Sering kita dibuat kesal oleh performa dari jaringan komputer dan koneksi internet yang kita gunakan, kadang bagus, tidak ada masalah, kadang lambat dan sering terputus-putus koneksinya. Kondisi ini tidak saja disebabkan oleh faktor ISP atau faktor dari sisi luar pemakai tapi juga disebabkan oleh kondisi dari peralatan networking yang ada di LAN.

Masa atau rentang waktu pemakaian sebuah perangkat jaringan dalam jaringan komputer tidak selalu menjadi penyebab utama rusaknya peralatan tersebut.  Kondisi beban jaringan dan tegangan listrik, juga bisa menjadi penyebab cepat  atau lamanya sebuah peralatan networking dapat bertahan.

Lamanya waktu pemakaian atau usia pakai dari sebuah peralatan adalah penyebab dari berkurangnya performa sehingga peralatan itu mesti diganti dengan yang baru. NIC adalah peralatan yang paling lama dan jarang rusak. Masa pakainya sangat lama, bisa bertahun-tahun baru rusak, jika sudah bertahun-tahun dipakai maka sebaiknya siapkan cadangannya untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu mati total. Peralatan seperti router, hub dan switch pun sama, cuma masa pakainya lebih pendek dari NIC.

Kondisi listrik yang tidak stabil membuat peralatan elektronik termasuk perangkat jaringan akan mudah rusak. Kondisi tegangan listrik dan grounding yang kurang bagus bisa menyebabkan perangkat jaringan sangat rentan terhadap kerusakan. Selain tegangan listrik yang tidak stabil, listrik yang sering mati dan nyala secara tiba-tiba adalah faktor penyebab mudah rusaknya peralatan tersebut. Pencegahan bisa dilakukan dengan menyiapkan stabilizer tegangan dan juga UPS.

Kondisi instalasi kabel jaringan yang kurang baik juga menyebabkan cepat rusaknya peralatan jaringan. Kabel yang tidak terlindungi sering tergigit oleh tikus dan menyebabkan hubungan singkat yang lama kelamaan dapat membuat kerusakkan total pada peralatan tersebut.

Beban kerja peralatan juga menjadi penyebab turunnya performa hardware dari perangkat jaringan. Trafic yang besar dan super sibuknya jaringan menjadi faktor utama yang membebani perangkat dan memperpendek usia pemakain dari perangkat. Biasanya perangkat seperti switch dan hub adalah yang paling rentan terhadap faktor beban traffic. Pembagian beban traffic yang seimbang dan proposional bisa memperpanjang usia pemakaian peralatan.

Kondisi penempatan perangkat ditempat atau lingkungan yang tidak mendukung, bisa membuatnya rentan terhadap kerusakan. Perangkat jaringan yang juga adalah peralatan elektronik biasanya sensitif terhadap lingkungan yang panas. Kondisi ruang penyimpanan hub dan switch yang bersuhu tinggi menjadikan peralatan tersebut gampang hang dan jika kejadian berulang-ulang maka dalam waktu singkat peralatan itu mesti harus diganti karena sudah tidak bagus lagi performanya atau mati total. Siapkan ruangan khusus yang bersuhu dingin atau ideal bagi kinerja dan performa perangkat-perangkat itu.