Tidak terasa sudah 4 bulan anak saya menggunakan computer yang saya rakit dari spare part bekas, seperti Processor bekas, mobo bekas, PSU lama, casing bekas, monitor bekas, RAM bekas dan masih banyak lagi komponen bekas lainnya termasuk WiFi Adapter bekas.

Selama 4 bulan tersebut computer selalu dipakai oleh anak saya untuk mengikuti pelajaran jarak jauh dari sekolahnya.

Sejauh itu pula tidak ada masalah dengan komputernya, namun yang mau saya sampaikan di sini adalah performa computer, bisa dikatakan computer tersebut tidak terlalu maksimal performanya.

Saat dinyalakan, mulai dari POST sampai tampil prompt User Password, terasa agak lambat… Oh iya spek komputernya sebagai berikut:

1.Proccessor : Intel i5 3470 ( dicatatan tokopedia saya memesannya tanggal 29 April 2020 sama Mobonya)

2. Mobo: Motherboard ASUS H61M garansi 1 bulan

3. HDD: Seagate jadul 80 GB, mungkin sudah lebih dari 10 tahun usianya

4. RAM: DDR 3 4GB dua Keping, usianya sekitar 6 tahunan.

5. PSU: FSP 500 Watt Silver sudah 6 tahunan juga

Performanya terasa jauh kurangnya jika dibanding dengan computer di kantor yang pake SSD dan RAM 16 GB..

Akhirnya setelah 2 bulan berjalan, saya terpaksa mengupgrade RAMnya jadi 10 GB, karena RAM DDR 3 itu masih mahal jadi saya beli, 8 GB saja seharga 400 –an ribu.

Setelah itu performanya agak lumayan cepat, namun ada masih ada yang terasa kurang… Bunyinya hardisknya terasa mengiang-ngiang di telinga…. Mungkin karena hardisk tua kali ya.

Kali ini terpaksa mesti ganti HDD dengan SSD, akhirnya saya putuskan untuk memesan SSD Vgen di tokopedia. Saya cek ternyata yang harganya paling murah itu sekitar 200 ribu tapi kapasitasnya Cuma 120 GB, wah kecil sekali…

Cek lagi… cari-cari lagi ketemu yang 240 GB seharga 450ribu, langsung penjualnya, ready gak. Kata penjualnya ready dan kapasitasnya bukan 240GB tapi sudah 256GB dengan harga sama. Deal….

Langsung pesan, barang datang, install dan hasilnya tidak jauh beda dengan computer di kantor….. Loading cepat, semuanya cepat dan sunyi senyap, tidak berisik lagi… Anak senang…… Orang tua bahagia…

Jadi kalo anda mau upgrade atau mau rakit computer sebaiknya pakai SSD dan perbesar kapasitas RAM.

Semoga berguna