IP address tidak mesti atau harus terpasang pada setiap perangkat jaringan, peralatan jaringan tertentu dapat langsung menjalankan fungsinya tanpa harus diatur atau diset IP address-nya. Ada perangkat yang memang sama sekali tidak bisa dikasih alamat IP address ada perangkat yang bisa dikasih atau disetting IP.  Meskipun perangkat tersebut bisa terpasang IP  namun fungsi dan peran IP address hanyalah sekedar untuk mempermudah administrator dalam urusan monitoring dan remote setting saja, IP address tidak berperan dalam proses komunikasi data.

Beberapa peralatan seperti Hub, switch ( layer 2), modem dan perangkat wi-fi adalah peralatan jaringan yang tidak begitu membutuhkan IP address.
Berikut adalah penjelasan mengapa perangkat seperti Hub, Switch, modem dan Wi-fi tidak begitu perlu untuk diberi IP address.

1.    Hub
Hub hanya butuh sinyal-sinyal listrik untuk mengirimkan atau menerima paket data. Tugas hub adalah meneruskan sinyal yang diterimanya lewat kabel data yang terkoneksi. Hub tidak butuh alamat tertentu dalam meneruskan sinyal itu, sinyal tersebut dikirim ke semua perangkat yang terhubung dengannya tanpa melihat apakah perangkat tersebut adalah tujuan dari paket kiriman itu. Oleh karena itu Hub termasuk dalam perangkat yang bekerja berdasarkan prinsip dari layer 1 atau Physical layer dari OSI layer. Hub sama sekali tidak bisa diberi IP address karena tidak adalah Network Operating System yang terpasang di dalamnya.

2.    Switch
Switch menggunakan mac address untuk menerima dan meneruskan data ke tujuan. Switch tidak menggunakan IP address, IP address hanya dipakai untuk kebutuhan monitoring dan remote setting. Ada juga switch yang sama sekali tidak bisa diberi IP address karena tidak adalah Network Operating System yang terpasang di dalamnya.

3.    Modem
Tugas modem adalah mengubah signal analog menjadi informasi digital agar bisa dibaca dan diproses oleh komputer.

4.    Wireless Fidelity alias Wi-fi
Secara prinsip wi-fi sama dengan hub, namun wi-fi menggunakan radio frequency dalam berkomunikasi dengan sesama wi-fi. IP address dipasang hanya untuk kebutuhan administrasi atau pengaturan dan juga untuk system monitoring.

Semoga berguna.