Calon pembeli handphone smartphone sudah seharusnya mempertimbangkan beberapa hal terkait dengan ponsel yang akan dibeli. Tampilan atau model terbaru tidak selalu menawarkan kelebihan yang nantinya bisa diandalkan oleh pemakainya. Banyak spesifikasi dari komponen smartphone yang lepas dari pengamatan calon pembeli saat memutuskan untuk memiliki ponsel pintar tersebut.
Saat akan membeli sebuah hape smartphone sebaiknya pertimbangkan faktor-faktor berikut ini

1.    Kecepatan dan type CPU atau processor
Kecepatan proses dari CPU diwakili oleh satuan GHz, biasanya ditulis lengkap pada daftar spesifikasinya bersama-sama dengan type CPU, dual core atau quad core.
Dual core atau dua core CPU secara teknis performanya masih kalah dibanding dengan processor quad core atau empat core CPU. Semakin tinggi core CPU dan dipadukan dengan kecepatan core yang semakin makin tinggi nilai GHz-nya maka  makin bagus kinerjanya.

2.    Daya tahan Batery
Kemampuan atau lama battery dari sebuah hape bertahan, harus benar-benar diperhatikan. Pada spesifikasi dari smartphone biasanya disebutkan berapa lama daya tahan battery. Selain itu pada spek battery hape juga disebutkan besarnya kapasitas daya dalam satuan mAh. Apa itu mAh ? mAh adalah kepanjangan dari mili ampere hour atau kapasitas energi listrik yang tersimpan dalam sebuah battery. Semakin tinggi nilai mAh-nya maka semakin besar daya yang tersimpan dalam battery, jika semakin besar daya yang tersimpan maka makin lama daya tahan battery tersebut sampai harus diisi kembali.
Nilai mAh juga menentukan cepat lamanya proses pengisian atau charging, jika nilai mAh-nya tinggi maka proses charging harus dilakukan dengan charger yang nilai ampere atau mA tinggi. Jika di diisi dengan nilai charger yang nilai amperenya rendah maka proses pengisian akan memakan waktu yang lama.

3.    Operating System (OS) atau sistem operasi
OS smartphone terdiri atas tiga provider besar, OS Android dari google, OS iOS dari Apple dan Windows phone dari Microsoft.
Pemilihan OS apa yang akan digunakan akan menentukan bagaimana kecocokan penggunanya dengan cara pemakaian, aplikasi-aplikasi terinstal dan layanan lainnya.

4.    Faktor layar atau screen
Besar kecil ukuran layar smartphone merupakan faktor yang harus dipertimbangkan oleh pengguna smartphone. Ukuran layar tidak selalu harus semakin besar semakin bagus, yang penting adalah layar tersebut sesuai atau mampu menampilkan aplikasi secara baik, lengkap, sempurna dan ukuran dari tampilan pada di layar sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan melihat dari si pengguna.
Faktor lain yang terkait dengan layar atau monitor smartphone adalah fitur touch screen, toch screen adalah hal yang wajib dipunyai sebuah smartphone.
5.    Jenis koneksi jaringan
Pada smartphone koneksi jaringannya terdiri atas 2 yaitu jaringan mobile seluler dan jaringan data.
Jaringan mobile seluler terdiri atas jaringan:
a.    2G GSM  dan CDMA
b.    3G GSM dan CDMA
c.    4G LTE

Koneksi jaringan untuk data terdiri atas :
a.    EDGE
b.    GPRS
c.    3G HSDPA
d.    wireless Wifi
e.    Bluetooth
f.    4G LTE
g.    Infrared
h.    Kabel USB

6.    Jumlah dan Resolusi kamera
Bagi yang suka fotografi dan video, resolusi kamera adalah faktor yang mesti dipertimbangkan meskipun resolusi kamera pada hape tidak begitu diharapkan namun ada baiknya jika perhatikan ada tidaknya kamera depan dan belakang serta resolusi tiap kamera, semakin tinggi resolusi kamera semakin bagus gambar yang dihasilkan.

7.    Berat dan ukuran dimensi
Ukuran dimensi, panjang lebar tebal serta berat dari sebuah smartphone merupakan faktor penentu kenyamanan anda sebagai penggunanya. Semakin kecil dan ringan tentunya semakin mudah dibawa-bawa ke mana-mana.

8.    Brand atau merk
Brand atau merk smartphone menentukan karakteristik produk buatannya. Misalnya Samsung atau HTC, juga Lenovo terkenal sebagai produsen utama Smartphone Android, Apple merupakan satu-satunya produse iPhone, dan windows phone diproduksi oleh beberapa vendor terkemuka seperti HTC dan Nokia.

Banyak item dalam daftar spesifikasi yang secara lengkap sudah dirincikan dan memberikan gambaran jelas tentang kemampuan sebuah smartphone namun sayang, banyak pembeli yang masih tergiur dengan hal-hal di luar dari yang seharusnya dipertimbangkan. Kesalahan memang bukan pada si penjual tapi pembeli adalah pihak yang paling  karena kurang teliti saat membeli.

Jadi sebelum membeli, pertimbangkan faktor-faktor seperti kecepatan dan type CPU atau processor, daya tahan Batery, Operating System (OS) atau sistem operasi, faktor layar atau screen, jenis koneksi jaringan, jumlah dan resolusi kamera, berat dan ukuran dimensi , brand atau merk agar nantinya anda tidak salah membeli.

Sumber gambar:

Mr.TinDC via photopin cc