Banyak ahli kesehatan melalui penelitian yang mereka lakukan sangat menekankan betapa pentingnya manfaat omega3 bagi kesehatan manusia.penjelasan-lengkap-terkait-apa-saja-yang-perlu-diketahui-tentang-omega3

Yang perlu kita diketahui dari Omega3 adalah:

  • Apa itu Omega-3, jenis-jenis lemak Omega3
  • Manfaat omega-3 bagi tubuh manusia
  • Efek kekurangan Omega3
  • Bahan makanan apa yang paling banyak mengandung omega3
  • Manfaat omega3 bagi anak-anak
  • Tips untuk membeli suplemen omega3 dan rekomendasi

1. Apa itu Omega3

Omega-3 adalah asam lemak yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Tidak semua lemak dari hewan dan tumbuhan mengandung omega-3, hewan yang paling bagus asam lemak omega-3 adalah ikan dan krill, krill itu sejenis udang-udangan yang kecil.

Sedangkan sumber omega3 dari tumbuhan adalah biji dari tumbuhan Flax, tanaman flax adalah jenis tanaman yang biasa tumbuh di kawasan atau daerah yang bersuhu dingin, selain itu biji-bijian seperti Chia dan Hemp juga mengandung kadar omega3.

2. Omega3 itu ada beberapa jenis, yaitu yang berasal dari hewan dan tumbuhan

Jenis lemak Omega3 yang berasal dari hewan laut seperti ikan dan krill dikenal dengan Eicosapentaenoic Acid atau disingkat EPA dan Docosahexaenoic Acid atau disingkat DHA, sepertinya DHA sudah tidak asing lagi di telinga kita…

Sedangkan omega 3 yang berasal dari bahan tumbuhan biji Flax, Chia, Hemp, dan beberapa makanan lain adalah omega3 Alfa Linoleat Acid atau disingkat ALA.

Jenis omega3 yang paling bagus untuk kesehatan sel tubuh manusia adalah omega3 jenis EPA dan DHA yang berasal dari hewan, bukan jenis omega3 ALA yang berasal dari tumbuhan.

ALA sendiri dalam tubuh kita akan diubah menjadi EPA dan DHA namun jumlahnya akan menyusut dan kadarnya menjadi lebih rendah.

Artinya jika kita mengkonsumsi Omega3 jenis ALA maka tubuh akan mengkonversi menjadi EPA dan DHA dalam jumlah yang relatif kecil.

Ingat, meskipun, bahwa lemak omega-3 dari tumbuhan dinyatakan tidak berbahaya namun tetap harus dihindari.

3. Apa manfaat lemak Omega-3 bagi manusia

Omega-3 merupakan salah satu di antara nutrisi yang paling penting saat ini.

Pada tahun 2008, American Journal of Clinical Nutrition 2, 3, 4 menerbitkan tiga studi menyelidiki tentang peran asam lemak EPA dan DHA pada orang lanjut usia.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa konsentrasi rendah EPA dan DHA mengakibatkan peningkatan risiko kematian dan menyebabkan kemampuan intelektual seseorang menurun dengan cepat.

Penelitian juga menghasilkan kesimpulan bahwa asupan tinggi omega-3 dapat membawa manfaat kesehatan lainnya.

Berikut ini adalah manfaat lain dari asam lemak omega 3 :

a. Omega-3 bermanfaat bagi kesehatan jantung kita

Sebuah penelitian di Italia (GISSI) ditemukan bahwa pada 5 dari 11.324 pasien yang selamat dari serangan jantung telah mengkonsumsi minyak ikan, sehingga resiko lain penyebab kematian seperti serangan jantung dan stroke dapat dihindari.

Dalam sebuah studi terpisah, 6 peneliti medis Amerika melaporkan bahwa pria yang mengkonsumsi ikan sekali atau lebih dalam satu minggu, memiliki risiko kematian akibat dari serangan jantung mendadak, 50 persen lebih rendah dari pria yang makan ikan kurang dari sekali dalam sebulan.

b. Omega-3 menormalkan dan mengatur kadar kolesterol trigliserida Anda.

Dibandingkan dengan statin, minyak ikan dan minyak krill lebih berkhasiat dan mujarab.

Menurut sebuah penelitian yang membandingkan khasiat krill dan minyak ikan dalam menurunkan kadar trigliserida.

Hasil percobaan tersebut didapatkan bahwa kedua jenis minyak itu lebih manjur untuk mengurangi aktivitas enzim yang menyebabkan hati untuk memetabolisme lemak, minyak krill lebih manjur dalam mengurangi trigliserida hati.

Kadar trigliserida yang rendah dalam tubuh merupakan indikasi kuat dari kemampuan Anda untuk memiliki profil lipid yang sehat, hal ini menandakan bahwa kesehatan jantung Anda sangat baik.

