Tidak heran jika masih banyak orang yang tidak paham tentang apa sebenarnya koneksi jaringan komputer via wifi. Beberapa pertanyaan sederhana seputar wifi sering kita jumpai di berbagai forum diskusi, pertanyaannya sangat-sangat dasar tapi jawabannya yang diberikan pada forum diskusi sering terkesan meremehkan dan tidak memberikan kepuasan bagi si penanya.

Posting kali ini saya akan berusaha memberikan penjelasan sejelas dan semudah mungkin sehingga bisa memberikan masukkan bagi para pembaca yang benar-benar awam terhadap dunia wifi.

1.    Bagaimana cara membeli wifi
Secara singkat wifi tidak bisa dibeli tapi diadakan atau dibangun, Wifi adalah media komunikasi tanpa kabel yang dipakai untuk menghubungkan sebuah peralatan komputer  dengan peralatan komputer lainnya. Wifi menggunakan gelombang electromagnet yang beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz.

Membangun jaringan wifi membutuhkan beberapa perangkat yang saling berkerja sama dan nantinya akan membentuk sebuah jaringan komputer tanpa kabel menggunakan teknologi wifi.
Perangkat yang dibutuhkan adalah:

a.    Wifi Access Point, berfungsi sebagai terminal utama untuk menghubungkan sesama wifi client atau berfungsi seperti hub atau switch pada jaringan komputer dengan media kabel data.

b.    Wifi adapter atau Wifi NIC berfungsi sebagai interface atau perantara bagi komputer untuk terkoneksi dengan Access Point melalui koneksi wifi. Wifi adapter biasanya sudah terdapat pada komputer atau laptop atau juga perangkat komputerisasi lainnya seperti smartphone dan tablet.

Jadi untuk membangun jaringan wifi dibutuhkan dua jenis peralatan tersebut.
Setelah semuanya tersedia maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi, proses instalasi membutuhkan pengetahuan dan teknik tertentu. Cek pada link ini.

2.    Wifi dan wireless
Wifi termasuk salah satu jenis koneksi wireless atau tanpa kabel. Koneksi jenis wireless ada bermacam-macam. Contoh koneksi jaringan data tanpa kabel adalah koneksi jaringan menggunakan teknologi Satelit dan jaringan GSM ( 2G 3G dan 4G ) serta jaringan CDMA.
Salah satu faktor utama yang membedakan wifi dengan koneksi wireless lainnya adalah frequency yang digunakan.

3.    Wifi dan internet
Yang mesti diingat selalu oleh para calon pengguna teknologi wifi adalah bahwa wifi tidak sama dengan internet. Orang-orang selalu beranggapan bahwa wifi itu adalah internet. Pemahaman ini adalah pemahaman yang sangat keliru dan menjerumuskan.

Wifi dan internet adalah dua hal yang berbeda, wifi adalah salah satu media bagi computer untuk terkoneksi ke jaringan computer tanpa menggunakan media kabel sedangkan internet adalah jenis jaringan computer yang cakupannya sangat luas yang dapat menghubungkan semua computer yang terdapat di seluruh dunia.

Jadi beda wifi dan internet adalah wifi adalah salah  media penghubung, media penghubung lainnya adalah kabel data, jaringan satelit dan jaringan GSM. Sedangkan internet adalah salah satu jenis dari jaringan computer seperti jaringan LAN dan WAN.

4.    Apakah wifi ada biaya bulanannya?
Setelah kita membangun jaringan wifi pada jaringan LAN di rumah atau di kantor maka tidak ada biaya bulanan yang mesti kita keluarkan, semua infrastuktur dan jaringan yang kita bangun adalah milik kita tanpa ada urusan dengan provider atau pihak luar, jadi tidak butuh biaya bulanan.
Biaya bulanan muncul jika kita menyewa peralatan kepada provider atau penyedia jasa pengadaan jaringan wireless atau wifi pada LAN kita. Pada kondisi ini kita tidak dipusingkan oleh hal-hal berikut:
a.    Merancang jaringan wifi
b.    Membeli peralatan wifi
c.    Melakukan instalasi
d.    Melakukan pemeliharaan atau maintenance

Ke empat hal di atas ini ditanggung oleh pihak penyedia jasa instalasi wifi dan kita sebagai pelanggan tiap bulannya kita harus membayar biaya sewa.

5.    Bagaimana caranya agar jaringan wifi bisa ada atau terkoneksi ke internet?
Caranya gampang. Kita tinggal berlangganan internet dari provider internet atau ISP dan kemudian kita sambungkan koneksi internet tersebut ke jaringan wifi kita.

6.    Apa yang kita butuhkan untuk menyambungkan koneksi internet ke jaringan wifi?
Yang dibutuhkan untuk itu adalah peralatan hardware dan juga software.

Hardware yang dibutuhkan adalah:
a.    Wifi Access Point router, wifi router diperlukan jika kita menggunakan modem USB yang dipakai untuk terkoneksi ke internet via GSM atau CDMA.
b.    Wifi router khusus untuk koneksi internet melalui koneksi modem ADSL seperti Telkom Speedy.

Kita juga bisa menggunakan software tertentu yang bisa membagi koneksi internet dengan memanfaatkan koneksi wifi yang ada pada computer kita, contoh software connectify .

7.    Berapa harga peralatan wifi
Harga peralatan wifi itu relatif, tergantung pada tingkat kebutuhan. Perkiraan harga peralatan wifi untuk kebutuhan rumah biasanya kurang dari 500 ribu untuk 1 Access Point router dan 1 buah wifi WLAN card, dengan jumlah klien kurang dari 10 User.

Untuk kantor dengan banyaknya peralatan tambahan serta tingkat lalu lintas data yang tinggi maka sebaiknya siapkan biaya di atas 1 juta rupiah. Belum lagi biaya tambahan jika kita memakai jasa orang untuk instalasinya.

Demikian pejelasan sederhana dari saya terkait apa dan bagaimana wifi itu. Jika ada yang kurang jelas silahkan saja mengajukan pertanyaan.

Semoga berguna.
Sumber gambar:  https://www.flickr.com/photos/retrocactus/7173086101/