Apakah pemanfaatan jaringan wireless sama seperti pada jaringan kabel biasa? Jawabannya iya. Semua koneksi yang bisa dilakukan menggunakan jaringan kabel bisa juga dilakukan menggunakan wireless. Pada Local Area Network atau LAN, koneksi antara komputer biasanya menggunakan media kabel, dengan teknologi wireless media kabel tersebut bisa digantikan selama perangkat-perangkat tersebut mendukung untuk koneksi tersebut.

Seperti apa koneksi yang bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan wireless pada local area network atau Wireless LAN, berikut adalah berbagai bentuk pemanfaatan tersebut:

1.    Sharing File
Sama halnya pada jaringan kabel, koneksi melalui Wifi atau Bluetooth bisa juga dimanfaatkan untuk berbagi file antar sesama perangkat komputer pada jaringan.  Dengan menggunakan koneksi wifi maka perangkat Smartphone atau tablet yang tidak memiliki koneksi LAN melalui kabel UTP, dapat tersambung ke jaringan dan mengambil file atau berbagi file dengan komputer PC atau laptop tanpa harus menggunakan kabel data.
Antara komputer jenis PC dan laptop juga bisa saling berbagi file dengan koneksi wireless, tanpa harus ada kabel LAN ( cross ) yang tercolok di antara kedua jenis komputer tersebut.

2.    Sharing Printer
Agar printer bisa dipakai secara bersama-sama maka syarat utamanya adalah printer tersebut harus tersambung ke jaringan, perkembangan terakhir dari teknologi printer bahwa perangkat printer sudah bisa terkoneksi langsung ke LAN dengan menggunakan kabel LAN dan juga menggunakan koneksi WiFi. Berbagi printer dengan koneksi Wifi tentunya tidak ada bedanya dengan berbagi printer saat menggunakan koneksi kabel, sama saja yang terpenting antara komputer dan printer harus terkoneksi terlebih dahulu.

3.    Berbagi Koneksi Internet
Koneksi ke internet bisa juga dibagi ke semua anggota LAN dengan koneksi wifi. Membagi koneksi internet pada jaringan wifi tidak jauh berbeda dengan koneksi pada jaringan kabel. Pertama, harus ada sumber internet. Kedua, sumber internet harus memiliki koneksi ke jaringan wireless.

4.    Game on line Via WiFi
Bermain sebuah game bersama-sama dengan beberapa anggota komputer yang terhubung ke LAN bisa juga dilakukan melalui jaringan wireless.  Kekuatiran yang timbul adalah terkait dengan kapasitas bandwidth yang tidak mencukupi, namun teknologi wifi saat ini sudah cukup bisa untuk mengatasi problem wifi tersebut.

5.    Mengatur peralatan Audio Video
Peralatan elektronik seperti TV dan Sound Sistem juga sudah tersedia dengan koneksi wifi. Dengan begitu maka kita pun bisa mengatur peralatan-peralatan non komputer melalui perangkat komputer dan gadget kita.

Sebagai kesimpulan adalah fungsi utama koneksi wifi atau wireless adalah mengganti peran dan fungsi dari kabel. Semua konektivitas yang selama ini hanya bisa disambung dengan kabel kini bisa terhubung dengan koneksi tanpa kabel, bahkan koneksi antar perangkat yang sebelumnya susah dan sulit untuk dibuat kini terasa mudah dan cepat untuk dilakukan koneksi antar perangkat-perangkat tersebut.

Sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/mawari/5272103353/