Beberapa waktu lalu di tahun ini, anak saya tepat berusia 8 tahun, sebelum hari ulang tahunnya ia meminta untuk dibelikan beberapa paket pilihan hadiah.

Anak sekarang memang banyak tuntutannya, tapi sebagai orang tua kita mesti mempertimbangkan dari segala aspek, tidak hanya sekedar menyenangkan buah hati kita.

3 Hadiah kriteria si kecil itu tidak ada yang pas menurut sudut pandang saya sebagai orang tua, pilihan hadiah yang ia mau adalah tablet, smartphone atau mainan tembakan Nerf.

Wah rasanya tidak ada yang cocok untuk mendukung aktivitas fisiknya, maklum selama ini dia hanya sibuk dengan hape ibunya atau nonton tv atau main game PC, bagi saya lebih baik membelikan dia sebuah hadiah yang dapat membuatnya keluar bermain di luar rumah dan lebih banyak bersosialisasi bersama teman-teman sebayanya secara langsung, bukan lewat virtual gadget.

Oke, setelah berdiskusi dengan sang ibu maka kami pun memutuskan untuk membelikan dia sebuah sepeda lipat. Setelah mencari sana sini akhirnya ketemu juga sepeda lipat yang bagus.

Setelah itu kami coba tawarkan kepada jagoan kami dan ia setuju, walaupun kurang begitu antusias namun ia tetap terima jika dibelikan sepeda.

Apa dasar pertimbangan kami untuk membelikan hadiah sepeda lipat kepada anak laki-laki kami?

1. Sepeda lipat membuat anak jadi lebih banyak beraktivitas secara fisik

Sebelumnya memang anak kami sudah punya sepeda namun karena sepeda lamanya tidak cocok lagi buat dia maka kami berikan kepada saudara.
Sejak saat itu ia tidak punya sepeda dan lebih banyak di rumah saja, nonton TV dan bermain hape, sangat sedikit aktifitas fisiknya.

2. Anak jadi lebih sering bersosialiasi secara alami bersama teman-teman sekitar rumah

Salah satu alasan anak tidak mau keluar rumah adalah karena ia tidak punya sepeda, sedangkan rata-rata teman-temannya punya sepeda. Dengan adanya sepeda maka kami berharap dia mau bermain dan bersosialisasi bersama teman-teman di sekitarnya.

3. Hemat listrik

Hahhaha, dengan adanya sepeda harapannya adalah si jagoan mulai jarang nonton tv dan sesekali saja menyalakan komputer untuk bermain game PC, jadinya lebih hemat bayar listrik.

Saat mengecek harga sepeda di Acehardware Bekasi tidak ada diskon, harga sepeda lipat AirWalk 1,7 Juta dan ternyata di AceHardware dekat kantor ada diskon, wah senangnya( dasar.. muka diskon… hahahah ).

Dari harga 1,7 jadi 1,5 dan karena pake kartu kredit dapat bonus diskon jadi 1,3 juta… Wah mantap banget.
Nah sekarang bagaimana bawa pulangnya… Mesti naik taksi nih, wah gawat harga diskon bisa jadi harga normal niih….

Tenang, tinggal cari tumpangan teman kantor yang bawa mobil, ada yang ke arah Bekasi atau tidak. Ternyata ada teman yang mau pulang ke arah Halim Perdana Kusuma.

Lumayan daripada dari Grogol ke Bekasi naik taksi. Setiba di Cawang, tengok kiri kanan, ketemu taksi langsung tancap ke Bekasi, ongkos taksi dari cawang ke Bekasi sekitar 80 ribu rupiah.

Setiba di rumah si kecil baru saja mau tidur, langsung dibangunin dan dia sangat senang dan antusias dengan sepeda barunya.

Setelah memiliki sepeda baru, ternyata benar perkiraan saya; dia lebih sering keluar untuk bermain dengan sepedanya. Dia begitu sibuk dengan sepeda barunya, kotor sedikit saja sepeda langsung di cuci atau dilap.

Begitulah, kalau anda punya anak laki-laki sebaiknya belikan dia hadiah berupa barang yang dapat membuatnya lebih banyak beraktivitas secara fisik di luar rumah.

Semoga berguna.