Yang mau dibicarakan di sini adalah tentang jambu biji bukan jambu air atau jenis jambu lainnya, alasannya karena jambu biji terutama yang buahnya besar dan daging buahnya yang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Jambu biji merah atau Guava sering disajikan dalam bentuk jus baik itu yang dibuat oleh tukang jus atau yang dijual dalam kemasan kotak kertas.penjelasan-lengkap-tentang-manfaat-jambu-biji-bagi-kesehatan

Tapi saya lebih suka membeli buah jambu biji di pasar dan membuat sendiri jus jambu di rumah, hal ini untuk menghindari pemakaian sat pemanis dan pengawet berbahaya.

Dalam seminggu sekali saya selalu menyempatkan untuk membeli jambu biji di pasar, harganya sekitar 10 sampai 12 ribu per kilo, selain dibikin jus, jambu biji juga enak dimakan langsung.

Anda yang belum pernah mencoba makan jambu biji yang masih bulat sebaiknya segera mencobanya karena menurut para pakar kesehatan manfaat jambu biji itu sangat banyak antara lain adalah sebagai berikut:

1.    Nutrisi yang terkandung dalam jambu biji dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam jambu biji terdapat beberapa zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin A dan potassium serta folat. Dalam sebuah mangkuk jambu biji terkandung 21 persen Vitamin A dan 20 persen  potassium( sama seperti pada pisang).

Kandungan vitamin C dalam jambu biji juga cukup banyak, selain itu jambu biji juga mengandung zat yang dapat membunuh bakteri lebih besar dari buah lainnya sehingga sari jambu biji merupakan zat anti penyakit yang sangat kuat dan direkomendasikan bagi penderita deman, termasuk demam berdarah.

Saat kita menkonsumsi semangkuk porsi diet jambu biji maka tubuh kita akan menyerap  20 persen zat folat yang baik bagi kesehatan otak kita dan sangat penting untuk kesehatan otak bayi yang masih dalam kandungan.

Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam jambu biji dapat mencegah dan melawan berbagai macam penyakit dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2.    Sudah dari jaman dulu jambu biji digunakan untuk kesehatan

Diketehui bahwa sejak dulu jambu biji sudah digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada penderita sakit gigi dan untuk mengobati sariawan.

Jambu biji juga berkhasiat untuk mengobati luka dengan mengoleskan cairan atau jus dari jambu biji ke  bagian tubuh yang terluka.

Jambu biji juga disebut dapat membantu penderita Epilepsi, penderita epilepsi yang sering mengkonsumsi jambu biji diketahui jarang mengalami kejang-kejang.

3.    Jambu biji membantu meningkatkan kesehatan kulit, meredakan Batuk dan Pilek

Astringen pada jambu biji, terutama pada buah yang tidak terlalu matang dapat mengobati jerawat dan menghaluskan kulit. Caranya adalah dengan dengan makan buah jambu atau  mengoleskan kulit dengan jus atau cairan ekstrak jambu, dengan begitu maka kulit akan menjadi lebih kencang.

Bahkan sebuah study menyatakan bahwa cairan jambu biji lebih mujarab dari lotion bermerk, krim serta ramuan lainnya yang biasa dipakai atau digosol ke kulit.

Jambu biji juga dapat membantu mencegah keriput pada kulit, memperlambat gejala penuaan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Sat yang terkandung dalam biji dari jambu biji juga berkhasiat sebagai obat pencahar, pada saat kita makan jambu dengan menguyah biji maka secara otomatis obat pencahar sudah masuk ke dalam tubuh kita dan menghentikan diare yang kita derita.

4.    Jambu biji mengandung serat yang sangat berguna bagi kesehatan

Dalam seporsi mangkuk jambu biji terdapat terkandung 36 persen serat. Serat yang banyak dari jambu biji membuat proses pembuangan kotoran pada usus menjadi lebih mudah, inilah kelebihan bauh jambu dibanding buah lainnya.

Pencernaan yang baik, sehat dan lancar akan menghindarkan kita dari sembelit dan kanker usus besar.
Jambu biji juga secara tradisional dipakai sebagai obat diare dan disentri. Astringen yang terkandung dalam buah jambu biji yang masih mentah serta pada daun jambu dapat membuat gusi lebih kuat dan mulut lebih segar.

Penyakit Disentri yang terjadi biasanya akan membuat mikroba jahat jadi berkembang biak tapi dengan jambu biji maka akan dihambat perkembangan mikroba tersebut. Jambu biji juga berkhasiat untuk mengurangi kelebihan lendir pada usus.

