Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kejuaraan sepak bola piala Eropa sampai dengan saat ini masih dipegang oleh pemain legendaris Prancis, Michel Platini dengan total 9 gol.

Pencetak gol terbanyak kedua dipegang oleh pemain Inggris Alan Shearer dengan 7 gol, diikuti oleh 4 pemain yang mencetak 6 gol bagi negara mereka di ajang Piala Eropa. Keempat pemain tersebut dua berasal dari Belanda yaitu Patrick Kluivert dan Ruud van Nistelrooy, dua pemain lainnya adalah Thierry Henry asal Prancis dan Nuno Gomes yang berasal dari Portugal.

Beberapa bintang sepak bola di era akhir 80-an sampai awal 2000-an seperti Jürgen Klinsmann, Savo Milošević, Marco van Basten dan Zinedine Zidane, hanya menempati posisi ketiga daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa kejuaraan sepak bola antar negara Eropa dengan 5 gol.

Legenda Prancis, Michel Platini, hanya membutuhkan satu putaran final piala Eropa, yang digelar di negaranya untuk menobatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Eropa. Rekor mencetak gol terbanyak dalam sebuah kejuaraan Piala Eropa oleh Platini, sampai dengan saat ini belum bisa dipecahkan oleh siapapun.

Tahun depan, 2012, putaran final piala Eropa kembali digelar. Bintang Spanyol David Villa kemungkinan akan mengambil alih puncak top skor atau setidaknya menggeser posisi kedua dan ketiga pencetak gol terbanyak di Piala Eropa saat ini.

Villa yang kini bermain untuk klub Barcelona, telah memastikan timnya akan tampil di Ukraina dan Polandia tahun depan. Dengan berbekal 4 gol yang didapatnya pada putaran final 2008 di Austria dan Swis maka cukup dengan 5 gol saja, Villa sudah menyamai total gol dari sang legenda Prancis itu.

Dan jika beruntung bisa mencetak 6 gol, maka tentunya Villa akan menggeser Platini, tentunya dengan catatan bahwa tidak ada pemain lain yang bisa mencetak lebih dari 10 gol.
Kita tunggu saja.