit WEP, WPA-PSK/WPA2-PSK, Wireless MAC Filtering
a.    WEP adalah system pengaman yang tidak begitu baik.
b.    WPA adalah pengaman generasi setelah WEP.
c.    WPA2 adalah system pengaman terbaru yang direkomendasikan.
d.    Wireless filtering adalah system pengaman yang menggunakan mac address dari clientnya, dengan mengetahui mac address milik clientnya maka sebuah access point atau wireless router dapat memblok atau mengijinkan clientnya untuk mengakses ke jaringan.

e.    Operating Frequency

Operating frequency menyatakan bahwa pada range frequency mana wireless tersebut bekerja.
Jika tertera  keterangan seperti ini; 2.4 – 2.4835GHz maka berarti perangkat wi-fi tersebut bekerja pada frekuensi 2.4 -2.4835 GHz.

Informasi ini penting karena jika suatu saat anda ingin menambahkan antenna tambahan untuk kebutuhan menambah power antenna sehingga jangkauannya lebih jauh, maka harus dipastikan bahwa antenna tambahan tersebut bekerja pada frekuensi yang sama dengan frekuensi perangkat wi-fi.

f.    Outdoor atau Indoor dan Suhu
Biasanya jika pada spesifikasi tidak tertera lingkungan atau lokasi pemakaian wireless maka penggunaannya adalah pada lingkungan indoor atau dalam ruangan.

Bisa juga dipakai diluar ruangan tapi dengan ketentuan tidak terkena air dan suhu mendukung operasional dari perangkat tersebut. Cek juga berapa suhu ideal bagi perangkat wireless tersebut untuk bekerja.

Untuk perangkat outdoor akan tertera pada judul menu spesifikasi dari perangkat tersebut. 

g.    Kelengkapan Paket
Kelengkapan paket  menyatakan apa saja yang ada dalam dus dari perangkat yang akan dibeli. Atau dengan kata lain jika anda membeli maka apa saja yang menjadi hak anda. Penting untuk dicermati, pastikan bahwa isi dari paket tersebut memudahkan anda dalam menginstall.

Jika mengetahui arti dan makna yang tertera pada spek dari sebuah perangkat wi-fi maka akan mudah bagi anda untuk menentukan apa yang menjadi kebutuhan anda sehingga tidak salah dalam membeli.