Studi juga menunjukkan bahwa omega-3 memiliki kemampuan antara lain:

Anti-arrhythmic yaitu berfungsi untuk mencegah atau menangkal aritmia jantung
Anti-trombotik yaitu berfungsi untuk mencegah trombosis atau pembekuan darah dalam pembuluh darah
Anti-aterosklerosis yaitu berfungsi untuk mencegah timbunan lemak dan fibrosis dari lapisan dalam pembuluh darah arteri
Anti-inflamasi yaitu berfungsi untuk menangkal peradangan, panas, nyeri dan bengkak.

c. DHA mempengaruhi kemampuan belajar dan perilaku anak.

Apakah Anda ingin memaksimalkan potensi intelektual anak Anda?

Sebuah studi yang diterbitkan di Plos One pada bulan Juni 20138 menghasilkan kesimpulan tentang rendahnya kadar DHA dan pengaruhnya terhadap minat membaca anak yang kurang, masalah ingatan dan masalah perilaku pada anak-anak usia sekolah.

Dalam studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada bulan Agustus 2013, 9 anak yang mengonsumsi suplemen lemak omega-3 dari bayi dinilai lebih mampu dalam belajar, pengetahuan kosakata, dan lebih cerdas.

Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa anak-anak yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan gangguan ketidakmampuan belajar diketahui memilki kadar lemak omega-3 yang rendah dalam tubuh mereka.

Omega-3 memiliki manfaat yang besar pada kesehatan otak Anda – EPA dan DHA menjaga tingkat dopamine pada otak, meningkatkan pertumbuhan neuron di korteks frontal otak Anda, dan meningkatkan sirkulasi serebral.

d. Omega-3 juga diketahui dapat menyelamatkan nyawa anak-anak yang mengalami sindrom usus pendek (SBS), meski jarang tetapi dialami oleh ribuan orang di Amerika Serikat.

SBS dapat terjadi sejak lahir dikarenakan sebagian usus gagal untuk mengembang atau karena penyakit radang infeksi pada bayi yang lahir prematur. Pada orang dewasa, dapat disebabkan oleh operasi karena penyakit Crohn atau cedera.

Khawatir dengan situasi ini, seorang dokter ahli bedah di Rumah Sakit Anak Boston, Dr Mark Puder, mengatakan bahwa mereka tahu sebagian besar anak-anak dengan SBS akan meninggal.

Kemudian dokter mencatat bahwa ketika anak-anak diberi suplemen nutrisi Omegaven (terbuat dari minyak ikan), kesehatan mereka mulai membaik secara drastis.

Manfaat Omega-3 meliputi banyak hal yang terkait dengan kesehatan kita, mulai dari kesehatan mental dan perilaku,  juga dapat mencegah kematian dini dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit-penyakit berikut ini:

– Penyakit jantung koroner dan stroke
– Kekurangan asam lemak esensial untuk retina dan perkembangan otak
– Fungsi otak secara umum, termasuk memori dan penyakit Parkinson
– ADHD
– Gangguan auto imun, misalnya lupus dan nefropati
– Osteoporosis
– Penyakit Crohn
– Kanker payudara, kolon, dan prostat
– Radang sendi

4. Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan lemak omega3

Sebagian besar orang tidak dapat atau tidak sadar bahwa mereka kurang mengkonsumsi lemak omega-3, akibatnya mereka mengalami kekurangan omega-3, kekurangan omega3 diperkirakan menjadi pembunuh terbesar ke 6 di AS.

Kekurangan omega 3 juga dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi untuk masalah kesehatan mental dan fisik yang serius, dan dapat menjadi faktor penyebab dari kasus 96.000 kematian dini setiap tahunnya.

Dua penelitian dari tahun 2002 menjelaskan bagaimana omega-3 dapat melindungi terhadap kanker payudara.

Lemak omega-3 dan omega-6 telah diketahui dapat mempengaruhi dua gen; omega-3 cenderung mengurangi pertumbuhan sel kanker, sementara kadar omega-6 yang tinggi dan beracun dapat menyebabkan pertumbuhan kanker.

Kekurangan Omega-3 mempengaruhi kesehatan organ Hati.

Studi lain membandingkan wanita Inuit (Eskimo) dengan perempuan Kanada, dan terungkap bahwa air susu dari wanita kanada kekurangan omega-3.

Akibatnya, jumlah kandungan DHA seorang ibu secara langsung mempengaruhi tingkat DHA dari janin yang sedang berkembang, berdampak pada otak dan kesehatan mata anak.

Jadi ingat bahwa jika Anda memiliki bayi maka bayi Anda tergantung pada omega-3 dari asupan makanan yang dimakan oleh ibu lalu menjadi ASI.

5. Dari mana sumber Lemak Omega-3 hewan

Berikut adalah sumber utama lemak Omega-3 dari hewan:

Ikan

Secara ideal, ikan dapat memberikan kita semua omega-3 yang dibutuhkan.
Tapi sayangnya, sebagian besar pasokan ikan sekarang sangat tercemar dengan racun industri dan polutan, seperti logam berat seperti merkuri, timbal, arsenik, dan kadmium, PCB, dan racun radioaktif.

