Saat ini, dalam membangun jaringan komputer  sederhana sampai yang berskala besar Switch dan hub adalah perangkat jaringan yang paling banyak digunakan untuk urusan tersebut. Selain switch dan hub masih ada beberapa perangkat jaringan yang dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer.
Perangkat-perangkat berikut merupakan kebutuhan yang sifatnya wajib jika ingin membangun sebuah jaringan sederhana. Perlu diingat bahwa sebuah jaringan komputer yang besar dimulai atau terdiri atas jaringan komputer kecil yang sederhana, untuk itu fokuslah pada jaringan yang tidak terlalu besar sebelum anda berkonsentrasi memikirkan bagaimana merancang dan membangun jaringan yang lebih luas.
Perangkat-perangkat tersebut adalah Hub, switch, modem, wireless access point plus router.

Ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan dalam mempersiapkan perangkat jaringan agar tidak  membingungkan dan membantu menghemat dana anda:

1.    Kata kunci yang perlu diingat selalu adalah bahwa pada sebuah komputer klien secara default hanya terdapat satu buah NIC atau network interface. Artinya apa? Satu komputer hanya bisa terkoneksi dengan satu buah komputer lain saja, ya!! satu komputer saja tidak bisa lebih. Jadi kalau mau terkoneksi dengan komputer lain maka dibutuhkan sebuah tambahan alat atau semacam terminal penyambung yang bertugas sebagai perantara.

2.    Terminal penyambung pada point satu adalah hub, bridge dan switch. Saat ini banyak jaringan yang menggunakan wifi, jika anda menggunakan teknologi wireless maka access point akan mengambil peran dari  hub untuk atau agar komputer-komputer pada jaringan bisa terkoneksi satu sama lain.

3.    Hub dan switch merupakan alat perantara agar sebuah komputer dengan beberapa komputer lain
 dalam sebuah jaringan yang sifatnya lokal bisa saling terkoneksi. Hub dan switch dipakai pada jaringan yang menggunakan media penyambung berupa kabel. Jika menggunakan media tanpa kabel maka peran hub dan switch digantikan oleh wireless access point.  Wireless access point berfungsi menyambungkan sebuah komputer dengan komputer lain yang menggunakan media tanpa kabel dan juga media kabel.

4.    Jika harus memilih mana yang lebih baik antara hub dan switch maka pilihannya adalah switch. Penjelasan tentang hal ini bisa sangat panjang, namun secara singkat bahwa mengapa switch lebih baik dari hub adalah karena switch beroperasi pada layer 2 dari OSI layer sedangkan hub beroperasi pada layer 1 dari OSI layer. Perlu digaris bawahi bahwa semakin tinggi sebuah perangkat beroperasi pada layer dari OSI layer maka semakin handal peran perangkat tersebut dalam memproses komunikasi data antar komputer.

5.    Access Point beroperasi sama seperti hub bukan switch. Jadi jika ditanya bagus mana access point atau hub maka jawabannya adalah sama saja. Jawaban ini terkait dengan metode yang diterapkan oleh dua jenis perangkat tersebut dalam mengirimkan data. Keduanya sama-sama mengirimkan data berupa bit atau byte dalam bentuk sinyal listrik melalui media kabel (hub) atau melalui gelombang elektromaknet(Access point)

6.    Dari sisi kapasitas bandwidth, antara access point, hub dan switch, switch adalah yang terbaik di antara ketiganya. Switch menggunakan metode yang dikenal dengan istilah full duplex sedangkan hub dan access point masih menggunakan system half duplex. Metode full duplex memungkinkan proses kirim dan terima bisa dilakukan pada saat yang bersamaan, sedangkan metode half duplex hanya memungkinkan kedua proses, kirim dan terima dilakukan secara bergantian.

7.    Perangkat jaringan komputer yang bernama router hanya dibutuhkan jika anda ingin komputer-komputer yang ada pada jaringan lokal bisa berkomunikasi dengan komputer-komputer yang ada di jaringan lokal yang lain atau yang berbeda. Artinya jika ada dua jaringan lokal yang berbeda ingin disambungkan agar bisa berkomunikasi satu sama lain maka untuk itu dibutuhkan sebuah router.

8.    Terkoneksi ke internet berarti terkoneksi dengan ribuan atau bahkan jutaan jaringan lokal yang tersebar di seluruh dunia. Berdasarkan point 7, artinya kita membutuhkan ribuan sampai jutaan router untuk terkoneksi ke internet?Tentu tidak, kita cukup membutuhkan satu buah router saja sebagai interface bagi jaringan lokal kita agar bisa terkoneksi ke internet, begitu masing-masing lokal jaringan yang jumlahnya jutaan tadi, tiap-tiap jaringan haruslah dilengkapi dengan sebuah router. Selanjutnya tinggal urusan para provider internet untuk menyambungkan router-router dari masing-masing jaringan lokal yang jumlahnya mencapai jutaan tersebut.

9.    Modem, modem sebenarnya lebih bagian dari alat komunikasi, modem dalam jaringan komputer perannya kurang lebih sebagai media komunikasi, fungsi modem adalah mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modem bukan peralatan yang mutlak diperlukan seperti halnya switch atau hub atau access point.

10.    Perangkat- perangkat yang mutlak diperlukan dalam membangun jaringan komputer yang sifatnya lokal  adalah NIC, Wireless adapter, Hub, Switch dan Access point.
Perangkat yang dibutuhkan oleh sesama jaringan lokal agar tersambung adalah router. Tanpa router tida akan ada yang namanya internet.

Semoga berguna 

Sumber gambar:  http://www.flickr.com/photos/pchow98/5888419517