Sejak ribuan tahun yang lalu tanaman Labu kuning sudah dikenal oleh orang Indian Amerika sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Suku Indian-lah yang memperkenalkan bagaimana cara membudidaya, mengolah dan menyimpan buah labu kepada para pendatang kulit putih dari Eropa.penjelasan-lengkap-tentang-manfaat-buah-labu-kuning-bagi-kesehatantubuh

Bagi orang Indian kuno, labu adalah sumber makanan yang berguna dan dapat tahan lama disimpan.

Beberapa suku Indian seperti:
– Suku Catawbas memakan biji labu karena baik untuk kesehatan ginjal.
– Suku Yumas membuat campuran dari labu dan biji Semangka untuk menyembuhkan luka
– Suku Menominees meminum ramuan bubuk labu dan biji labu untuk memperlancar buang air kecil

Labu kuning juga dikenal dalam tradisi kuno untuk pengobatan, misalnya untuk mengobati penyakit yang biasa terjadi pada kaum wanita.

Labu juga dalam pengobatan tradisional digunakan untuk mengobati radang ginjal dan membunuh parasit pada usus. Dan dalam sejarah pernah tercatat sebagai salah satu dari 4 bahan obat yang paling banyak digunakan pada abad ke 18.

Jaman sekarang labu digunakan untuk mengobati iritasi kandung kemih dan keluhan prostat.

Manfaat tanaman labu kuning dalam menunjang kesehatan tubuh

Hampir semua bagian dari tanaman labu dapat dimakan, termasuk daun dan bunga. Labu memberikan asupan zat yang berguna bagi tubuh seperti vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang berguna untuk kesehatan.

Labu merupakan salah satu tanaman yang selain berfungsi sebagai bahan makanan juga memiliki khasiat obat yang cukup besar karena adanya zat-zat alami yang unik.

Pada buah labu terkandung phyto-konstituen yang dikategorikan sebagai alkaloid, flavonoid, dan palmitat, oleat dan asam linoleat.

Labu juga diketahui mengandung atau memiliki sat yang bersifat anti-diabetes, antioksidan, anti-karsinogenik, anti-inflamasi dan lain-lain.

Selain sangat kaya akan vitamin A, labu juga mengandung Vitamin C, Kalium, Riboflavin , Tembaga dan Mangan.

Menurut Self Nutrition Data, meskipun tidak banyak tapi dalam labu juga terkandung terkandung bahan-bahan seperti berikut ini:
– Vitamin E (alpha-tocopherol)
– Vitamin B6
– Thiamin
– Iron
– Folate
– Magnesium
– Phosphorus
– Niacin

Zat yang paling banyak terkandung dalam buah labu kuning, yang berguna bagi tubuh adalah Beta Karotin.
Beta karotin merupakan zat antioksidan yang membuat warna buah labu menjadi berwarna kuning atau orange.

Fungsi Beta-karotin adalah sebagai berikut:

1. Carotenoids, berfungsi untuk menjaga jaringan tubuh kita dari proses oksidasi yang merusak sehingga tubuh kita lebih tahan terhadap serangan penyakit. Carotenoid juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan penuaan dini.

2. Lutein dan zeaxanthin yang biasa terdapat pada retina dapat membantu melindungi mata dari kerusakan dan meningkatkan daya penglihatan.

Manfaat Nutrisi Labu Kuning bagi tubuh

Semua zat yang terkandung pada labu kuning seperti vitamin, mineral dan zat bergizi lainnya memiliki efek bagi kesehatan kita. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Sama seperti biji-bijian lainnya biji labu mengandung banyak zat phytosterols yang berguna bagi kesehatan jantung.
Lembaga penelitian Research Gate, menyoroti bahwa dari sudut pandang gizi, kandungan asam lemak tak jenuh seperti oleic dan asam linoleic terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

2. Memulihkan tenaga setelah latihan

Satu mangkok labu yang sudah dimasak mengandung lebih banyak potassium dibandingkan pisang. Potassium merupakan zat pemulih tenaga yang konon paling banyak terkandung dalam pisang. Akan tetapi jika dibandingkan dengan Labu, kandungan potassium pada pisang masih kalah banyak.

3. Melindungi kulit

Zat Carotenoid dalam labu mengandung pigmen yang melawan pengerutan kulit, sat ini dapat membantu melembabkan dan membersihkan radikal bebas pada kulit Anda.
Zat Carotenoid juga membantu mencegah kerusakan pada kulit. Vitamin serta enzim yang banyak terkandung dalam labu juga membantu membersihkan kulit kita.

4. Membantu meningkatkan penglihatan jadi lebih baik

Kandungan vitamin A pada labu sudah jelas memberikan kita gambaran bahwa betapa berkhsiatnya Labu kuning bagi kesehatan mata kita.

5. Menurunkan resiko kanker

Sat Beta-karoten membantu melawan kanker karena mengandung immunostimulant yang berfungsi mengaktifkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Zat antioksidan dalam labu telah terbukti dapat menghambat kanker payudara.

Demikian yang dapat saya berikan terkait dengan buah Labu yang sering tidak terlalu dianggap berkhasiat bagi tubuh, semoga kita dengan tulisan ini kita sadar akan khasiat dan manfaat Labu kuning dan mulai mengkomsumsinya.

Semoga berguna