Cepat lambat proses browsing di internet tidak saja bergantung pada kecepatan atau speed yang kita dapatkan dari kesepakatan langganan dengan pihak provider internet atau ISP, kecepatan saat browsing juga dipengaruhi oleh kondisi browser yang kita gunakan.

Untuk memaksimalkan kecepatan browsing bisa dilakukan dengan melakukan yang berikut ini:

  1. Setting Browser agar tidak menampilkan gambar

Website-website yang ada saat ini tidak saja berisikan teks atau tulisan tapi juga banyak berisikan gambar dengan ukuran cukup besar. Saat kita mengakses ke website tersebut browser kita akan melakukan proses download data baik itu tulisan maupun gambar sehingga bisa ditampilkan pada halaman browser.

Gambar yang ada pada browser terdiri dari banyak macam dan jenisnya mulai dari banner iklan sampai foto HR, jika tujuan kita mengakses website tersebut adalah hanya untuk mencari tulisan atau artikel maka sebaiknya tidak perlu menampilkan gambar atau image.

Cara ini sangat bagus untuk mempercepat proses loading halaman karena ukuran teks file yang akan ditampilkan sangat kecil sehingga proses downloadnya sangat cepat, bahkan dengan koneksi internet yang lambat pun bisa selesai.

Bagaimana caranya agar browser tidak menampilkan gambar secara otomatis? Ikuti petunjuk berikut ini:

a.  Pada Firefox Browser

– Ketik pada bagian untuk input alamat  website > about:config , tekan enter

firefox non aktif gambar4Klik I’ll be carefull..

Setting flash player plugin firefox– Ketik atau input pada bagian search dengan kata-kata ini: permissions.default.image, lalu tekan enterfirefox non aktif gambar1

– Akan keluar hasil dari pencarian tersebut, klik kanan pada permissions.default.image

– Saat klik kanan pilih Modify

– Setelah itu muncul popups Window, ganti angka 1 menjadi angka2. Klik Ok

firefox non aktif gambar3default image– Selesai

b.  Pada Google Chrome

– Pilih dan klik pada bagian menu

chrome setting2– Klik Settings

– Pilih Advanced Setting

Setting flash player plugin google chrome2

– Pilih Content Setting

Setting flash player plugin google chrome3

– Pada bagian Image Pilih Do not show any images

crhome setting4      2.    Bersihkan history

Biasanya sebuah program yang berjalan pada jaringan komputer dengan model Client server akan menyimpan data-data yang sifatnya local, tujuannya adalah agar ketika pengguna menjalankan program tersebut dan saat pengguna butuh data yang mau ditampilkan maka system dari program tersebut tidak perlu repot-repot mencari ke server.

Yang dilakukan pertama adalah mencari data yang diminta tersebut di local atau di sisi komputer client. Jika pada komputer klien tidak ditemukan maka barulah system dari program tersebut mencari ke server tujuan.

Proses pencarian data yang berbelit-belit pastilah akan menimbulkan delay atau waktu tunda yang lama, sehingga proses pencarian data sampai ditampilkan memakan waktu yang lama. Inilah kurang lebih tujuan program browser menyimpan data yang sifatnya local pada sisi client.

Sama halnya pada sebuah browser, browser akan menyimpan semacam history atau pengingat terkait alamat dan data yang pernah dikunjungi. Jika apa yang dicari oleh pengguna masih ditemukan di komputer klien maka tidak perlu lagi mencarinya di komputer server.

Data history yang semakin menumpuk tentunya akan mebebani program browser karena system akan selalu mengecek di sisi history terlebih dahulu dan selanjutnya ke server website itu.

Proses tersebut tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibanding langsung mencarinya ke server. History yang terlalu banyak menumpuk juga menyebabkan kerja dari program menjadi lambat karena harus memproses data yang banyak.

Dengan membersihkan data history maka akan meringankan kerja dari browser dan proses pencarian data sampai ditampilkan menjadi lebih cepat.

Cara membersihkan data History pada Firefox dan Chrome

Firefox

Klik pada menu bar

historyPilih dan klik History

history2Klik Clear Recent History…

history4Pilih rentang waktu history yang mau dihapus

 

Google Chrome

Klik pada menu bar di sisi kanan atas

history3Cari History (Ctrl+H)

Pilih Clear Browsing Data

history5Pilih rentang waktu history yang mau dihapus