Racun ini membuat makan ikan tidak lagi dianjurkan.

Satu-satunya pengecualian adalah ikan salmo liar dan ikan yang sangat kecil seperti ikan sarden.
Konsentrasi tertinggi merkuri ditemukan pada ikan karnivora besar seperti tuna, ikan bass, dan marlin.

• Minyak ikan

Minyak ikan adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan asupan omega-3.

Minyak ikan berkualitas tinggi tentu dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, minyak ini rendah zat ntioksidan.

Minyak ikan agak mudah rusak, dan proses oksidasi menyebabkan pembentukan radikal bebas berbahaya.

Antioksidan dan perlindungan lainnya diperlukan untuk memastikan bahwa minyak ikan tidak berbahaya dan menjadi tengik dan berbahaya bagi tubuh kita.

• Cod liver oil

Tidak lagi direkomendasikan karena masalah tingkat vitamin A dan D.

• Minyak Krill

Ini adalah pilihan utama untuk omega-3 lemak hewani. Minyak krill tidak hanya berisi asam lemak omega-3 yang penting , DHA dan EPA,  tetapi juga mengandung potensi antioksidan.

Kadar Omega3 dalam minyak krill  adalah 48 kali lebih tinggi dari minyak ikan.

Minyak krill  juga mengandung astaxanthin, flavonoid laut  yang menciptakan ikatan khusus dengan EPA dan DHA untuk memungkinkan metabolisme langsung dari antioksidan, membuat mereka lebih bioavailable.

Manfaat minyal Krill

Krill atau “okiami” dalam bahasa Jepang adalah, makhluk kecil seperti udang kecil.
Minyak ikan dan minyak krill adalah dua sumber utama lemak omega-3 hewani. Tapi minyal krill lebih baik, hal ini didasari pada studi berikut ini:

• Sebuah studi Januari 2011 di Lipids11 menemukan bahwa efek metabolik dari dua minyak adalah sama pentingnya, tapi minyak krill lebih efektif dari minyak ikan meskipun mengandung kurang EPA dan DHA.

• Data lain, menunjukkan bahwa minyak krill diserap hingga 10 sampai 15 kali lebih banyak dari minyak ikan.

6. Manfaat Omega3 bagi anak-anak

Anak-anak yang sudah mendapatkan lemak omega-3 DHA dan EPA dari sejak dalam kandungan maka akan memberikan manfaat yang begitu penting terhadap kesehatan otak dan fungsi organ lainnya.

Sangat disarankan untuk memberikan minyak krill sebelum dan selama kehamilan, dan juga kepada ibu yang menyusui.

Bayi yang menerima DHA melalui ASI ibu, dan selama masa menyusui pada tahun pertama akan mendapatkan kesehatan yang baik dan kesuksesan setelah besar.

Jika anak anda sudah bisa menelan kapsul, maka itu lebih bagus lagi karena anak tersebut sudah dapat mengkonsumsi omega3 dari suplemen minyak krill berkualitas tinggi.

Suplemen tersebut juga harus bebas bau, sehingga mudah dan enak bagi anak-anak saat menelan.

7. Tips saat membeli Supplemen Omega3 dan rekomendasi

Tidak ada keraguan bahwa omega-3 hewani benar-benar berkhasiat untuk kesehatan, Omega3 dari krill adalah salah satu yang terbaik.

Berikut adalah yang mesti diperhatikan saat membeli suplemen Omega3:

• Belilah supplemen omega3 yang berasal dari hewan Krill Antartika.

• Pastikan perusahaan produsen suplemen harus memiliki sertifikasi keberlanjutan yang dikeluarkan oleh The Marine Stewardship Council (MSC).

• Minyak krill yang bagus itu merupakan hasil proses yang dilakukan secara sehat. Sayangnya, beberapa merek minyak krill terkenal menggunakan Heksane, sebuah zat kimia berbahaya.

Pastikan bahwa bahan kimia ini tidak digunakan untuk mengekstrak minyak dari krill tersebut.

• Minyak juga harus bebas dari logam berat, PCB, dioxin dan kontaminan lainnya.

• Suplemen harus terbungkus dalam kapsul keras bukan gel lembut. Gel yang lembut memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk dan membuat minyak lebih rentan rusak.

Meskipun minyak krill mengandung astaxanthin yang menurunkan oksidasi secara signifikan, kapsul keras memberikan perlindungan tambahan, menjamin efektivitas dan kesegaran yang maksimal.

Pastikan bahwa Anda dan anak-anak Anda mendapatkan jenis omega-3 yang tepat. Belilah sumber Omega 3 yang bebas polusi, ramah lingkungan, seperti minyak krill.

Kabar baiknya adalah bahwa minyak krill tidak perlu dikomsumsi banyak-banyak cukup dengan takaran yang kecil sudah dapat memberikan manfaat yang lebih.