Wifi adapater atau wireless adapter adalah perangkat hardware yang dipasang pada komputer agar komputer tersebut dapat terhubung dengan jaringan wireless atau jaringan wifi.penjelasan-lengkap-tentang-wifi-adapter-wireless-adapter-single-dan-dual-band

Wifi adapter selalu terpasang pada sisi klien wifi. Cek jenis topologi wifi.
Wireless sendiri berarti koneksi tanpa kabel, antara komputer dengan komputer lain terhubung dengan menggunakan gelombang electromagnet.

Banyak sekali koneksi wireless, antara lain jaringan GSM, Satelit VSAT, 4G, CDMA, Radio FM, TV dan Radio komunikasi lainnya.

WiFi sendiri adalah salah satu jenis jaringan tanpa kabel atau wireless yang menggunakan gelombang electromagnet sebagai media penghantar dan beroperasi pada frequency 2.4 GHz dan 5 GHz.

Setiap perangkat yang akan terhubung ke jaringan wifi harus tersedia dengan WiFi adapter.

A. WiFi Adapter Single band

WiFi adapter single band adalah wifi adapter yang beroperasi pada satu jenis frequency saja, bisa 2.4 GHz bisa juga 5 GHz.

Jenis sinyal yang dikirim oleh wifi single band adalah satu jenis sinyal saja, yaitu yang menggunakan frequency, 2.4 atau 5 GHz saja.

Jika kita menggunakan wifi adapater 2.4 GHz maka kita cuma bisa mengirimkan dan menerima sinyal dari perangkat WiFi yang menggunakan Fequency 2.4 GHz saja.

Sama halnya jika kita menggunakan wifi adapater 5 GHz maka kita cuma bisa mengirimkan dan menerima sinyal dari perangkat WiFi yang menggunakan Fequency 5 GHz saja.

Bagaimana caranya saat kita menggunakan wifi adapater single band tapi ingin menangkap sinyal dari perangkat wifi yang berbeda frequency.

Tidak ada cara lain selain mengganti wifi adapater dengan frequency yang sesuai.
Misalnya jika kita menggunakan freq 2.4 GHz tapi ingin menangkap sinyal dari wifi 5 GHz, maka yang mesti kita lalukan adalah mengganti wifi adapter 2.4 dengan 5 GHz.

Jadi kita mesti menyiapakan dua wifi adapter sekaligus, 2.4 dan 5GHz, dan harus berganti-ganti sesuai dengan kebutuhan atau keperluan kita.

B. Wifi adapter dual band

Menggunakan dua buah wifi adapter single band tidak praktis sehingga dibuatlah sebuah perangkat hardware wifi adapter tunggal yang dapat beroperasi atau bekerja dengan dua frequency sekaligus.

Denga WiFi adapater dual band kita dapat mengirim dan menerima dua jenis sinyal sekaligus, yaitu yang menggunakan frequency 2.4 GHz dan 5 GHz melalui satu perangkat wifi adapater yang sama.

Jadinya kita tidak perlu berganti-ganti perangkat wifi adapter lagi.

Kapan kita harus menggunakan 2.4 GHz dan kapan harus menggunakan 5 GHz? Pilihan penggunaan frequency wifi tergantung pada jenis sinyal yang dipancarkan oleh perangkat Wifi Access Point sebagai pusat koneksi.

Wifi adapter hanya menyesuaikan dengan sinyal dari Wifi access point atau AP router yang ada di jaringan.
Frequency 2.4 GHz dan 5 GHz memiliki karakter yang bertolak belakang, Freq 2.4 GHz memiliki kelebihan jangkauan yang jauh sedangkan wifi 5 GHz memiliki kelebihan pada bandwidth yang besar.

Jika anda ingin memasang menjadikan wifi pada komputer atau laptop anda dapat bekerja atau tersambung ke jaringan wifi 2.4 dan 5 GHz tanpa harus menggunakan dua wifi adapter maka anda harus menggunakan wifi adapter jenis dual Band.

Baca posting ini : Yang Mesti Diketahui Tentang Wifi 5GHz  dan Bagus Mana Wifi 2.4 GHz Dengan 5 GHz