Ketika berkunjung ke rumah seorang teman saya perhatikan banyak sekali bagian outdoor pendingin AC pada rumahnya, ada sebanyak 4 buah AC yang terpasang, dengan 2 blower AC ukuran besar dan 2 berukuran standar.

2 Blower pendingin AC tersebut membuat saya terpaksa harus bertanya kepada pemilik rumah berapa daya listrik yang terpasang pada rumah tersebut.pertimbangan-sebelum-membeli-ac-sebagai-pendingin-ruangan

Teman saya mengatakan bahwa listrik yang terpasang adalah sebesar 2200 watt, dan AC nya yang besar itu kapasitasnya adalah 1,5 PK dan yang kecil adalah 1 PK jadi total AC yang terpasang di rumahnya adalah 2x 1,5 PK dan 2x 1 PK, total 5 PK.

Setahu saya 1 PK itu sama dengan 700 Watt maka kalau AC 5 PK berarti butuh daya listrik 3500 watt… Memangnya cukup? Kenapa bisa pasang AC sebanyak itu?

Menurut teman saya karena kurang pahamnya dia soal AC membuatnya keliru membeli AC.

Berikut adalah pertimbangan yang mesti kita perhatikan saat akan membeli AC pendingin ruangan.

1. Semakin besar PK semakin dingin

Teman saya dikasih tahu oleh penjual AC-nya bahwa semakin besar PK AC maka semakin dingin AC tersebut. Maka dari itu ia pun langsung membeli dan memasang AC dengan nilai daya PK yang besar.

Memang benar semakin besar pemakaian daya listrik atau PK akan membuat kemampuan AC semakin bagus dalam mendinginkan ruangan tapi juga semakin besar daya listrik yang terpakai dan membuat ruangan akan semakin tidak nyaman karena terlalu dingin pada pengaturan suhu yang ideal, jika dinaikan suhunya maka ruangan akan menjadi gerah.

2. Kemampuan AC mendinginkan ruangan tidak saja ditentukan oleh daya PK

Selain daya PK kemampuan AC mendinginkan ruangan ditentukan juga oleh ukuran ruangan, ventilasi ruangan, jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Perhatikan posisi ruangan, ruangan yang menghadap ke barat akan lebih sering terkena panas sinar matahari, sinar yang menembus kaca jendela akan membuat suhu dalam ruangan menjadi lebih panas. Dan performa AC jadi berkurang, coba siapkan dan gunakan tirai agar sinar matahari tidak menembus ruangan.

3. Berapa daya PK AC yang kita butuhkan

Luas ruangan yang mau didinginkan merupakan parameter utama untuk menentukan berapa daya AC yang harus dipakai. Biasanya semakin besar ruangan maka semakin besar daya PK AC yang dibutuhkan.

Rasio untuk mengukur kebutuhan ideal sebuah ruangan adalah sekitar 600 BTU/h/m2.

Misalnya kebutuhan daya PK AC dengan luas ruangan 18 meter persegi adalah = 18 x 600 BTU/h/m2 = 10.800 BTU/h = 1 PK

Jadi untuk ukuran ruangan 3 x 6 meter atau 18 meter persegi butuh AC 1 PK.

Hubungan daya pendingin AC berdasarkan PK dan BTU/h :

– Jika nilai adalah ±5.000 BTU/h, maka butuh AC berdaya ½ PK
– Jika nilai adalah ± 7.000 BTU/h, maka butuh AC berdaya ¾ PK
– Jika nilai adalah ± 9.000 BTU/h, maka butuh AC berdaya 1 PK
– Jika nilai adalah ± 12.000 BTU/h, maka butuh AC berdaya 1½ PK PK
– Jika nilai adalah ± 18.000 BTU/h, maka butuh AC berdaya 2 PK PK

Penyebab ruangan ber AC tidak begitu dingin lebih karena kapasitas ruangan yang tidak sesuai dengan daya dari AC. AC-nya kurang kuat untuk mendinginkan ruangan yang terlalu besar.

Tapi bagaimana kalau keluhannya terlalu dingin, ya sama saja kemungkinan daya AC nya terlalu besar untuk ukuran ruangan yang terlalu kecil.

Contoh seperti teman saya, ruangan kamarnya yang berukuran 3×5 menggunakan AC berdaya 1,5 PK, ia sering mengeluh terlalu dingin dan akhirnya mengganti dengan AC yang berdaya lebih kecil.

4. Perhatikan Daya listrik rumah

Kalau daya listrik rumah hanya berkapasitas 1300 watt maka sebaiknya menggunakan AC setengah PK saja, tapi kalau memaksa menggunakan AC sebesar 1 PK maka harus mematikan perangkat listrik yang lain agar AC daya listrik mencukupi dan AC dapat digunakan.

Semoga berguna.