Pengalaman Mengganti Micro SDAda beberapa pengalaman unik sekaligus pelajaran berharga yang didapat saat mengupgrade memory card atau micro SD untuk hp Smartphone. Setelah kapasitas Micro SD yang masih belum terpakai tinggal ratusan Mega Byte lagi maka sudah saatnya untuk pindahkan isinya.

Karena terlalu sering memindahkan data maka banyak data yang biasa dipakai sehari-hari seperti ebook ikut juga dipindahkan. Di saat butuh untuk dibaca via hp maka ebook itu sudah tidak ada lagi dan harus diambil lagi dari komputer, sungguh tidak praktis.

Untuk mengatasi itu maka jalan satu-satunya adalah ganti micro sd dengan yang kapasitasnya besar, dan pilihannya jatuh pada Micro SD Sandisk 32GB class 10 Speed Up to 48 MB/s.

Apa saja kejadian yang terjadi yang saya alami, dari mulai mencari toko yang harganya bersaing sampai memasangnya di handphone? simak yang berikut ini:

  1. Mencari Toko yang jual Micro SD Sandisk 32GB class 10 Speed Up to 48 MB/s

Ada dua toko online yang bisa dijadikan referensi harga yaitu bhineka.com dan viraindo.com. Bhineka.com biasanya menjual barang secara online dengan harga yang murah jika sedang ada promo, harga promo biasanya ditawarkan mendekati momen-momen tertentu, seperti bulan Puasa dan mendekati akhir tahun.

Jika tidak sedang promo, bhineka.com terkenal akan harganya yang cukup mahal namun pelayanannya cukup memuaskan. Sudah beberapa kali saya membeli secara online di bhineka, terakhir beli tas laptop.

Viraindo terkenal dengan harganya yang murah, saya sudah sering berbelanja di toko tersebut namun pelayanannya biasa-biasa saja. Harga yang tertera di website sering tidak update dan stok barang tidak sesuai dengan yang terdapat pada list di websitenya.

Harus konfirmasi dulu sebelum datang ke tokonya, jika tidak maka siap-siap kecewa jika barang incaran anda tidak ada stok. Barang-barang di Viraindo bisa dibeli secara online tapi sebaiknya anda langsung datang ke tokonya. Tidak tahu kenapa, saya tidak pernah membeli di viraindo secara online.

  1. Membandingkan harga

Langkah berikutnya adalah mengecek harga, di bhineka harga yang tertera adalah 205Ribu sedangkan di Viraindo harganya 215 Ribu. Di Bhineka harga total Micro SD Sandisk 32GB class 10 Speed Up to 48 MB/s adalah 216 Ribu sudah termasuk ongkos kirim. Sedangkan viraindo belum termasuk ongkos kirim atau biaya untuk datang ke lokasi.

Pilihan jatuh ke Bhineka.com

  1. Apa ada toko lain yang lebih murah? Apakah Bhineka dan Viraindo yang paling murah?

Setelah melakukan order dan transfer ke Bhineka maka selanjutnya tinggal tunggu barang datang. Saya coba mencari-cari mungkin ada toko lain yang menjual lebih murah, ternyata ada. Sayang sekali, Ya, Enterkomputer.com nama tokonya, harganya tidak tanggung-tanggung, Micro SD Sandisk 32GB class 10 Speed Up to 48 MB/s dikasih harga 150 Ribu, belum termasuk ongkir. Saya juga pernah membeli di toko ini tapi tidak sering, terakhir beli Casing HDD external . Nyesal banget, tapi mau bagaimana sudah terlanjur beli di Bhineka.com.

  1. Intalasi Micro SD di hp

Setelah barang datang ternyata ada adapter buat SD card-nya juga. Sebelum pasang di handphone, Micro SD diformat terlebih dahulu. Setelah ditancapkan ke card reader external ternyata Micro SDnya tidak terbaca oleh OS Windwos 7.

Saya teringat bahwa card reader tersebut sudah cukup lama saya beli, sekitar 7 tahun lalu dan selama ini saya pakai hanya untuk membaca micro sd sebesar paling besar cuma 2GB saja. Jadi kemungkinan Card Reader external itu tidak support sampai 32 GB. Akhirnya dengan terpaksa saya pasang juga ke handphone smartphone tanpa diformat.

Setelah terpasang ternyata yang terbaca cuma 28 GB

Setelah terpasang ternyata yang terbaca cuma 28.78 GB, hmmm kemana 3 GB itu, mungkin karena tidak di format maka jadinya seperti ini. Ya sudahlah pasang saja.

Demikian semoga pengalaman saya semoga berguna bagi anda.