Terakhir pulang kampung adalah di tahun 1999, menggunakan kapal laut selama 5 hari perjalanan, waktu itu tidak banyak persiapan yang dilakukan, serba biasa-biasa saja.

Persiapan yang dilakukan untuk perjalanan panjang waktu itu cuma menyiapkan uang untuk tiket dan uang pengangan selama di kapal, menyiapkan pakaian selama di jalan dan juga untuk di kampung dan membeli sedikit oleh-oleh untuk orang tua dan sanak saudara di sana. Simple kan?

Lain dulu lain sekarang, kalau sekarang jika melakukan perjalanan panjang dan lama seperti itu maka persiapannya pasti tidak sesederhana itu.

Waktu itu rute perjalanan yang saya tempuh adalah start awal dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, singgah di pelabuhan Tanjung Mas Semarang  lalu mampir di Batulicin Kalimantan Selatan, Makasar, dan Larantuka di Flores Timur.

Jika sampai melakukan perjalanan yang sama dengan rute tersebut maka saya tidak akan melakukan persiapan yang sama seperti di tahun 1999.

Kenapa? Perjalanan panjang dan lama seperti itu sangat membosankan, enaknya cuma saat kapal tiba di pelabuhan-pelabuhan transit atau di pelabuhan akhir, sisanya adalah suasana dalam kapal yang minim hiburan, minim aktivitas, dan tidak banyak orang yang kita kenal, membosankan.

Kalau sekarang, jika pulang kampung dengan naik kapal laut atau melakukan perjalanan jauh dan lama naik kereta api atau naik bis maka persiapan yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:

1.       Ganti memori card hape dengan yang lebih besar kapasitasnya

Memori card yang kapasitas besar memungkinkan kita menyimpan banyak data seperti film, video music, music, ebook atau PDF buat baca.

Waktu pulang kampung dulu tidak ada yang namanya hape apalagi smarphone tablet seperti sekarang ini. Kalau sekarang dengan adanya gadget seperti itu perjalanan jauh dan lama rasanya pasti tidak membosankan.

2.       Siapkan cadangan battery, power bank sebanyak mungkin

Di kereta api dan bis pastinya tidak colokan listrik untuk men-cas hape, kalo di kapal laut ada tapi peminatnya juga pasti banyak.

Menyiapkan cadangan daya menjamin kita agar selalu terhibur dan tidak merasa bosan.

3.       Siapkan kamera digital atau smartphone dengan kamera resolusi tinggi

Dalam perjalanan banyak obyek menarik yang bagus untuk diabadikan, kemana pun anda berada saat di kapal laut atau saat turun di pelabuhan transit maka pastikan kamera anda siaga selalu.

Selain berguna saat di perjalanan, kamera dan smartphone juga berguna saat kita berada di kampung halaman, sebab banyak pemandangan alam yang wajib diabadikan dengan kamera.

4.        Siapkan kartu simcard yang jangkauannya luas

Tidak semua operator jaringan seluler yang beroperasi di wilayah Jabodetabek tersedia atau beroperasi di daerah tujuan kita.

Telkomsel adalah operator yang jangkauannya paling luas dan tersedia hampir di seluruh Indonesia.

5.       Instal game offline yang menarik di hape

Salah satu cara menghilangkan kejenuhan adalah bermain game, hape kita adalah sumber game yang paling bisa diandalkan untuk bermain game.

6.       Siap berteman dengan siapa saja

Dengan membuka diri untuk berteman dengan sesama penumpang maka tidak akan meresa kesepian dan bosan.

7.       Menyiapkan pengaman untuk hape dan tablet dari pencopet saat di perjalanan

Sebenarnya bukan cuma hape yang perlu diamankan tapi jaman sekarang ini barang yang paling menjadi incaran para pencopet adalah gadget seperti handphone dan tablet.

Kedua jenis gadget tersebut paling cepat di jual dan harganya cukup tinggi.

Semoga berguna