Punya anak yang masih kecil memang merepotkan tapi juga mengasyikan, selain bisa mendekatkan juga bisa meningkatkan kekompakan suami dan istri.
Untuk tugas memandikan si kecil tentu dipecayakan kepada sang ibu, tugas bapak adalah memastikan dan menyediakan perlengkapan mandi si kecil.

Berikut adalah perlengkapan mandi anak bayi yang mesti disiapkan oleh para orang tua:

1.    Bak mandi anak
Bak mandi tidak perlu yang mahal atau aneka model bentuknya, cukup yang standar saja, yang biasa dipakai dengan model bak.
Yang penting badan anak bisa leluasa bergerak di dalam bak dan orang tua yang memandikan bisa dengan mudah mengatur dan menyiram badan anak. Intinya bak mandi bayi yang digunakan aman dan nyaman bagi si kecil.

2.    Sabun mandi dan sampo khusus anak balita
Sabun mandi untuk anak biasanya berbeda dengan sabun mandi dan sampo orang dewasa atau anak bukan balita.

Tips untuk para bapak jika disuruh membeli atau inisiatif membeli sendiri adalah baca pada kemasan produk dengan jelas apakah untuk anak balita atau bayi yang usia kurang dari 1 tahun. Pastikan pada kemasan atau konsultasikan dengan istri atau orang  yang sudah pengalaman. Jangan sok tahu.

3.    Handuk bayi dan kain perlengkapan lainnya
Saya sering memperhatikan mamanya anak-anak memandikan si kecil, biasanya banyak sekali perlengkapan seperti kain khusus untuk membungkus si kecil selain handuk.

Handuk bayi pun juga beda dengan handuk orang dewasa atau anak-anak yang sudah besar. Memang cukup banyak tapi itulah bedanya perlakuan terhadap bayi dan anak yang sudah besar.

4.    Siapkan waslap
Untuk menggosok badan bayi saat mandi tidak sama dengan menggosok badan orang dewasa, anak bayi perlakuannya beda. Biasanya menggunakan kain khusus atau sarung tangan khusus yang disebut dengan istilah waslap.

Waslap banyak dijual dengan beragam bentuk, model yang unik, aneka warna dan motif, namun yang perlu diperhatikan adalah fungsi waslap dan kepratisannya saat digunakan oleh ibu saat memandikan si kecil.

Kira-kira seperti itu perlengkapan mandi yang mesti kita siapkan untuk anak bayi sampai usia 3 tahun, kita bisa membeli perlengkapan-perlengkapan mandi bayi tersebut dengan model yang unik dan warna yang menarik secara online, bahkan dengan penawaran harga yang beragam.
Semoga berguna.