Proses apa yang terjadi saat kita mengetikkan sebuah alamat, misalnya www.mydomain.com pada web browser? Memang user atau pengguna tidak pernah dipusingkan dengan urusan dibelakang layar seperti itu namun tidak ada salahnya memahami bagaimana rangkaian proses yang dilakukan oleh DNS server dalam mendukung kegiatan atau aktivitas berinternet kita sehingga mungkin akan lebih membuka wawasan kita mengenai Internet dan mekanisme yang ada di dalamnya. Proses urutan atau step-step yang terjadi saat kita mengetikan alamat seperti www.norisanto.com adalah sebagai berikut:

a.    Komputer atau host mengecek pada lokal cache untuk melihat apakah nama tersebut sudah pernah tersimpan IP address-nya.

b.    Jika informasi yang dicari tidak ditemukan pada sistem cache maka langkah berikutnya adalah mengecek pada file host yang ada pada sistem operasi. Pada windows sistem biasanya file host disimpan dalam folder windows. File host adalah text yang sifatnya statis atau diedit secara manual, berisikan pemetaan hostname menjadi IP address.

c.    Jika IP address tidak ditemukan maka komputer akan mengontak DNS server, jika DNS server tidak bisa dikontak atau dihubungi maka host akan terus mengirimkan permintaan sampai ada DNS server yang merespon permintaan tersebut.

d.    Setelah menemukan DNS server, Host kemudian mengirimkan informasi berupa nama komputer kepada DNS server. DNS server lalu mengecek sistem cache dan file host. Jika informasi yang diperlukan tidak ditemukan DNS server akan mengecek pada semua zone file yang menyimpan permintaan dari Host klien.

e.    Jika DNS server tidak dapat menemukan nama yang dicari pada semua Zone File miliknya maka DNS server akan meneruskannya permintaan tersebut ke server Root Zone Name. Server ini akan membalas permintaan tersebut dengan mengirimankan informasi berupa IP address dari server DNS yang memiliki atau mengetahui informasi yang berkaitan dengan Top-Level domain seperti .com.

f.    DNS server pertama melakukan permintaan kepada server Top-Level Domain. Server Top-Level Domain mengirimkan kembali alamat dari DNS server berisikan informasi untuk tingkatan domain di atasnya. Proses ini terus berlangsung sampai DNS server berhasil mengontak atau menemukan informasi yang diinginkannya.

g.    DNS server meng-update informasi pada sistem cache-nya dengan informasi terbaru yang didapatnya dan mengrimkan kembali IP address kepada host klien. Host klien juga kemudian meng-update sistem cachenya dengan informasi terbaru yang didapatnya dan lemudian berkomunikasi menggunakan IP address tersebut.