Pada spesifikasi sebuah produk WiFi terdapat nilai data rates yang dinyatakan dalam satuan megabits persecond atau Mbps.

Apakah Data rates adalah jaminan bandwidth yang sebenarnya dari sebuah WiFi?

Apakah wifi access point atau wifi access point router yang ditawarkan akan selalu bekerja dengan data rates yang tertera pada spesifikasi perangkat?

Apakah semakin besar nilai data rates merupakan  jaminan bagus tidaknya sebuah wifi?

Data rates adalah besarnya daya pancar atau power keluaran dari gelombang electromagnet oleh sebuah wifi nilai.

Sataun dari data rates memang Mbps tapi bukan merupakan bandwidth atau kecepatan dari perangkat Wifi tersebut dalam mengirimkan paket data.

penjelasan Up to pda wifi

Data rates hanya nilai yang menunjukkan seberapa besar daya, kemampuan atau kekuatan dalam memancarkan sinyal dari perangkat wifi, tapi bukan merupakan bandwidth atau lebar pipa yang akan menjadi saluran untuk mengirimkan data.

Hubungan antara data rates dan ril bandwidth berbanding lurus, pada kondisi ideal semakin besar nilai data rates maka semakin tinggi ril bandwidth-nya.

Pada spesifikasi sebuah WiFi tertera tulisan Up To pada bagian data rates, pernyataan up to ini menunjukan bahwa  sebuah wifi Ap atau AP router tidak selalu berkerja dengan data rates yang tertera pada spek.

Nilai data rates pada spek adalah nilai maksimum yang bisa dihasilkan atau digunakan oleh sebuah wifi.

Pengaturan berapa besar nilai Data rates yang akan digunakan biasanya ditentukan secara manual oleh admin, tergantung pada kondisi.

Kapan harus menggunakan data rates tinggi dan kapan harus menggunakan data rates rendah?

Data rates yang tinggi biasanya diatur untuk mendapatkan nilai bandwidth yang besar tapi dengan resiko rentan terkena interferensi dan jarak jangkauannya tidak jauh.

Data rates rendah atau sedang bagus untuk digunakan jika ingin jangkauan  wifi lebih jauh dan terhindar dari interferensi.

Nilai Data rates sebuah wifi  bukan satu-satunya jaminan bagus tidaknya sebuah wifi, memang makin tinggi nilai up to data rates sebuah wifi, maka bandwidth-nya pun bisa lebih besar dari wifi yang data ratenya  kecil.

Yang perlu diingat adalah semakin besar nilai data rates yang digunakan maka semakin rendah jangkauan sinyal wifi dan semakin rentan terhadap interferensi.

Data rates yang besar atau tinggi itu identik dengan jarak yang rendah dan interferensi yang besar.

Semoga berguna