Jika anda baru saja selesai serah terima rumah dari developer dan mulai bersiap-siap untuk menempati rumah baru maka yang mesti dipersiapkan adalah peralatan rumah tangga.Peralatan Elektronik Apa Yang Mesti Anda Siapkan Ketika Akan Menempati Sebuah Rumah2

Apa saja peralatan elektronik rumah tangga yang mesti dibeli? Pertanyaan ini sering terlontar dari kita yang saat ini akan segera mengakhiri masa indah di kos-kosan dan mulai beralih menjadi penghuni rumah.

Ini yang benar-benar saya alami sewaktu pindah dari kos dan menempati rumah baru hasil jerih payah sendiri, walau pun masih mencicil alias Kredit. Bayangkan waktu itu saya seorang diri, bingung tidak tahu barang-barang apa saja yang mesti dibeli dan harus tersedia di dalam rumah.

Terus terang saya waktu itu tidak punya bayangan alat elektronik apa saja yang wajid tersedia di sebuah rumah. Dengan dibantu sang pacar ( masih pacaran waktu itu, dan biasanya wanita lebih paham urusan begini ) mulailah kami membuat daftar barang yang mesti dibeli.

Mungkin tidak perlu membeli sekaligus tapi setidaknya anda mesti punya gambaran apa saja peralatan elektronik yang mesti disiapkan dan disediakan di rumah baru yang masih kosong:

  1. Lampu

Jangan sampai rumah anda gelap sendiri saat malam hari. Saat maruk rumah baru cek apakah setiap ruangan sudah tersedia lampu, jika belum segeralah untuk membeli. Kalau punya uang lebih, beli saja lampu jenis LED yang tahan lama dan hemat daya listrik.

  1. Setrika listrik

Meskipun pakian kotor tinggal di-loundry saja, tapi tidak ada salahnya anda membeli setrikaan karena tidak semua pakian diberikan ke jasa londry.

Di samping itu setrikaan listrik bisa akan tetap diperlukan untuk merapikan pakian rumah anda atau kalau sedang tidak punya uang yang terpaksa dikerjakan sendiri.

Setrika bisa dipakai untuk jangka waktu yang cukup lama bahkan sampai anda menikah pun setrika masih tetap bisa diandalkan dalam kehidupan rumah tangga anda. Harga setrika pun cukup murah.

  1. Rice Cooker

Sewaktu masih kos, Rice cooker tidak terlalu diperlukan karena untuk urasan makan tinggal beli makanan yang sudah jadi, namun setelah tinggal sedirian di rumah maka rice cooker bisa cukup membantu. Jika jenuh dengan makanan yang dibeli maka kita tinggal memasaknya sendiri.

Memasak nasi dengan rice cooker adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

  1. Kipas angin

Fungsi kipas angin ada dua yaitu untuk meniupkan angin segar ke ruangan dan untuk mengusir nyamuk. Biasanya kalau masih sendirian di rumah, kita tidak perlu menggunakan pendingin ruangan AC, mungkin setelah berkeluarga saja baru. Sebagai gantinya AC maka kipas cukuplah untuk yang masih sendirian.

  1. TV

Sebenarnya TV tidak terlalu penting terutama bagi yang masih bujang, tapi jika anda punya acara favorit yang wajib anda tonton di setiap akhir minggu maka ada baiknya untuk mempertimbangkan membeli TV. Jika punya uang lebih mungkin anda bisa membeli TV yang layarnya besar, 32 inchi atau lebih, karena bakal bisa dipakai lama sampai anda berkeluarga nanti.

  1. Kulkas

Dengan adanya kulkas maka kita bisa menyimpan makanan yang tidak tahan lama menjadi bisa tahan lama sehingga kita lebih hemat.

  1. Stop kontak portable atau kabel roll

Fungsi nya sebagai extender atau untuk menambah jangkauan stop kontak listrik, alat ini sangat praktis dipakai untuk memindahkan atau mengubah posisi dari peralatan listrik yang kabelnya terbatas dan tidak bisa menjangkau stop kontak dinding.

  1. Raket atau perangkap nyamuk elektronik

Saat ini perangkap nyamuk elektronik rasanya sudah menjadi peralatan wajib yang mesti dimiliki setiap rumah. Selain dipakai untuk membunuh nyamuk juga bisa dipakai untuk penerangan sewaktu mati lampu.

Semoga berguna