Jika terjadi masalah pada koneksi jaringan atau masalah lainnya terkait dengan jaringan komputer maka yang harus anda lakukan pertama kali adalah mengecek diagram topologi jaringan komputer yang mengalami masalah tersebut.

Seberapa pentingkah diagram topologi jaringan? Berikut adalah fakta dan alasan, bagaimana pentingnya peran dari sebuah diagram Topologi Jaringan. 

1.    Sebagai panduan dalam menentukan arah.
Tanpa mengetahui arah maka pasti tidak akan ketemu tujuannya, sama halnya juga dalam melakukan troubleshooting jaringan.
Jika tidak memiliki gambaran tentang koneksi atau sambungan pada jaringan komputer maka akan sulit dan butuh waktu lama untuk mencari tahu penyebab dari masalah tersebut.

2.     Dengan berpatokan pada diagram topologi maka proses troubleshooting menjadi cepat dan Efisien.
Hal ini dikarenakan kita sudah mempunyai gambaran yang jelas tentang kondisi network dan semua komponen yang ada di dalamnya.
Jika tidak ada gambaran sama sekali tentang kondisi network maka waktu anda akan habis hanya untuk mengecek koneksi atau sambungan pada jaringan dan parahnya bagian yang sebelumnya tidak bermasalah jadi ikut bermasalah karena penanganan yang salah.

3.    Memberikan gambaran tentang perkembangan kondisi network.
Setiap kali ada perubahan seperti penambahan atau pengurangan komponen dalam jaringan harus selalu dilakukan update pada topologi diagram, hal ini berguna untuk mengetahui seberapa besar dan cepat perkembangan network yang sedang ditangani.

4.    Memberikan informasi dan referensi sewaktu melakukan perencanaan untuk perluasan network.
Merencanakan perubahan tanpa mempertimbangkan kondisi yang sedang berjalan adalah tindakan yang konyol. Langkah awal untuk membuat rencana adalah melakukan analisa jaringan yang sudah ada melalui topologi jaringan tersebut.

5.    Mempermudah dengan memberikan gambaran Yang detail bagi Administrator atau network Engineer Baru dalam menganalisa kondisi jaringan yang ada.
Ketika terjadi masalah dan administrator jaringan yang biasa menangani sedang berhalang maka penggantinya bisa lebih mudah mengerjakan tugasnya jika ia diberikan atau mengetahui gambaran tentang kondisi jaringan yang ada. Gambaran tersebut tentunya terdapat pada diagram topologi.

6.    Komponen apa saja yang terdapat pada network diagram.
Network diagram merupakan dokumentasi teknis yang berisikan komponen-komponen jaringan, diantaranya adalah:
a.    Koneksi kabel dan tanpa kabel
b.    IP address System
c.    Jenis Perangkat dan koneksi antar perangkat
d.    Aliran data

Membuat dan memiliki serta memahami topologi jaringan atau network adalah kunci sukses dalam memperbaiki dan mengatasi segala masalah yang terjadi terkait dengan jaringan komputer.

Urutan koneksi Diagram topologi jaringan komputer merupakan peta atau penunjuk jalan dalam menemukan akar masalah yang terjadi pada jaringan komputer.

Tanpa Diagram Topologi Jaringan maka sama saja dengan meraba-raba dalam kegelapan saat melakukan troubleshooting.