Nah ini dia kendala yang paling besar dalam membuat rak buku yaitu peralatan yang akan digunakan. Karena bukan tukang kayu maka pasti kita tidak punya alat yang cukup untuk mengerjakannya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan peralatan tersebut, antara lain:

  • Pinjam ke tetangga atau saudara

Meminjam peralatan akan membuat kita cukup menghemat biaya tapi biasanya tidak semua peralatan dibutuhkan yang akan kita dapatkan sesuai keinginan karena tetangga pun belum tentu memiliki peralatan yang lengkap layaknya tukang.

Kalau mau pinjam, sekalian saja ke tukang kayu terdekat dan sekalian minta dibuatin, hahaha… Itu sih sama saja dengan membeli…

  • Dengan membeli sendiri peralatan yang diperlukan

Beli sendiri??? Apa saja dan berapa banyak yang mesti dibeli? Tenang dulu… Saya punya tipsnya kalau mau beli peralatan tukang.

Pertama, beli online…. Harganya lebih murah..

Kedua, beli langsung di pusat penjualan peralatan tukang… Harganya juga pasti lebih murah juga.

Ketiga, Jangan beli semua alat sekaligus, belinya dicicil satu-satu.

Dengan membeli peralatan maka kita bisa menggunakannya lagi untuk pekerjaan lainnya selain membuat rak buku, tanpa harus meminjam ke sana sini.

Peralatan yang mesti dimiliki jika ingin membuat rak buku sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Gergaji listrik, jigsaw.

Alasan menggunakan gergaji listrik Jigsaw adalah :

Pertama, hemat tenaga.

Bayangkan, kita mesti memotong multipleks setebal 1,5 cm dengan jumlah potongan yang banyak, sangat menguras tenaga kalau pakai gergaji manual.

Kedua, Gergaji listrik Jigsaw lebih presisi dan hemat waktu.

Kita tinggal membuat garis pola dan geser gergagi mesin yang sudah siap digunakan. Proses pemotongan kayu pun jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan gergaji manual.

Atas masukan dari orang-orang yang saya baca di forum-forum internet, merk gergaji listrik yang paling bagus adalah Bosch dan Makita. Saya putuskan untuk membeli gergaji mesin Jigsaw Bosch GST 65 E.

Waktu itu, sekitar Desember 2016, saya beli di toko online bukalapak.com, seharga 800 ribu dengan bonus dapat 5 mata gergaji untuk almunium dan 5 mata gergaji untuk kayu.

  1. Pengaris siku dan pensil tukang

Penggaris siku sangat berguna untuk membuat pola garis siku dan juga untuk memastikan sudut-sudut pada arak sudah 90 derajat sebelum kita memaku atau menyekrupnya.

Waktu itu saya membeli penggaris siku seharga 20ribu dengan panjang 30cm di toko material, kualitasnya tidak terlalu bagus dan tidak ada merk.

Saya lalu mencari ke toko bangunan yang lebih besar dan menemukan merk Prohex seharga 40 ribu dengan kualitas yang sangat bagus.

Alasan memakai pensil tukang adalah karena lebih tahan dibandingkan dengan pensil biasa saat digunakan untuk membuat garis pola pada papan kayu.

  1. Penggaris panjang

Saya membeli penggaris panjang di toko buku, 100cm terbuat dari besi seharga 35 ribu dan cukup bagus kualitasnya.

  1. Palu pemukul

Saya membeli palu pemukul yang lengkap dengan pencabut pakunya seharga 70 ribu dengan kualitas yang cukup bagus. Pegangan tidak licin dan tidak terlalu berat.

  1. Gergaji manual

Gergaji manual tetap kita perlukan untuk memotong potongan yang kecil dan tidak terlalu membutuhkan tenaga. Saya membeli gergaji seharga 60 ribu dengan kualitas yang cukup bagus.

  1. Bangku kerja

Bangku kerja berguna untuk meletakan papan yang mau kita potong atau gergaji. Bangku kerja saya buat sendiri dari balok-balok sisa waktu renovasi bagian belakang rumah.

Bangku kerja saya buat serapi mungkin dan dicat rapih agar bisa dipakai duduk di teras kalau sedang tidak digunakan.

Nah, kira-kira begitu peralatan yang digunakan untuk membuat sebuah rak buku.

Selanjutnya saya akan membahas tentang bahan yang digunakan dan seperti apa hasil rak buku yang saya kerjakan.