Saya terpaksa lihat dan cek daftar harga kipas angin di toko online karena merasa harga kipas angin tempel dinding di toko biasa jauh lebih mahal, terutama untuk merk-merk dengan kualitas bagus.

Tapi saya kecewa, ternyata harganya kurang lebih sama, bahkan di toko online, total yang mesti kita bayar jadi lebih mahal karena harga ongkos kirimnya yang besar, mengingat satu set kipas angin itu mencapai 5 atau 6 Kg.

Caaaari teruuuuuus, sampai akhirnya ketemu juga yang murah, dapat merk National Gold 16 inch seharga 135 ribu.

Wah murah tuuuh .. maklum aja, kipas angin type ini kalau merknya cosmos bisa seharga di atas 250 ribu.

Lihat komentarnya ulasan yang beli, rata-rata bilang bagus. Akhirnya saya beli juga… Kirim pakai GoJek 6 jam, jam 5 sore udah sampai rumah, paket 4 Kg Kipas Angin Dinding Ukuran 16 Inchi seharga, 135 ribu, + 19 ribu ongkir, dikurangi OVO point 30 ribu, jadi total bayar cuma 125 Ribu…. Mantap juga nih..

Setelah 30 menit dirakit, kipas angin siap untuk di tempel di dinding, saat dicolok kipas langsung mutar karena posisi switch memang berada di posisi 1, saya lalu tarik talinya untuk pindah ke posisi 2 namun karena mungkin tarikannya terlalu kuat, kipas angin tidak berputar lagi.

Cape deeh…

  Saya bongkar kipas angin, pada bagian switching ketemu masalahnya. Ternyata plat switching ada yang copot dan tidak tersambung, akibatnya tidak ada aliran listrik yang mengalir. Kualitas switching nya sangat ringkih.

Switching bawaan kipas angin yang rusak

Saya coba benarin dengan menyolder dan melakukan perbaikan secara maksimal; Tetap tidak berhasil…. Sialan…Beginilah nasib kalo beli barang murah….(  menggerutu saya dalam hati ).

Tapi saya tidak patah semangat, akhirnya saya dapat ide, saya tukar perangkat switching sistemnya dengan kipas angin lama saya yang sudah rusak ( merk cosmos, kualitas switchnya jauh lebih bagus, harganya jauh lebih mahal soalnya). Berhasil.

Saran saya, kalo menarik tali switchnya pelan-pelan saja karena mudah rusak.

Meskipun harganya murah dan kualitas bahannya ringkih, tapi ada kelebihaan dari kipas angin ini yang membuat saya kagum, apa itu? Penggerak untuk geleng-geleng ke kiri-kanan-nya berupa sebuah motor kecil berdaya 4 watt, beda dengan kipas angin merk lain yang penggerak-nya jadi satu dengan poros utama pemutar kipas. Ini yang membedakan kipas angin ini dengan kipas angin lainnya.

Di samping itu kelebihan lainnya adalah daya maksimumnya hanya 45 watt

Jadi kalo punya kipas angin rusak jangan langsung dibuang ya: Solusi untuk spare part  yang ringkih tersebut rencananya akan saya ganti dengan spare part  kipas angin lama saya yang masih bagus, seperti kawat jala-jala.

Jadi menurut saya produk ini ada plus minusnya, sesuai dengan harganya yang cukup murah, tapi anda mesti hati-hati dan siap menanggung resiko cepat rusak  seperti yang saya alami.