Vitamin C dalam jambu biji, serta sat kalium dan karotenoid berkhasial untuk membantu mengatasi gangguan pada sistem pencernaan dan juga berguna untuk mencegah penyakit wasir serta gejala gastroenteritis.
Jambu biji juga membantu tubuh Anda dengan mengatur metabolisme dan membantu dalam penyerapan semua mineral dan vitamin.

5.    Serat dalam jambu biji mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung

Konsumsi jambu dapat menurunkan kekentalan darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.
Sebuah studi di India yang melibatkan 120 peserta yang menderita tekanan darah tinggi, mereka diberi jambu untuk dimakan sebelum makan makanan utama selama 12 minggu

Hasilnya terjadi penurunan pada tingkat tekanan darah dari para peserta studi tersebut.
Di samping itu juga diketahui bahwa pada tubuh mereka, total serat yang larut dan penyerapan vitamin dan mineral naik secara signifikan.

Selain baik bagi kesehatan jantung, jambu biji juga mengandung zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan kerusakan sel-sel tubuh.

Sebuah studi juga melaporkan bahwa daun jambu biji dapat menghambat produksi dari Hidrogen peroxide-induced reactive oxygen species (ROS), dan juga menghambat proses peroksidasi lemak serta menghambat matinya sel-sel tubuh.

Potasium dan serat sangat berguna bagi kesehatan jantung kita, seperti menurunkan tekanan darah dan juga dapat mencegah terjadinya stroke.

6.    Serat dalam jambu biji dapat menurunkan kadar Gula darah

Serat dapat menyerap gula dalam tubuh kita dan menurunkan kadar glukosa. Sebuah studi klinis menyatakan bahwa dengan minum teh yang terbuat dari daun jambu biji dapat menurunkan gula darah pada 19 orang secara efektif dalam waktu dua jam.

pengujian lebih lanjut oleh kelompok yang sama di Jepang terhadap 20 peserta yang menderita diabetes tipe 2, terungkap bahwa ketika peserta penelitian itu minum teh daun jambu biji setelah makan, kadar gula darah mereka turun lebih dari 10 persen.

7.    Jambu biji dan Pencegahan Kanker

Dalam studi penelitian tentang kanker, Jambu biji telah terbukti mampu menghambat pertumbuhan kanker, yaitu dengan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Lycopene bekerja dengan flavonoid, lutein, quercetin dan cryptoxanthin untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

 Menurut Organic Facts:

Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir tentang efek jambu ini terutama pada kanker prostat, kanker payudara dan kanker mulut.

Minyak daun jambu biji sangat berkhasiat sebagai zat anti-proliferasi, dan terbukti lebih efektif daripada obat-obatan modern yang terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker.
Jambu biji juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang telah terbukti sangat sukses dalam mengurangi risiko kanker prostat.

Bahwa antioksidan yang sama juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, meskipun percobaan lebih lanjut pada manusia perlu dilakukan.
Situs Kesehatan mencatat bahwa ada bukti kuat yang menunjukkan makan jambu biji juga dapat membantu mencegah kanker kulit, usus besar dan paru-paru.

8.    Khasiat yang lain dari Jambu Biji bagi kesehatan

Masih banyak zat-zat nutrisi lain dalam jambu biji yang belum disebutkan di atas berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita antara lain:

a.    Zat mineral Tembaga dalam jambu biji berkhasiat untuk mengatur metabolisme tiroid kita yaitu dalam proses produksi dan penyerapan. Tembaga membantu mengatur hormon di seluruh tubuh Anda dan mengoptimalkan fungsi semua organ tubuh lainnya juga.

b.    Vitamin A, atau retinol, salah satu nutrisi yang paling menonjol di jambu biji, dikenal karena kemampuannya atau khasialnya bagi organ penglihatan. Mencegah penyakit Katarak, dan penyakit lainnya yang mempengaruhi penglihatan  serta dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi.

c.    Vitamin B3 dan vitamin B6 (alias pyridoxine) membantu meningkatkan fungsi saraf otak Anda, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan aliran darah dan dapat merangsang fungsi kognitif.

d.     Serat dalam jambu biji dapat melancarkan pencernaan kita dan membantu kita mengontrol berat badan.  Serat adalah salah satu alasan mengapa jambu biji baik untuk siapa pun yang ingin langsing secara sehat karena mengandung sedikit gula dibandingkan dengan buah-buahan seperti apel dan anggur.

9.    Jambu Biji dapat mengatasi sakit saat menstruasi

Dismenore adalah istilah medis untuk sakit pada perempuan saat menstruasi dan studi menunjukkan konsumsi jambu biji dapat membantu meringankan rasa sakit tersebut.

Pada sebuah studi, 197 wanita yang mengalami Dismenore diberi 6mg esktrak daun jambu biji setiap hari, hasilnya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan efek khasiatnya lebih dari pengobatan konvensional.

Semoga berguna